Tulang Penyusun Rangka

Hai sobat bangkusekolah.com, pernahkan kau membayangkan tulang-tulang yang menyusun tubuh kita? Tubuh mempunyai bentuk sedemikian rupa alasannya yaitu ada tulang pembentuknya.

Nah, coba perhatikan gambar tulang insan berikut ini!


 Tubuh mempunyai bentuk sedemikian rupa alasannya yaitu ada tulang pembentuknya Tulang Penyusun Rangka Berikut ini beberapa fungsi rangka tubuh bagi manusia:

1. Memberi bentuk tubuh

2. Sebagai penopang tubuh

3. Dapat melindungi organ-organ dalam

4. Sebagai alat gerak pasif

5. Sebagai daerah melekatnya otot


Bagian Tulang Penyusun Rangka Tubuh


Pada dasarnya, ada tiga bab tulang penyusun rangka tubuh. Ketiga bab tersebut ialah tulang tengkorak, tulang anggota tubuh dan tulang anggota gerak.



  1. Tulang Tengkorak

    Tulang tengkorak ini sebagian besar bentuknya pipih. Ada beberapa bab yang dilindungi tulang tengkorak diantaranya yaitu mata, otak dan organ lainnya.

    Bagian-bagian tulang tengkorak yaitu tulang pipi, tulang rahang, tulang baji dan tulang pelipis.

    Perhatikan tulang tengkorak berikut ini biar lebih jelas!

     Tubuh mempunyai bentuk sedemikian rupa alasannya yaitu ada tulang pembentuknya Tulang Penyusun Rangka

  2. Tulang Anggota Badan

    Tulang anggota tubuh terdiri atas tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada dan gelang panggul. Fungsi tulang anggota tubuh ialah melindungi organ-organ vital yang lunak ibarat paru-paru, jantung, ginjal dan sebagainya.



    • Tulang Belakang

      Tulang belakang mempunyai beberapa tulang yang besar lengan berkuasa dan fleksibel. Ada sebanyak 33 ruas, diantaranya 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang (sacrum) dan 4 ruas tulang ekor. Perhatikan gambar tulang belakang berikut ini!

       Tubuh mempunyai bentuk sedemikian rupa alasannya yaitu ada tulang pembentuknya Tulang Penyusun Rangka

    • Tulang Dada

      Letak tulang dada ialah di bersahabat tulang rusuk. Tepatnya, berada pada tengah-tengah dada. Penyusun tulang dada ialah hulu, badan, dan taju pedang.

    • Tulang rusuk

      Terdapat 24 buah atau 12 pasang tulang rusuk pada manusia. Adapun fungsi tulang rusuk insan yaitu melindungi organ-organ dalam, yaitu jantung dan paru-paru. Tulang rusuk ini terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang.

    • Tulang Panggul

      Letak tulang panggul ialah pada ujung bawah tulang belakang. Terdapat 2 tulang usus, 2 tulang kemaluan, dan 2 tulang duduk.



  3. Tulang anggota gerak

    Terdapat dua bab tulang anggota gerak pada manusia. Yang pertama yaitu tulang anggota gerak bab atas (tangan) dan yang kedua ialah tulang anggota gerak bab bawah (kaki). Tangan dan kaki tersusun atas beberapa tulang.

    Tulang anggota gerak atas terdiri dari tulang lengan atas, tulang pengumpil dan tulang hasta. Kemudian tulang anggota gerak bawah terdiri atas tulang paha, tulang betis, dan tulang kering.

    Berikut ini gambar tulang penyusun anggota gerak bab atas dan tulang penyusun anggota gerak bab bawah. Tubuh mempunyai bentuk sedemikian rupa alasannya yaitu ada tulang pembentuknya Tulang Penyusun Rangka


 


Macam-Macam Tulang


Macam-macam tulang dibedakan atas jenis dan bentuknya. Berikut ini uraiannya.



  1. Jenis-Jenis Tulang

    Pada dasarnya, tulang dibedakan menjadi dua yaitu tulang keras dan tulang rawan (kartilago). Kedua tulang tersebut mempunyai perbedaan menurut materi penyusunnya.



    • Tulang keras : tulang ini mempunyai materi adonan antara kalsium dan kolagen. Contohnya yaitu tulang tengkorak, tulang tangan dan tulang kaki.

    • Tulang rawan : tersusun atas sel-sel tulang rawan yang mempunyai sifat elastis dan kenyal. Contohnya yaitu tulang hidung dan tulang telinga.



  2. Bentuk Tulang

    Banyak tulang yang menyusun tubuh kita. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 4 jenis. Berikut ini penjelasannya:



    • Tulang Pipa

      Tulang pipa mempunyai bentuk ibarat pipa. Bentuknya panjang dan terdapat lubang di tengah. Misalnya yaitu tulang paha, tulang betis dan tulang lengan.

    • Tulang Pendek

      Tulang pendek mempunyai bentuk yang pendek. Sifat tulang ini yaitu ringan dan kuat. Meskipun bentuknya pendek, tulang ini besar lengan berkuasa alasannya yaitu bisa menahan beban yang cukup berat ibarat tulang pergelangan tangan, telapak kaki dan telapak tangan.

    • Tulang pipih

      Sesuai dengan namanya, bentuk tulang ini berbentuk pipih. Misalnya yaitu tulang penyusun tengkorak, tulang rusuk dan tulang dada.

    • Tulang tidak beraturan

      Tulang tidak beraturan merupakan kumpulan dari banyak sekali tulang. Misalnya tulang wajah dan tulang yang ada pada ruas-ruas tulang belakang.




Setelah membaca uraian materi ini, dapatkah kau menjawab soal-soal di bawah ini?


1. Apakah fungsi rangka tubuh bagi manusia?

2. Bisakah kau menyebutkan pola tulang yang termasuk tulang rawan?

3. Apa penyusun tulang keras?

4. Sebutkan jenis tulang menurut bentuknya!

5. Sebutkan tulang yang termasuk pada kelompok tulang belakang!


Demikianlah pembahasan mengenai tulang penyusun rangka. Semoga sanggup bermanfaat untuk kita semua. Agar teman-temanmu bisa mendapat manfaat dari rangkuman materi ini, yuk share ke yang lainnya! Jangan lupa untuk memberi like ya! Terima kasih sobat…



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tulang Penyusun Rangka"

Posting Komentar