Mengenal Buah Natal Plum (Carissa Macrocarpa)

 Bunga natal plum berwarna putih dan sangat seolah-olah dengan bunga beling piring Mengenal Buah Natal Plum (Carissa macrocarpa)
Gambar bunga dan buah natal plum. Bunga natal plum berwarna putih dan sangat seolah-olah dengan bunga beling piring.

Natal plum (Carissa macrocarpa) yaitu tumbuhan semak yang berasal dari Afrika Selatan. Di Afrika Selatan, natal plum dikenal sebagai “num-num besar”. Di Zulu, persisnya di suku Bantu di Uganda, buah natal plum ini dikenal sebagai “Amathungulu” atau “umThungulu oBomvu”. Orang Afrika pada umumnya mengenal buah ini sebagai “Noem-Noem”.


 Bunga natal plum berwarna putih dan sangat seolah-olah dengan bunga beling piring Mengenal Buah Natal Plum (Carissa macrocarpa)
Tanaman natal plum yang berkarakteristik ‘super semak’.

Natal plum bisa menyesuaikan diri dengan baik di tempat berangin garam, oleh alasannya itu ia akan tumbuh baik di tempat pesisir. Tanaman ini mempunyai daun yang mengkilap dan berwarna hijau tua. Bunganya berwarna putih salju dan berbau harum di malam hari. Semaknya tumbuh subur sepanjang tahun. Tanaman ini pun mengandung getah.


Semak natal plum menghasilkan buah yang bisa dimakan, bahkan bisa dibentuk menjadi pie, selai, jeli, atau saus. Menurut beberapa orang, keseluruhan tumbuhan ini beracun, kecuali buahnya. Namun, hal itu hanya mitos. Selain dimakan, natal plum juga dibudidayakan untuk dibuat bonsai.


 Bunga natal plum berwarna putih dan sangat seolah-olah dengan bunga beling piring Mengenal Buah Natal Plum (Carissa macrocarpa)
Salah satu gambar bonsai natal plum yang cantik.

Kami menjual tanaman natal plum yang sudah jadi maupun benihnya. Tanaman natal plum ini berasal dari tempat Afrika Selatan. Bisa juga ditemui di bukit-bukit pasir dan di sekitar hutan di pesisir pantai. Sekarang, tumbuhan natal plum ini tumbuh subur di Florida bab selatan dan banyak ditanam di bab selatan California.


Natal plum sangat gampang untuk ditanam. Bijinya berkecambah sekitar dua hingga empat minggu. Buahnya akan muncul sesudah dua tahun penanaman. Tanaman ini bisa juga dibudidayakan dengan cara dicangkok. Agar buahnya tumbuh subur, gunakan NPK yang kadarnya seimbang.


Tanaman ini bisa tumbuh di suhu -5°C hingga 32°C, walau begitu, tumbuhan yang masih muda membutuhkan kontribusi khusus. Tanaman ini tumbuh dengan baik di bawah sinar mataahari langsung. Media tanam yang dipakai yaitu pasir, kerikil gamping, atau kerikil kapur yang berdrainase baik. Secara komersial, tumbuhan ini bisa menghasilkan tiga ton buah per hektar di Afrika selatan.


Natal plum membutuhkan suhu udara yang hangat. Ia tumbuh di iklim subtropis yang lembap. Natal plum mempunyai toleransi terhadap bermacam-macam jenis paparan sinar matahari. Ia bisa hidup di tempat bergaram.


Seratus gram buah natal plum mengandung 62 kkal, 13.63 gram karbohidrat, 1.3 gram lemak, 0.5 gram protein, vitamin B1-2-3 dan C, 11 mg kalsium, 16 mg magnesium, 7 mg fosfor, 260 mg potasium, 3 mg sodium, 1.31 mg zat besi dan 84.17 gram air.


Natal plum dipercaya bisa mengurangi risiko penuaan dini, menyehatkan gigi dan gusi, sebagai antioksidan, menambah imun tubuh, dan baik untuk kesehatan darah.


Itulah sedikit isu dari buah natal plum yang masih jarang kita temui di Indonesia. Semoga isu ini bermanfaat. Jika Anda tertarik dengan tumbuhan buah, jangan ragu untuk mampir dan melihat-lihat stok tanaman buah yang kami jual. Selain natal plum, jenis plum lain yang kami jual yaitu plum aussie atau australian plum.


 



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenal Buah Natal Plum (Carissa Macrocarpa)"

Posting Komentar