Cara Menggabungkan Bidang Atau Wilayah (Peta Berformat Shp Dan Dwg)

Video ini menjelaskan Cara Menggabungkan Bidang Atau Wilayah Sebuah Peta memakai AutoCAD Map. Format file peta yang dijadikan pola terdiri dari dua jenis, yaitu peta format SHP dan DWG.


Meskipun sama-sama memakai AutoCAD Map, tetapi cara menggabungkan untuk kedua jenis file tersebut berbeda. Tetapi damai saja, keduanya sama-sama mudah. Apalagi untuk peta berformat DWG caranya lebih gampang lagi.


Lalu ibarat apa caranya? Silakan eksklusif ikuti tutorialnya di bawah ini.


Cara Menggabungkan Bidang Untuk Peta Berformat DWG (AutoCAD Drawing)



  1. Buka peta yang akan digabungkan bidang atau wilayahnya. Klik sajian File > Open. Sebagai contoh, di bawah ini ialah peta yang aku gunakan dalam pembuatan tutorial ini.


Video ini menjelaskan Cara Menggabungkan Bidang Atau Wilayah Sebuah Peta memakai AutoC Cara Menggabungkan Bidang Atau Wilayah (Peta Berformat SHP Dan DWG)



  1. Misalnya aku akan menggabungkan bidang nomor 467 dan 561. Maka tinggal kita hapus garis diantara kedua persil tersebut. Caranya klik garisnya, kemudian tekan tombol delete pada keyboard.


Kalau garis diantara kedua persil tersebut menjadi satu kesatuan dengan garis yang lainnya, maka untuk menghapusnya gunakan perintah TRIM. Caranya ketik TRIM pada command prompt. Kemudian enter dua kali, klik garis yang akan dipotong. Terakhir tekan lagi enter.


Cara Menggabungkan Bidang Untuk Peta Berformat SHP (Shapefile)



  1. Buka data SHP yang akan digabungkan wilayahnya. Caranya lihat di video atau lihat di artikel tutorial yang ini Cara Membuka Data SHP.



  1. Pada layar penggambaran, klik bidang-bidang berhimpitan yang akan digabungkan. Bisa 2 bidang atau lebih.



  1. Pada command prompt ketikkan perintah MAPFEATUREMERGE kemudian enter.



  1. Pada command prompt muncul pilihan, ketikkan saja SELECT kemudian enter.



  1. Sekarang kursor di layar penggambaran bermetamorfosis kotak kecil yang siap dipakai untuk menentukan objek. Selanjutnya tinggal klik salah satu persil yang akan digabungkan.



Tahap ini gunanya untuk menentukan data tekstual yang mana yang akan dipakai diantara persil-persil yang digabungkan tersebut. Makara yang tidak dipilih, baris data tekstualnya pada Data Table akan dihapus.




  1. Jika berhasil, bidang yang digabungkan akan menjadi satu dan pada tabel data tekstualnya akan ada baris data yang dihapus. Untuk baris data yang dipakai (Yang terpilih), silakan edit data-datanya sesuai keperluan. Kalau sudah, klik kanan layer pada Tab Display Manager Task Pane > Check In Features.


Tutoril diatas ialah untuk menggabungkan bidang, sementara jikalau anda ingin melaksanakan sebaliknya, yaitu memisahkan bidang atau wilayah, silakan pelajari tutorial aku yang Cara Memisahkan Peta.


Demikian bahan mengenai penggabungan bidang ini. Silakan dicoba untuk dipraktekkan dan jikalau ada yang ingin ditanyakan, silakan bertanya melalui bab komentar di bawah. Terima kasih dan biar artikel beserta videonya bermanfaat.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menggabungkan Bidang Atau Wilayah (Peta Berformat Shp Dan Dwg)"

Posting Komentar