Definisi Kongruensi Dan Sifatnya

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian biar orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue yaitu seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue sanggup nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini sanggup bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel ihwal Definisi Kongruensi dan Sifatnya, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Definisi Kongruensi

Misalkan a, b, dan m bilangan lingkaran dengan m > 0. Bilangan lingkaran a disebut kongruen dengan b modulo m bila m│(a - b) dan ditulis :
a ≡ b (mod m)

Contoh :

Jika a bilangan di himpunan (2, 7, 12, ...) ∪ (-3, -8, -13, ....) maka a ≡ 2 (mod 5).

Sifat 1:

Jika a ≡ b (mod m), maka untuk setiap bilangan lingkaran p berlaku :
  1. a + b ≡ b + p (mod m)
  2. ap ≡ bp (mod m)
Jadi, kedua ruas suatu kongruens sanggup ditambah dengan bilangan yang sama. Demikian pula dengan perkalian , asalkan p ≢ 0 (mod m).

Sifat 2 :

Jika a ≡ b (mod m) dan c ≡ d (mod m), maka :
  1. a + b ≡ b + d (mod m)
  2. ac ≡ bd (mod m)
Sifat ini menyampaikan bahwa dua kongruensi yang sama, masing-masing ruas, sanggup dijumlahkan maupun dikalikan menyerupai halnya pada persamaan. tetapi untuk pembagian ada syarat untuk melakukannya. Syarat ini menyerupai halnya pada pembagian dengan persamaan, yaitu tak sama dengan nol. Perhatikan bila c merupakan faktor dari m, maka sanggup dicari bilangan lain d sehingga cd ≡ 0 (mod m).

Sifat 3 :

Jika a, b, c dan m bilangan yang memenuhi ca ≡ cb (mod m) dan PBT (c, m) = 1, maka a ≡ b (mod m).

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Saya sarankan juga untuk baca artikel di bawah ini :
simpulan kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku olimpiade matematika (Wono Setya Budhi Ph. D)

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Definisi Kongruensi Dan Sifatnya"

Posting Komentar