Manfaat Rosemary Untuk Kesehatan

Bentuk daun rosemary yang mirip jarum dan bungaanya yang berwarna ungu Manfaat Rosemary untuk Kesehatan
Bentuk daun rosemary yang mirip jarum dan bungaanya yang berwarna ungu.

Rosmarinus officinalis atau rosemary mempunyai daun oval kecil, ujungnya runcing mirip jarum, sekilas mirip pucuk daun pohon cemara. Namun tidak mirip pohon cemara yang tinggi menjulang, tanaman rosemary hanya sanggup tumbuh 1-2 meter saja. Rosemary mempunyai bunga-bunga kecil yang berwarna biru gelap juga ungu pucat.

Tanaman yang berasal dari Mediterania ini pada awalnya hanya dipakai oleh orang-orang Eropa saja. Namun alhasil juga berkembang hingga ke Indonesia.


Tanaman ini rasanya perlu kami bahas lebih lanjut di bibitbunga.com, alasannya merupakan salah satu produk terlaris yang menciptakan penasaran, baik akan keindahan maupun khasiatnya. Produk rosemary sendiri di website kami ini ada dua (2) jenis, yaitu yang masih berbentuk benih (biji), maupun yang sudah berbentuk tumbuhan hidup atau tumbuhan jadi.


Bentuk daun rosemary yang mirip jarum dan bungaanya yang berwarna ungu Manfaat Rosemary untuk Kesehatan
Bentuk daun rosemary sesudah dikeringkan.

Pada umumnya tumbuhan ini dipakai sebagai materi penyedap makanan, minuman, juga materi pembuatan kosmetik. Namun ternyata, selain melezatkan makanan, Rosemary juga mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bagian dari Rosemary yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan yaitu daunnya. Daunnya kaya akan serat dan hanya mempunyai 131 kalori per 100g sehingga tidak mengandung kolesterol.


Daun Rosemary yang segar kaya akan vitamin A, B, dan C. Sebagaimana vitamin A sangat baik untuk penglihatan dan menjaga kesehatan kulit. Vitamin B baik untuk sintesis dan memperbaiki DNA dan RNA semoga mencegah adanya kelahiran bayi cacat bagi ibu hamil, serta vitamin C yang sanggup menjaga dan meningkatkan kekebalan badan atau antibodi.


Bentuk daun rosemary yang mirip jarum dan bungaanya yang berwarna ungu Manfaat Rosemary untuk Kesehatan
Daun rosemary bisa diambil ekstraknya untuk dijadikan minyak.

Berikut beberapa penyakit yang sanggup dibantu proses pencegahannya atau penyembuhannya oleh tumbuhan Rosemary:



  1. Mengobati duduk perkara lambung atau usus

    Ada banyak duduk perkara lambung yang sering diderita oleh setiap kalangan, mirip perut kram, sembelit, pencernaan tidak teratur, kembung atau diare. Penyakit mirip ini bisa

    diatasi dengan memanfaatkan tumbuhan rosemary. Seperti yang dilansir oleh salah satu penelitian di Al-Fateh University of Medical Sciences, Libya.

    Penelitian ini mengatakan bahwa rosmarinic acid (salah satu kandungan yang ada dalam tumbuhan Rosemary) mempunyai potensi terapi dalam pengobatan atau pencegahan ulkus peptikum, toksisitas hati juga duduk perkara lambung lainnya.

  2. Mencegah kanker

    Rosemary mengandung asam carnosic, carnosol, ursolat, dan rosmarinic yang sanggup mencegah juga menghadang pertumbuhan tumor kanker di dalam tubuh. Baik kanker hati, kanker payudara, kanker usus dan jenis kanker lainnya.

    Hal ini dipertegas dengan adanya penelitian di Australia yang menemukan bahwa kandungan-kandungan tersebut mempunyai sifat anti kanker.

  3. Meningkatkan daya ingat atau memori

    Sejak jaman Romawi kuno, orang-orang Roma dan Yunani telah mengakibatkan tumbuhan rosemary sebagai simbol daya ingat atau memori. Mereka akan terus mengingat orang-orang yang telah meninggal dengan melemparkan tangkai rosemary ke kuburan orang tersebut.

    Ternyata berdasarkan dunia medis rosemary memang bisa meningkatkan daya ingat seseorang dan mempertajam fokus atau konsentrasi seseorang. Hal ini dibenarkan oleh salah satu studi yang pernah dimuat di International Journal of Neuroscience.

  4. Menyuburkan rambut / merangsang pertumbuhan rambut

    Ekstrak yang terdapat pada rosemary dipercaya sanggup menyuburkan rambut bila dioleskan di kulit kepala selama 6-7 bulan. Salah satu studi pernah melaksanakan penelitian dengan mengambil sampel orang yang menderita gangguan kebotakan/ rambut rontok

    Dan sesudah mengoleskan ekstrak rosemary yang berbentuk minyak, maka 6-7 bulan kemudian, rambut orang tersebut tumbuh lebat dan tidak mengalami kerontokan lagi.

  5. Membantu ginjal berfungsi dengan baik

    Rosemary membantu fungsi ginjal dengan menormalkan kelebihan air yang ada di dalam tubuh. Ginjal akan memproduksi urin secara teratur sehingga mencegah kemungkinan adanya kencing kerikil atau gagal ginjal.

  6. Membantu duduk perkara pernapasan

    Dengan menghirup aroma minyak rosemary, maka sanggup membantu melegakan pernapasan bagi orang yang menderita flu, alergi, iritasi tenggorokan, pilek juga sinus.

  7. Memperlambat proses penuaan

    Rosemary mempunyai kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasi. Kandungan tersebut banyak dipakai sebagai bahan-bahan pembuat kosmetik mirip krim wajah, atau krim lotion.

    Kandungannya menciptakan warna kulit merona alasannya sirkulasi darah pada kulit berjalan dengan baik. Selain itu merangsang regenerasi kulit hingga menciptakan kulit tampak kencang.


Tanaman rosemary ini juga mempunyai aroma khas yang sangat kuat. Dari banyak sekali macam studi penelitian, aroma dari rosemary dikatakan bisa mengusir keberadaan nyamuk dan lalat. Seperti di Sumatera Utara, para peneliti bahu-membahu mensosialisasikan kepada masyarakat wacana kelebihan tumbuhan ini untuk mengusir nyamuk. Hal itu bertujuan sebagai upaya pengurangan penyebaran penyakit demam berdarah di Sumatra Utara.


Jika tertarik menanam Rosemary yang kaya akan manfaat Anda bisa cek disini kami telah menyediakan aneka bibit tumbuhan tersebut.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Rosemary Untuk Kesehatan"

Posting Komentar