Cara Menyetel Karburator Motor Biar Hemat Dan Tidak Brebet

Cara Menyetel Karburator Motor – Ada dua jenis sistem materi bakar yang lazim kita jumpai pada sepeda motor, yaitu Full Injection dan Karburator. Rata-rata motor jaman kini sudah mengadopsi teknologi Fuel Injection yang terbukti menciptakan mesin semakin responsif, bertenaga dan irit. Sayangnya motor injeksi sedikit susah perawatannya, sebab harus menggunakan komputer untuk melaksanakan penyetelan supaya sanggup bekerja secara optimal.


Mengingat susahnya penyetelan pada sistem injeksi, maka banyak orang yang lebih menentukan motor dengan sistem karburator. Beberapa motor gres juga masih memakainya, menyerupai Kawasaki KLX 150 dan Kawasaki W175. Teknologi keduanya memang tertinggal dibandingkan motor sekelasnya yang sudah Fuel Injection. Namun hadirnya sistem karburator menciptakan kLX 150 dan W175 lebih simpel dimodifikasi.




Cara kerja sistem injeksi dan karburator memang berbeda. Pasalnya sistem injeksi membutuhkan perangkat elektronik menyerupai Injector yang ditugaskan untuk menyemprotkan bensin ke ruang bakar secara seimbang, sehingga konsumsi materi bakar sanggup lebih irit. Sedangkan sistem karburator masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston dan silinder yang nantinya sanggup distel sesuai kebutuhan.


Penyetelan karburator biasanya dilakuan pada motor balap. Setelannya tentu berbeda dengan motor harian, sebab lebih mengedepankan performa dibandingkan keiritan materi bakar. Sedangka untuk motor harian kami sarankan melaksanakan penyetelan karburator yang seimbang antara power dan konsumsi materi bakar. Nah untuk mengetahui cara menyetel karburator motor supaya ekonomis dan bertenaga, silahkan masbro simak tips otomotif berikut ini.


Cara Menyetel Karburator Motor Agar Irit


 Ada dua jenis sistem materi bakar yang lazim kita jumpai pada sepeda motor Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit dan Tidak BrebetKarburator memang sangat kuat terhadap performa motor. Karburator sendiri sanggup diartikan sebagai alat untuk mencampurkan bensin ke dalam udara yang menuju ke mesin. Ada beberapa perkara yang mengharuskan kita melaksanakan setting ulang karburator dengan tujuan untuk menghasilkan performa maksimal pada motor yang kita kendarai. Nah untuk mengetahui apa saja ciri-ciri karburator yang harus di setting ulang, silahkan simak dibawah ini.



  • Kotoran yang menggumpal akan menghembat suplai angin yang masuk ke dalam karburator, sehingga menciptakan tenaga mesin berkurang. Apabila ini terjadi, maka masbro wajib melaksanakan penyetelan karburator supaya nantinya karburator sanggup bekerja secara maksimal dalam menyuplai angin ke ruang bakar.

  • Selain sebagai sistem pembakaran, karburator juga kuat dalam menghidupkan mesin. Sering kali mesin tidak sanggup hidup dikarenakan settingan karburator yang salah, jadi lebih baik melaksanakan penyetelan ulang supaya mesin sanggup pribadi menyala ketika di starter.

  • Cara menyetel karburator motor cukup mudah, dan ada baiknya masbro melaksanakan penyetelan ulang sehabis mengganti busi motor yang mati.

  • Sering kali mesin brebet ketika dikendari pada rpm rendah. Hal ini sanggup terjadi sebab setelan angin yang tidak sempurna pada karburator. Apabila hal itu terjadi, maka masbro harus tiba ke bengkel ataupun mengotak-atik sendiri karburator pada motor yang masbro miliki.


Meyetel karburator sebetulnya sangat mudah. Masbro sanggup melakukannya sendiri tanpa perlu tiba ke bengkel. Lagi pula menyetel karburator tidak membutuhkan komputer, sebab semuanya sanggup dilakukan secara manual hanya menggunakan obeng. Inilah alasan banyak orang lebih menentukan motor karburator, sebab perawatannya lebih simpel dan biaya perawatannya lebih terjangkau. Nah untuk mengetahui bagaimana cara menyetel karburator yang benar, silahkan simak dibawah ini. Ada dua jenis sistem materi bakar yang lazim kita jumpai pada sepeda motor Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit dan Tidak Brebet


1. Siapkan Obeng


Sebelum memulai menyetel karburator, masbro harus terlebih dahulu menyiapkan obeng untuk memutar sekrup pada karburator. Ada dua sekrup yang nantinya dipakai untuk menyetel karburator. Kedua sekrup tersebut mempunyai fungsi berbeda. Dimana sekrup pertama dipakai untuk menyetel udara dan sekrup yang kedua untuk menyetel gas. Nah untuk menyetel kedua sekrup tersebut, masbr0 harus menggunakan obeng (-) sesuai bentuk sekrupnya.


2. Hidupkan Mesin


Setelah obeng (-) siap, cara menyetel karburator motor selanjutnya yakni menghidupkan mesin. Hal ini sangat penting supaya kita sanggup mendapat settingan yang pas. Lagi pula karburator hanya sanggup bekerja kalau kita menghidupkan mesin terlebih dahulu. Owh yah, jangan lupa untuk terlebih dahulu menarik tuas gas supaya kita tahu apakah mesin brebet atau tidak. Apabila masih brebet, maka silahkan mengikuti langkah selanjutnya.


3. Putar Sekrup Penyetel Gas


Cara menyetel karburator motor selanjutnya yakni dengan cara memutar sekrup penyetel gas kearah kanan atau searah jarum jam menggunakan obeng yang sudah disiapkan. Proses ini dilakukan supaya sekrup yang diputar semakin masuk kedalam karburator dan semakin menekan katup gas yang berbentuk trapesium, sehingga menciptakan katup gas semakin terbuka serta menjadikan mesin RPM mesin semakin tinggi.


Penyetel gas tersebut bekerja dengan cara mendorong venturi yang permukannya miring, jadi apabila sekrup diputar maka ujung sekrup akan mendorong katup gas yang otomatis menciptakan katup gas terbuka. Saat memutarnya, kami sarankan cukup satu setengah atau dua putaran saja supaya akibatnya sanggup maksimal. Nah untuk mengetahui apakah settingannya sudah benar atau belum, maka masbro sanggup sambil memutar tuas gas.


4. Tutup Sekrup Penyetel Udara


Langkah ke empat yakni mengatur sekrup penyetel udara yang berfungsi untuk menutup saluran idle. Proses ini dilakukan dengan cara memutar sekrup penyetel udara kearah kanan atau searah jarum jam ketika RPM naik hingga di atas 1.500 rpm. Tujuannya yakni untuk menutup saluran udara yang menuju ke mesin. Hal ini akan berakibat udara yang masuk ke mesin berkurang sehingga mengakibatkan RPM mesin semakin berkurang dan putaran mesin menjadi agak brebet.


5. Buka sekrup angin hingga RPM tertinggi


Saat menutup sekrup angin jangan hingga mesin mati. Jika mesin mati sebelum saluran udara tertutup, maka masbro harus menghentikan putaran sekrup angin dan biarkan hingga RPM terendah yang sanggup mesin capai. Kemudian langkah selanjutnya yakni tinggal memutar sekrup penyetel udara kearah kiri atau arah membuka. Makara sanggup dikatakan kita membuka kembali saluran udara yang sudah kita tutup sebelumnya, sehingga mengakibatkan RPM berangsur naik.


Cara menyetel karburator di atas harus dilakukan secara sempurna supaya menghasilkan settingan yang ideal. Bagi yang belum terbiasa mungkin akan sedikit kesusahan, sebab harus dilakukan secara felling unuk mengetahui dimana RPM tertinggi akan muncul. Agar lebih gampang, kami sarankan untuk memutar sekrup udara hingga 2.5 putaran, namun kalau RPM masih naik maka teruskan putaran hingga nantinya mendapat RPM tertinggi.


6. Menurunkan Setelan Gas


Langkah yang terakhir yakni menurunkan sehabis gas untuk menghasilkan idel RPM yang ideal. Caranya yakni dengan memutar sekrup gas ke arah kiri hingga mencapai idle RPM yang diinginkan. Kami sarankan untuk memutar sekrup mencapai sekitar 900 hingga 1000 rpm yang merupakan idle RPM standar pada sepeda motor. Masbro juga sanggup menyesuaikannya sesuai kebutuhan, baik untuk kepentingan balap ataupun harian.


7. Tes Mesin


Nah sehabis semua cara menyetel karburator motor di atas dilakukan, kini giliran kita mencoba settingan tersebut. Sebelum mencobanya, jangan lupa untuk mematikan mesin kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol starter electric maupun kick starter. Apabila penyetelan di atas sudah benar, niscaya motor akan pribadi menyala dengan satu kali proses starter. Namun kalau sulit menyala, maka harus dilakukan penyetelan ulang.


Meksi sudah mengkitu semua cara penyetel karburator motor yang kami berikan dengan benar, namun sering kali motor tetap brebet dan susah dihidupkan. Mungkin hal ini terjadi sebab problem pada busi yang berperan sangat penting pada proses pembakaran mesin. Alhasil masbro harus harus mengganti busi yang usang dengan busi motor yang baru. Nah untuk mengetahui harga busi terbaru silahkan simak info “Harga Busi Motor Terbaik” pada artikel otomotifo.com sebelumnya.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
 Ada dua jenis sistem materi bakar yang lazim kita jumpai pada sepeda motor Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit dan Tidak BrebetHarga Mobil Carry Pick Up  Ada dua jenis sistem materi bakar yang lazim kita jumpai pada sepeda motor Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit dan Tidak BrebetHarga Mobil Puegeot
 Ada dua jenis sistem materi bakar yang lazim kita jumpai pada sepeda motor Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit dan Tidak BrebetHarga Ford Mustang Ada dua jenis sistem materi bakar yang lazim kita jumpai pada sepeda motor Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit dan Tidak BrebetHarga Rantai Motor

Cara menyetel karburator di atas sanggup masbro terapkan pada semua jenis motor yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator. Namun untuk motor matic biasanya posisi karburator berada dibawah jok, sehingga kita harus terlebih dahulu membukanya untuk mengakses karburator. Cara menyetel karburator motor matic juga sama dengan motor sport maupun bebek, jadi silahkan ikuti cara di atas untuk mendapatakan settingan karburator yang ideal.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menyetel Karburator Motor Biar Hemat Dan Tidak Brebet"

Posting Komentar