Kenapa Daun Orkid Layu? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya


Hujan yaitu salah satu kondisi yang menyebabkan kelembabab yang tinggi dan pada ketika kondisi lembap jamur sangat gampang untuk berkembang biak. Orchid yaitu salah satu tumbuhan yang terkenal dengan sebutan bunga Anggrek dan orchid yang mempunyai bunga indah yaitu tujuan dari semua penanam.





Untuk membuat dan menghasilkan suatu bunga orchid yang indah bukanlah sebuah hal yang gampang dan ada aneka macam masalah yang seringkali terjadi menyerupai serangan hama serta penyakit. Dalam hal perkembangan orchid termasuk tumbuhan yang sangat lambat. Berikut ini penyebab daun orkid layu:





1. Jamur





Jamur sanggup merusak organ daun pada orchid dan daun orchid yang terkena virus akan terlihat noda-noda yang warnanya kuning. Spora pada jamurnya akan terlihat menyerupai bintik-bintik yang berwarna coklat kehitaman dan kebanyakkan jamur menyerang pangkal daun.





Jamur juga sering membuat pangkal daun membusuk dan membentuk lendiran. Ada banyak alasan pupuk kimia sanggup merusak tanah dan sanggup membuat banyaknya jumlah jamur, jika pemakaian secara berlebihan.





2. Bakteri





Daun orchid yang diserang oleh basil akan mempunyai ciri-ciri yang menyerupai daun yang warnanya lebih hijau, kondisi daun yang lembek dan kondisi daun berair. Serangan basil seringkali membuat warna daun menjadi bercak coklat dan rupanya menyerupai sebuah karat besi.





Ada banyak cara menyuburkan tanah pertanian dan salah satunya dengan penggunaan pupuk. Pupuk sanggup menghambat laju pertumbuhan basil pada daun orchid dan sanggup membuat basil pergi menjauh dari tanaman.





3. Busuk lunak





Busuk lunak yaitu salah satu penyakit tumbuhan yang sanggup membuat busuk pada daun orchid dan penyakit ini seringkali membuat anyir tak sedap pada tanaman.





Penyebaran penyakit ini sangatlah cepat dan jika langkah pencegahan tidak dilakukan, maka penyakit akan mematikan organ pada tanaman. Ada banyak alasan kenapa tumbuhan layu jika kekurangan air dan tumbuhan kekurangan air akan membusuk pada potongan daunnya.





4. Bercak daun





Bercak pada potongan daun menjadi salah satu penyakit daun orchid yang seringkali terjadi dan bercak daun menjadi ancaman yang berbahaya bagi orchid. Bercak gres juga seringkali menghancurkan potongan tunas dan gejalanya terlihat bintik agak tua.





Bercak daun perkembangannya cepat dan bercak daun sanggup diatasi dengan memakai pupuk buatan. Ada banyak jenis tanah yang sesuai untuk aktivitas pertanian dan semua jenis tanah mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda.










5. Virus





Virus yaitu salah satu penyakit yang sanggup menyerang daun orchid dan virus hanya sanggup dicegah saja, supaya tidak menular pada organ lainnya. Tanaman yang terkena virus, seringkali akan terinfeksi selamanya dan sangat sulit untuk lepas dari jerat virus.





Ada banyak pupuk kimia sanggup merusak ekosistem dan hal ini terjadi jawaban penggunaan pupuk yang berlebihan. Pupuk kimia hanya sanggup dipakai sebagai langkah pencegahan virus dan tidak sanggup menyembuhkan serangan virus pada daun orchid.





6. Bercak bercincin





Bercak bercincin yaitu salah satu penyakit tumbuhan yang disebabkan virus TMV dan tanda-tanda penyakit ini, akan timbul suatu bulat atau garis yang bewarna kuning.





Cara penangganan penyakit ini yaitu dengan memotong potongan batang yang daunnya terkena virus dan membuang potongan daun yang terkena bercak bercincin. Ada banyak alasan pupuk kimia sanggup merusak tanah dan pupuk kimia seringkali membuat tumbuhan menjadi mati, apabila pemakaiannya terlalu berlebihan.





Demikian ulasan lengkap mengenai kenapa daun orkid layu dan semoga artikelnya sanggup bermanfaat bagai para pembacanya.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kenapa Daun Orkid Layu? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar