Bentuk Perubahan Sosial

Bentuk perubahan sosial ada banyak sekali macam. Berdasarkan prosesnya, ada yang cepat ada yang lambat. Berdasarkan skalanya ada yang besar ada yang kecil. Berdasarkan penyebabnya ada yang dikehendaki ada yang tidak dikehendaki. Berdasarkan sifatnya, ada yang struktural ada yang prosesual. Berikut ini bentuk-bentuk perubahan sosial:



  1. Evolusi: Bentuk perubahan sosial secara lambat

  2. Revolusi: Bentuk perubahan sosial secara cepat

  3. Bentuk perubahan sosial skala besar

  4. Bentuk perubahan sosial skala kecil

  5. Perubahan sosial yang dikehendaki

  6. Perubahan sosial yang tidak dikehendaki

  7. Perubahan sosial struktural

  8. Perubahan sosial prosesual


Bentuk perubahan sosial merupakan hasil penjabaran yang dibentuk untuk mempermudah pemahaman.


Baca juga Perubahan Sosial: Contoh dan Faktor Penyebabnya.






Bentuk-bentuk perubahan sosial



  • Evolusi


Mayoritas penduduk yang tinggal di kepulauan nusantara ketika ini yaitu petani padahal dahulu mereka pelaut atau nelayan. Telah terjadi perubahan sosial melalui proses yang usang dari masyarakat maritim ke masyarakat agraris. Sekarang terjadi perubahan lagi dari agraris ke industrialis akhir industrialisasi. Evolusi mencerminkan bentuk perubahan sosial secara lambat. Seringkali bentuk perubahan ini berlangsung tanpa disadari eksklusif oleh masyarakat.



  • Revolusi


Penemuan selfie stick membuat foto selfie makin populer. Dahulu orang jarang difoto, semenjak inovasi kodak, orang lebih sering di foto. Bahkan, pose orang difoto yang dulu tampak kurang ekspresif, sekarang terlihat sangat ekspresif. Selfie stick yaitu alat pendorong perubahan gaya berfoto yang terjadi secara cepat. Fenomena selfie yaitu fenomena gres yang cepat menyebar.



  • Perubahan sosial skala besar


Dibangunnya pabrik-pabrik di perkotaan membuat banyak orang beralih profesi dari petani menjadi pekerja. Industrialisasi membuat perubahan sosial berskala besar. Manusia tanah menjadi insan pabrik, masyarakat agraris menjadi masyarakat industrialis. Orang lapangan jadi orang kantoran.







  • Perubahan sosial skala kecil


Bentuk perubahan sosial skala kecil terjadi namun tidak berdampak signifikan bagi kehidupan masyarakat secara luas. Misalnya, tren cuilan rambut seakan-akan Kim Jong Un atau CR7 akhir-akhir ini. Selain cuilan rambut, mode pakaian dan desain rumah merupakan pola perubahan sosial yang berdampak kecil bagi masyarakat secara keseluruhan. Mengikuti tren dan popularitas sesaat yaitu bentuk perubahan sosial skala kecil.Bentuk perubahan sosial ada banyak sekali macam Bentuk Perubahan Sosial


 



  • Perubahan sosial yang dikehendaki


Mendesain masyarakat biar mau antri, mau membuang sampah pada tempatnya, aib korupsi, dan menghormati orang yang lebih renta yaitu perencanaan yang bertujuan mengubah sikap orang-orang. Perencanaan tersebut dibentuk dalam rangka membuat perubahan. Istilah terkenal untuk menyebut perencanaan ini yaitu rekayasa sosial. Dalam rekayasa sosial, output yang ingin dihasilkan sudah jelas. Misal masyarakat yang diskriminatif terhadap wanita direkayasa biar kedepan menghargai kesetaraan nilai antara pria dan perempuan.



  • Perubahan sosial yang tidak dikehendaki


Perubahan sosial yang tidak dikehendaki contohnya memberi dukungan eksklusif tunai oleh calon legislatif yang justru menimbulkan rakyat malas bekerja. Tujuan utamanya yaitu membantu masyarakat secara finansial, namun mendapatkan uang tanpa bekerja justru membuat ketergantungan. Rakyat malah ketagihan menengadahkan tangan tanpa mau bekerja. Perubahan menjadi malas bekerja yaitu bentuk perubahan yang tak dikehendaki.







  • Perubahan sosial struktural


Bentuk perubahan sosial struktural terjadi pada level organisasional. Misalnya, nasionalisasi perusahaan aneh menimbulkan munculnya konglomerat dadakan orisinil pribumi. Masyarakat aneh yang semula menguasai struktur kepemilikan dan manajerial perusahaan harus angkat kaki diganti oleh orang lokal mantan kelas pekerja.



  • Perubahan sosial prosesual


Bentuk perubahan sosial prosesual terjadi pada level konstitusional atau peraturan tertulis lainnya. Penggunaan KTP elektronik menggantikan KTP konvensional dibutuhkan membuat fasilitas dalam transaksi memakai identitas. Namun sayangnya, perubahan terhambat oleh kasus korupsi.


Baca juga: Contoh Perubahan Sosial di Era Digital



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bentuk Perubahan Sosial"

Posting Komentar