Cara Mengoptimalkan/ Mempercepat Windows 10 Untuk Bermain Game

Tidak diragukan lagi, Windows 10 memperlihatkan pengalaman kepada user ihwal fitur-fitur baru. Peralihan design yang cukup mewah, tata letak yang warna-warni. Windows 10 juga mempunyai  beberapa fitur yang mungkin belum Anda tahu untuk menciptakan  bermain game di PC lebih gampang dan mulus daripada sebelumnya. Berikut ini yaitu cara bagaimana kita sanggup mengoptimalkan Windows 10 untuk bermain game. Anda hanya perlu melaksanakan sedikit trik optimasi/ tweak tertentu di sistem windows 10 untuk mengoptimalkan kinerja Windows 10 secara kondusif untuk bermain game, berikut ini yaitu trik nya :


1. Uninstall jadwal yang tidak perlu.


Untuk meningkatkan kinerja Windows 10 di PC untuk bermain game, Anda perlu mempunyai ruang yang cukup pada hardisk. Karena sebuah jadwal sanggup menghipnotis kinerja dari suatu sistem, sebab suatu aplikasi berjalan memakai cache, space dan RAM.


Jadi, untuk membebaskan ruang, cara  terbaik yaitu mencopot jadwal yang sesungguhnya tidak . Untuk menghapus jadwal cukup masuk ke Control Panel > Programs & features >Pilih jadwal yang mau dihapus >  Uninstall .


2. Nonaktifkan Update Otomatis


Secara default, fungsi pembaruan otomatis selalu dalam keadaan aktif. Sebenarnya  Hal ini juga bermanfaat bagi Anda sebab Anda akan mendapat fitur dan keamanan terbaru.


Tapi di sisi lain sistem update otomatis ini , tidak cantik kalau di aktifkan pada komputer yang dipakai untuk bermain game, sebab sudah niscaya akan memperlambat kinerja PC ketika bermain game . Alasanya cukup terperinci update otomatis berjalan di latar belakang dan memakai koneksi internet .Sudah terbayangkan ! bila Anda bermain game di barengi dengan proses update ?


3. Nonaktifkan Algoritma Nagle’s di Windows 10 untuk mempercepat ketika bermain game Online.


Windows 10 berisi sebuah algoritma Nagle yang berfungsi untuk mentransfer data yang efisien. Algoritma ini menggabungkan beberapa paket kecil menjadi satu paket besar untuk meningkatkan efisiensi transmisi data. Meski cantik untuk transfer data yang efisien, algoritma ini memperlambat koneksi internet dan akhirnya Anda akan mengalami latency yang tidak cantik ketika bermain game online. Secara default, Algoritma ini dalam keadaan aktif di windows 10, untuk menonaktifkannya ikuti langkah berikut ini :


– Tekan win + R, ketik> Regedit dan tekan> enter.


– Buka


HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ Tcpip \ Parameters \ Interfaces

 memperlihatkan pengalaman kepada user ihwal fitur Cara Mengoptimalkan/ Mempercepat Windows 10 untuk Bermain Game


– Anda akan mendapat banyak file di folder Interface. Temukan yang berisi alamat IP anda.


Setelah Anda menemukan file yang dibutuhkan, klik kanan dan buat dua DWORD baru. Buat sebuah file dengan nama  TcpAckFrequency dan TcpNoDelay . Setelah menciptakan keduanya cukup klik dua kali dan set parameternya menjadi 1. Seperti gambar dibawah ini :


4. Sesuaikan PC dengan performa terbaik


Untuk melaksanakan hal tersebut ikuti langkah-langkah di bawah ini:


Klik kanan pada Mycomputer > Advanced System Settings > klik tab Advanced > Performance > Adjust best performance.


5. Aktifkan System Gaming Responsiveness di Windows 10


Anda juga sanggup mengaktifkan tweak ini untuk mendongkrak kinerja game di Window 10. Salah satunya Anda sanggup mengaktifkan System Gaming Responsiveness windows 10 dengan cara mengikuti langkah-langkah di bawah ini.



  • Pertama, tekan win + R > ketik Regedit kemudian >tekan enter.

  • Sekarang pergi ke path folder berikut:


HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ WindowsNT \ CurrentVersion \ Multimedia \ SystemProfile.

Di sana, Anda perlu menciptakan DWORD baru, beri nama sebagai SystemResponsiveness dan kemudian menetapkan nilai heksadesimalnya menjadi  00000000.


Buka HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows NT \ CurrentVersion \ Multimedia \ SystemProfile \ Tasks \ Games.

Sekarang, Ubah nilai prioritas GPU menjadi 8, Prioritas ke 6, Untuk Kategori ke performa tertinggi.


 memperlihatkan pengalaman kepada user ihwal fitur Cara Mengoptimalkan/ Mempercepat Windows 10 untuk Bermain Game


6. Sesuaikan Opsi Daya


Pilihan power juga membantu Anda untuk mendapat performa PC di Windows 10 Cukup masuk ke control panel > System & security > power options >High Performance.


 memperlihatkan pengalaman kepada user ihwal fitur Cara Mengoptimalkan/ Mempercepat Windows 10 untuk Bermain Game


7. Sesuaikan pengaturan didalam Game


Anda juga sanggup menyesuaikan pengaturan permainan di sistem Anda untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap game dilengkapi dengan pengaturannya sendiri dan pabrikan memastikan bahwa pengaturannya diadaptasi dengan kinerja tertinggi sehingga kartu Grafis / VGA Card Anda juga berada pada kondisi maksimal. Tapi beberapa permainan mungkin hadir dengan pengaturan terendah yang secara otomatis akan membatasi penggunaan kartu Grafis VGA Card. Jadi, Anda sanggup mengubah settingan  game untuk performa maksimal.


8. Update driver Komputer Anda


Berikut yaitu daftar driver yang perlu Anda prioritaskan untuk di Update :



  • Driver kartu grafis /VGA

  • Driver Chipset Motherboard

  • Driver LAN

  • Driver USB motherboard

  • Driver audio motherboard


9. Instal DirectX 12


 memperlihatkan pengalaman kepada user ihwal fitur Cara Mengoptimalkan/ Mempercepat Windows 10 untuk Bermain Game


Dengan sumbangan DirectX 12, Ini memungkinkan penggunaan multitask pada GPU Anda dan akhirnya akan menghemat waktu proses rendering game, mengurangi latency, dan mendapat lebih banyak frame rate. Buffer multi-threading  dan shader asinkron yaitu dua fitur evolusioner yang ada pada DirectX 12. Anda sanggup d0wnl0ad DirectX 12 disini .


10. Lepaskan Bloatware


Windows  10 hadir dengan beberapa aplikasi pra-instal dan aplikasi ini disebut bloatware sebab jadwal pra-instal ini tidak berkhasiat bagi pengguna. Mereka hanya memakan ruang hard disk dan berkontribusi pada penurunan kinerja PC Anda. Jadi, bila Anda menghapus bloatware ini, Anda akan sanggup meningkatkan kinerja Windows 10 Anda hingga batas tertentu.


Anda sanggup menghapus bloatware dengan memakai beberapa software pihak ketiga menyerupai Uninstaller Pro .  


11. TCP Optimizer 4


TCP Optimizer ini sangat membantu untuk Anda pecinta game online. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda men-tweak adaptor Rig & Network Anda tanpa melalui editor Registry.


Anda hanya perlu mend0wnl0ad TCP Optimizer 4, klik kanan padanya dan jalankan sebagai administrator. Sekarang Anda sanggup mengatur kecepatan jaringan dan pilihan lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.


12. Menonaktifkan Network Throttling Algorithm di Windows 10


Untuk mendapat efisiensi maksimumdi  Windows 10 Anda untuk bermain game, Anda perlu menonaktifkan Network Throttling Algorithm. Network Throttling index ini yaitu prosedur untuk memproses jaringan untuk suatu kiprah yang di-intensif dari suatu sumber daya. Untuk menonaktifkannya cukup ikuti langkah-langkah ini.


Buka run > ketik > Regedit kemudian tekan >enter.


HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows NT \ CurrentVersion \ Multimedia \ SystemProfile.

Dalam Profil Sistem, Anda perlu menciptakan DWORD baru, beri nama NetworkThrottlingIndex dan menetapkan nilai heksadesimalnya menjadi ffffffff .


 memperlihatkan pengalaman kepada user ihwal fitur Cara Mengoptimalkan/ Mempercepat Windows 10 untuk Bermain Game


13. Nonaktifkan Onedrive


Jika Anda tidak memakai Onedrive maka cukup nonaktifkan saja. Karena aplikasi ini memakai banyak bandwidth .


14. Periksa dan perbaiki kesalahan pada Hardisk


Untuk Windows 10 untuk gaming, Anda harus selalu mengusut Hardsik . Caranya Cukup ketik saja Chkdsk di Command Promt (CMD)  dan tekan enter.


15. Instal Aplikasi Game booster


Anda juga sanggup memakai perangkat lunak Game booster untuk meningkatkan kinerja keseluruhan di Windows 10. Beberapa Aplikasi yang aku rekomendasikan adalah




Sumber https://bacolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mengoptimalkan/ Mempercepat Windows 10 Untuk Bermain Game"

Posting Komentar