√ Pengertian Motivasi Beserta 5 Teori Motivasi Belajar

Pengertian Motivasi – Seperti yang kita ketahui, motivasi ialah proses seseorang dalam mendapat atau mencapai keinginannya baik positif mau pun negative. Motivasi memperlihatkan perubahan kepada seseorang sebab perasaan, jiwa dan emosi sanggup mendorong untuk melaksanakan sesuatu yang dikarenakan kebutuhan, keinginan dan tujuannya. Secara etimologi pengertian kata motivasi berasal dari bahasa inggris yaitu motivation dengan kata dasar motif berartikan tujuan atau segala upaya untuk mendorong individu dalam melaksanakan sesuatu. Selain itu motivasi ialah kekuatan, tenaga atau daya yang bergerak ke tujuan tertentu meskipun baik atau buruk.


Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli :


• Pengertian motivasi berdasarkan Weiner (1990)

Motivasi ialah kondisi internal yang mendorong kita untuj bertindak, mencapai tujuan tertentu dan aelalu menciptakan individu tertarik pada acara tertentu.


• Pengertian motivasi berdasarkan Uno (2007)

Motivasi adalah dorongan internal maupun eksternal yang ada dalm diri individu yang ditujukan dengan adanya hasrat dan minat kebutuhan, harapan dan cita – cita, penghargaan dan penghormatan.


 motivasi ialah proses seseorang dalam mendapat atau mencapai keinginannya baik positi √ Pengertian Motivasi Beserta 5 Teori Motivasi Belajar


• Pengertian motivasi berdasarkan Sargent

Motivasi ialah dampak dari hubungan seseorang dengan situasi yang dihadapi.


• Pengertian motivasi berdasarkan Makmun

Motivasi ialah suatu kekuatan, tenaga, atau suatu keadaan kompleks dan sedia bergerak ke tujua tertentu.


Teori Motivasi Belajar :


• Teori Maslow

Teorii maslow ini membagi kebutuhan insan menjadi 5 yaitu :



  1. Kebutuhan fisiologi

    Kebutuhan hirarki insan yang sangat dasar, merpakan kebutuhan insan paling dasar meerupakan kebutuhan untuk hidup ibarat makan, minum, rumah, oksigen dan sebagainya.

  2. Kebutuhan rasa aman

    Kebutuhan ini mencakup keamanan proteksi dari ancaman kecelakan kerja, jaminan kelangsungan kerja, dan jaminan hari bau tanah pada ketika tidak bekerja.

  3. Kebutuhan sosial

    Kebutuhan untuk persahabatan, ikatan dana yang lebih erat. Dalam organisasi yang berkaitan dengan kebutuhan kelompok kerja, rekreasi bersama dan lain sebagainya.

  4. Kebutuhan penghargaan

    Kebutuhan keinginan semoga dihormati, dihargai atas prestasi.

  5. Kebutuhan aktualisasi diri

    Kebutuhan proses pengembangan potensi dimiliki seseorang .


• Teori Mc. Clelland

Teori motivasi yang mengutamakan motivasi prestasi ialah kekuatan yang harus dimiliki disetiap diri manusia.


• Teori X dan Y Mc. Gregor

Teori motivasi yang menggabungkan teori eksternal dan internal yang mengenai prilaku manusia. Kedua teori ini mengenai kehidupan organisasi baik mengarahkan dan mengendalikan.


• Teori Herzberg

Teori motivasi yang mengenai bagaimana manajer mengendalikan faktor yang menghasilkan kepuasan kerja atau ketidak puasan kerja.


• Teori ERG Aldefer

Mengungkapkan bahwa sebagai pemanis terhadap proses kemajuan pemuasan juga proses pengurangan keputusan.


Pengertian Motivasi Belajar :


Pengertian motivasi belajar, motivasi mencar ilmu ialah semua daya oenggerak baik dari dalm diri atau dari luar yang menajamin klangsungan mencar ilmu dan memperlihatkan arah acara belajar, semoga tujuan dapt dijalankan oleh individu tercapai. Berikut pengertian motivasi mencar ilmu berdasarkan Uno (2006)adalah 2 hal yang mempengaruhi. Motivasi ini sanggup timbul adanya faktor intrinsic hasrat berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, cita-cita.


Faktor ekstrinsik adanya penghargaan, lingkungan mencar ilmu kondusif, dan acara mencar ilmu menarik. Menurut Mc Combs (1991) motivasi mencar ilmu yaitu kemampuan internal yang ada secara alami dan sanggup dikembangkan melali acara yang memberi dukungan, memperlihatkan kesempatan menentukan kegiatan, rasa tanggung jawab untuk mengontrol belajar, memperlihatkan kiprah mencar ilmu yang sesuai kebutuhan pribadi.


Baca juga : Media Pembelajaran


Afifudin (2008) menyatakan dayah pencetus dalam diri individu yang menjadikan semangat dan ketertarikan belajar. Winkl (2003) semua perjuangan dari diri yang menjadikan acara belajar, dan menjamin kelansungan acara mencar ilmu dan memberi petunjuk acara blajar yang dituju tercapai. Sekian isu mengenai pengertian motivasi dan motivasi belajar. Semoga bermanfaat!



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Motivasi Beserta 5 Teori Motivasi Belajar"

Posting Komentar