Resep Nastar Istimewa Dan Cara Membuatnya

Banyak resep camilan bagus kering orisinil asal Indonesia yang sanggup perlu dipelajari. Mulai dari resep tradisional dan camilan bagus yang biasa disajikan di hari raya. Salah satunya ialah resep nastar.


Kue nastar biasanya mulai disajikan di malam Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, Imlek atau perayaan hari-hari besar lainnya. Selain itu, camilan bagus nastar sanggup juga dijadikan untuk menu buat tamu di hari-hari biasa. Sebelum mempelajari cara memasak camilan bagus nastar, sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu apa itu camilan bagus nastar secara detail.


Apa Itu Kue Nastar?


Kue nastar ialah camilan bagus tart nanas berukuran kecil yang biasanya disajikan pada perayaan hari raya di Indonesia. Makanan ini juga dikenal dengan sebutan camilan bagus kering nastar atau nastar cookies. Kebiasaan menciptakan camilan bagus nastar menjelang hari raya sudah menjadi tradisi di Indonesia. Tapi banyak juga orang yang membelinya ketimbang repot buat sendiri. Jadi, jualan camilan bagus nastar ialah salah satu usaha modal kecil yang menjanjikan menjelang hari raya.


Dalam menciptakan camilan bagus nastar, dibutuhkan kesabaran, alasannya untuk mengisi selay nanas, dibutuhkan nanas yang segar. Selay nanas untuk camilan bagus nastar dibentuk dengan diparut menjadi ibarat bubur dan dimasak dengan dicampur bumbu-bumbu. Kemudian sanggup disimpan di dalam lemari sebelum dibungkus bola-bola camilan bagus kecil. Untuk selai nanas, sanggup juga memakai selai nanas yang dijual di supermarket atau minimarket jikalau tidak ada waktu untuk membuatnya.


Popularitas camilan bagus kering kecil yang diisi dengan selay nanas ini juga populer hingga ke Malaysia dan sering juga dibentuk di hari raya di sana. Anek aresep nastar pada umumnya terdiri dari 3 materi yang variasinya termasuk camilan bagus tart nanas, nanas gulung dan camilan bagus kering nastar. Nastar ialah abreviasi dari nanas tart nanas dan variasinya juga berbeda-beda. Sebelum mengikuti resep camilan bagus nastar dan panduan cara menciptakan camilan bagus nastar di bawah, mungkin kau ingin mempelajari tips memasak untuk pemula terlebih dahulu. Agar memasak di dapur sanggup jadi lebih mudah dan makanan sehat berkualitas.


Resep Nastar


Resep nastar hampir sama dengan camilan bagus maamoul dan ghraybeh. Selay nanasnya meleleh di lisan pada ketika mengunyah pastri lapisan luarnya. Yang menjadi ciri khas camilan bagus nastar dibandingkan camilan bagus sejenis lainnya ialah isinya yang menciptakan ledakan kesejukan dengan rasa bagus dan rasa sedikit asem.


Bahan Pastry Nastar



  • Dua batang atau satu cangkir mentega tawar (sekitar 220 gram),

  • 2,5 cangkir tepung terigu (sekitar 375g),

  • 1/4 sendok teh garam,

  • 2 kuning telur,

  • 6 sendok makan gula icing atau gula tepung (sekitar 50 gram), dan

  • 2 sendok makan tepung maizena.


Bahan Krim Telur untuk Lapisan Luar Atas



  • 1 kuning telur,

  • 1 sendok teh susu kental bagus (opsional/tidak harus),

  • 1 sendok teh cuka (untuk menghilangkan anyir telur).


Campur 1 kuning telur tersebut dengan susu kental bagus dan kocok hingga semuanya tercampur merata.


Bahan Selay Nanas



  • 250g nanas atau 1 nanas berukuran sedang yaang sudah dikupas,

  • 1/2 atau 3/4 cangkir gula (atau secukupnya),

  • 1 sendok makan jus lemon,

  • 5 buah cengkeh (opsional, tapi sangat disarankan).


Cara Membuat Kue Nastar


Membuat Selay Nanas



  1. Parut nanas hingga menjadi ibarat bubur dan taruh di panci.

  2. Masukkan cengkeh ke dalam bubur nanas, dimasak di wajan dengan api sedang dan diaduk-aduk dengan hingga sebagian sebagian besar cairan menguap (sebelum bubur nanas mulai melengket).

  3. Tambahkan gula dan jus lemon dan terus diaduk hingga selay menjadi berwarna keemasan, tebal dan lengket di sendok belangan.

  4. Cicipi untuk memastikan apakah selay nanas sudah bagus sesuai dengan yang diinginkan. Tambahkan gula jikalau masih kurang manis.

  5. Matikan api kompor dan terus mengaduk hingga wajan dingin. Hal ini berkhasiat supaya selay bab bawah tidak lengket ke wajan.

  6. Jika wajan sudah dingin, diamkan nanas hingga mencapai suhu ruangan, kemudian simpan di kulkas selama 30 menit. Mendinginkan selay nanas di kulkas akan membuatnya lebih gampang ditangani pada ketika mengisi ke pastry. Selain itu, selay nanas yang didinginkan di kulkas juga sanggup bertahan hingga 1 ahad sebelum diisi ke pastry.


Membuat Pastry untuk Kue Nastar



  1. Ayak tepung terigu, tepung jagung, garam dan gula icing ke dalam mangkuk berukuran sedang.

  2. Dalam mixer bangun Anda atau dalam mangkuk, kocok mentega hingga berkembang menjadi warna terperinci dan halus.

  3. Tambahkan 2 kuning telur dan kocok lagi hingga tercampur merata dengan adonan tepung.

  4. Tambahkan bertahap adonan tepung hingga adonan tidak melekat di tangan. Jika adonan masih lengket sesudah menambahkan tepung, tambahkan lagi tepung lebih lambat (sekitar setengah sendok atau satu sendok). Atau jikalau adonan terlalu rapuh, tambahkan mentega (sekitar setengah atau satu sendok).


Membentuk Kue Nastar



  1. Bagi adonan pastry menjadi bab kecil-kecil atau bentuk menjadi berbentuk kelereng berukuran diameter 1.5 s/d 2 cm.

  2. Taruh bola pastry ke telapak tangan dan gunakan jari telunjuk untuk menciptakan rongga penampung selay nanas. Atau boleh juga membentuk sesuai kreasi sendiri. Tekan-tekan secara perlahan memakai satu atau dua jari hingga dinding boal pastry tersebut menjadi lebih tipis dan lebih merata.

  3. Tambahkan setengah sendok teh selay nanas ke dalam rongga tersebut, kemudian cubit kembali hingga kembali berbentuk bola atau boleh juga membentuk sesuai dengan selera. Bias berbentuk daun atau berbentuk kubus. Tips: Jika menciptakan camilan bagus nastar dalam jumlah banyak, disarankan membentuknya lingkaran supaya menghemat ruang penyimpanan dan pastry tidak gampang pecah pada ketika ditumpuk.

  4. Letakkan bulatan-bulatan nastar mentah di atas loyang.

  5. Opsional: Hias bab atas bola-bola tersebut. Cotohnya memakai sendok atau pisau untuk menciptakan rujukan silang.

  6. Setelah menghias, olesi bab atas nastar yang belum dipanggang memakai cream telur.

  7. Panggang dalam panggangan yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180º C selama 10 s/d 13 menit atau hingga bab bawahnya berwarna coklat keemasan.

  8. Jika puncaknya tidak emas, letakkan di bawah broiler selama 1-2 menit

  9. Keluarkan loyang berisi camilan bagus nastar yang sudah matang dan diamkan hambar di atas loyang tersebut selama 5 menit. Lalu pindahkan ke wadah penyimpanan ibarat stoples atau kaleng roti.


Itulah tadi resep nastar sederhana dan bagaimana cara menciptakan selay nanas, cream telur dan mengolah pastry-nya. Semoga bermanfaat!



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Resep Nastar Istimewa Dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar