Cara Gampang Menyajikan Relasi

Pada pertemuan sebelumnya, teman bangkusekolah.com sudah berguru bersama mengenai definisi relasi. Meneruskan tema bahasan sebelumnya, pada kesempatan ini mari kita berguru bersama bagaimana cara gampang menyajikan relasi. Dan cara apa saja yang dapat dilakukan dalam menyajikan relasi. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak bersama ulasan di bawah ini.


Tahukah teman bangkusekolah.com semua jikalau ternyata suatu relasi dapat disajikan dengan 3 cara. Cara yang pertama dengan memakai diagram panah, cara yang kedua dengan memakai diagram Cartesius, dan cara yang ketiga dengan memakai himpunan pasangan berurutan. Ketiga cara tersebut akan kami bahas di bawah ini.


Cara Praktis Menyajikan Relasi


Dari ketiga cara gampang menyajikan relasi yang sudah kami jelaskan di atas, kita dapat menyatakan hubungan dengan sangat mudah. Nah untuk membantu kalian lebih paham mengenai ketiga cara tersebut, mari kita simak ilustrasi berikut bersama-sama.


Ada sekelompok siswa yang mana terdiri atas enam siswa, diantaranya Eka, Bayu, Budi, Ayu, Satriani, dan Dwi. Mereka sama-sama mempunyai hobi olahraga. Eka hobi bermain voli, Bayu hobi bermain sepak bola, Budi hobi bermain sepak bola dan juga catur, Ayu hobi bermain badminton dan juga tenis meja, Satriani hobi bermain badminton dan juga renang, dan Dwi hobi bermain sepak takraw.


Misalkan saja A – {Ayu, Bayu, Budi, Eka, Dwi, dan Satriani}, dan B = {bulu tangkis, catur, renang, sepak bola, sepak takraw, tenis meja, dan voli}. Relasi yang menghubungkan antara himpunan A terhadap himpunan B yakni ‘olahraga yang disukai’.


1. Dengan memakai diagram panah sudah berguru bersama mengenai definisi  Cara Praktis Menyajikan Relasi

Kita dapat menyatakan ilustrasi olahraga yang disukai dengan memakai diagram panah ibarat gambar yang ada di bahwa ini.

Gambar diagram panah di atas mengatakan relasi olahraga yang disukai himpunan A terhadap himpunan B dan arah panah mengatakan hubungan antara anggota himpunan A yang berelasi terhadap anggota tertentu himpunan B. Diagram panah tersebut merupakan hasil dari ilustrasi yang ada di atas.


2. Dengan memakai diagram Cartersius

Kalian masih ingat belum apa yang dimaksud dengan diagram Cartesius? Nah, relasi antara himpunan A terhadap himpunan B dapat kita nyatakan dengan memakai diagram Cartesius. Untuk anggota himpunan A terletak di sumbu mendatar, sedangkan untuk anggota himpunan B terletak di sumbu tegak. Anggota himpunan A yang berpasangan dengan anggota himpunan B dinyatakan dalam bentuk noktah atau titik. Nah, gambar yang ada di bawah ini merupakan diagram Cartesius dari hasil hubungan olahraga yang disukai. sudah berguru bersama mengenai definisi  Cara Praktis Menyajikan Relasi


Apa kalian mengerti dengan diagram Cartesius di atas? Diagram Cartesius di atas mengatakan hasil dari ilustrasi yang ada di atas.


3. Dengan memakai himpunan pasangan berurutan

Selain dengan memakai diagram panah dan diagram Cartesius, kita juga dapat memakai himpunan pasangan berurutan untuk menyajikan hubungan dengan gampang dari hasil ilustrasi di atas ibarat berikut ini. {(Eka, voli), (Budi, catur), (Budi, sepak bola), (Ayu, bulu tangkis), (Ayu, tenis meja), (Bayu,sepak bola), (Dwi, sepak takraw), (Satriani, renang), (Satriani, bulu tangkis)}.


Sampai disini saja yang dapat kami jelaskan mengenai cara gampang menyajikan relasi. Kami harap teman bangkusekolah.com dapat memahami dengan baik. Satu hal yang perlu teman pahami, gunakanlah cara apa saja yang berdasarkan kalian lebih gampang dipahami. Pada kesempatan berikut, teman akan kami ajak berguru bersama beberapa pola soal seputar hubungan dan himpunan semoga teman dapat lebih mengerti lagi. Selamat belajar.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Gampang Menyajikan Relasi"

Posting Komentar