Cara Gampang Memilih Notasi Dan Nilai Dari Suatu Fungsi

Sobat bangkusekolah.com tentu masih ingat bukan syarat suatu hubungan sanggup dikategorikan sebagai fungsi? Yah, menyerupai yang sudah kita bahas sebelumnya, suatu hubungan sanggup dikategorikan sebagai sebuah fungsi apabila semua anggota himpunan A berpasangan dengan anggota himpunan B serta anggota himpunan A mempunyai satu pasangan anggota himpunan B (kalian sanggup baca lagi pada postingan Definisi Fungsi). Lantas bagaimana notasi dari suatu fungsi? Dan bagaimana cara memilih nilai dari suatu fungsi? Semua akan kita bahas pada kesempatan kali ini.


Nah, untuk membantu teman mengetahui notasi dari suatu fungsi, simak gambar yang ada di bawah ini. tentu masih ingat bukan syarat suatu hubungan sanggup dikategorikan sebagai  Cara Praktis Menentukan Notasi dan Nilai Dari Suatu FungsiGambar yang tampak di atas merupakan sebuah gambar diagram panah yang beranggotakan himpunan P serta himpunan Q. Diagram panah diatas menggambarkan sebuah fungsi yang memetakan x sebagai anggota himpunan dari A ke y sebagai anggota himpunan B.


Dari gambar diagram panah di atas, notasi fungsinya sanggup kita tuliskan menyerupai berikut ini.


g : x à y atau g : x à g(x)


Jika kita baca fungsi g untuk memetakan x anggota himpunan A ke y anggota himpunan B. Yang mana himpunan A disebut sebagai domain atau tempat asal, dan himpunan B disebut sebagai kodomain atau tempat kawan. Sedangkan untuk himpunan C memuat y disebut sebagai range atau tempat hasil.


Hal ini sanggup dinyatakan jikalau y = g(x) yang disebut sebagai bayangan atau peta x dari fungsi g. Disini variabel x sanggup kita ganti dengan sembarang dari anggota A yang kita sebut sebagai variabel bebas. Sedangkan variabel y anggota dari B merupakan bayangan x oleh fungsi dari g ditentukan oleh hukum yang telah didefinisikan dan disebut sebagai variabel bebas.


Misalkan saja terdapat suatu fungsi g(x) = ax + b. Cara untuk memilih nilah dari fungsi x yakni dengan cara mengganti atau menyubstitusikan nilai x dalam bentuk fungsi g(x) = ax + b.


Nah, semoga teman sanggup lebih paham lagi bagaimana cara memilih nilai dari suatu fungsi, coba perhatikan pola soal di bawah ini.


Contoh 1 tentu masih ingat bukan syarat suatu hubungan sanggup dikategorikan sebagai  Cara Praktis Menentukan Notasi dan Nilai Dari Suatu FungsiDari gambar di atas, tentukan:


(i) domain,

(ii) kodomain,

(iii) range, dan

(iv) bayangan dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan juga 7 dari fungsi f.


Jawab :


(i) Domain atau tempat asal dari gambar di atas yakni semua anggota dari himpunan P yaitu P = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}


(ii) Kodomain atau tempat mitra dari gambar di atas yakni semua anggota dari himpunan Q yaitu Q = {a, b, c, d, e, f, g, h}


(iii) Range atau hasil dari gambar di atas yakni anggota dari himpunan yang merupakan anggota dari himpunan Q yang berelasi dengan himpunan P yaitu {b, c, e, f, h}


(iv) Dan untuk mencari bayangan dari fungsi f sanggup dicari dengan cara melihat dari himpunan P yang berelasi dengan anggota himpunan Q, yaitu

– Bayangan dari 0 oleh fungsi f yakni f(0) = b.

– Bayangan dari 1 oleh fungsi f yakni f(1) = c.

– Bayangan dari 2 oleh fungsi f yakni f(2) = e.

– Bayangan dari 3 oleh fungsi f yakni f(3) = e.

– Bayangan dari 4 oleh fungsi f yakni f(4) = f.

– Bayangan dari 5 oleh fungsi f yakni f(5) = f.

– Bayangan dari 6 oleh fungsi f yakni f(6) = f

– Bayangan dari 7 oleh fungsi f yakni f(7) = h



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Gampang Memilih Notasi Dan Nilai Dari Suatu Fungsi"

Posting Komentar