Pengertian Disiplin Dan Definisinya

Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Disiplin diri ialah perilaku patuh kepada waktu dan peraturan yang ada. Dari pengertian diatas kita  dapat menyimpulkan bahwa disiplin itu mengandung  dua makna yaitu patuh waktu dan juga peraturan atau tata tertib. Disiplin mempunyai arti demikian ketika dihadapkan kepada peraturan peraturan atau tata tertib dikala ingin melaksanakan sesuatu. Setiap peraturan  itu bersifat mengikat artinya siapapun yang berada pada lingkungan yang mempunyai suatu peraturan  secara tidak eksklusif orang tersebut mempunyai tanggung jawab pada peraturan tersebut. Ketika orang tersebut mematuhi  peraturan tersebut maka ia telah bersikap disiplin dan ketika berbuat sebaliknya ia telah berbuat tidak disiplin dan akan dikenai hukuman sesuai hukum yang berlaku.


Contoh Kedisiplinan
a. Disiplin dalam Menggunakan Waktu
Maksudnya sanggup memakai dan membagi waktu dengan baik. Karena waktu amat berharga dan salah satu kunci kesuksesan ialah dengan sanggup memakai waktu dengan baik
b. Disiplin dalam Beribadah
Maksudnya ialah senantiasa beribadah dengan peraturan-peratuaran yang terdapat didalamnya. Kedisiplinan dalam beribadah amat dibutuhkan, Allah SWT senantiasa menganjurkan insan untuk Disiplin, sebagai rujukan firman Allah SWT.
c. Disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Kedisiplinan merupakan hal yang amat memilih dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, hingga terjadi abrasi disiplin maka pencapaian tujuan pendidikan akan terhambat, diantara faktor-faktor yang mempengaruhinya ialah :
1) Faktor tuntutan bahan lebih banyak sehingga bagaimana pun jalannya, banyak ditempuh untuk menutupi tuntutan hidup
2) Munculnya selera beberapa insan yang ingin terlepas dari ikatan dan hukum serta ingin sebebas-bebasnya
3) Pola dan sistem pendidikan yang sering berubah
4) Motivasi mencar ilmu para penerima didik dan para pendidik menurun
5) Longgarnya peraturan yang ada


Sumber http://paschip.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Disiplin Dan Definisinya"

Posting Komentar