Panduan Lengkap Berkunjung Ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru

Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru – Bagi kau yang belum pernah berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru dan berencana ingin mampir ke sana dalam waktu akrab maka kau sanggup mulai mengumpulkan beberapa warta yang akan kau perlukan selama berada di sana.


Baca Juga: Pertama ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru? Kunjungi Beberapa Tempat Ini


Informasi baik itu cuaca dan kondisi alam selama di sana sangat penting kau ketahui sebelum kau mulai memesan tiket dan tour guide.


Oleh sebab itu, pastikan kau membaca panduan berikut yang sanggup memperlihatkan kau sedikit pencerahan wacana Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru dan apa yang perlu kau ketahui. Lalu apa saja panduan tersebut?


Berikut panduan lengkap berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru, Jawa Timur


Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru


Cuaca: Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru mempunyai cuaca yang masbodoh sebab memang berada di dataran tinggi. Suhu udara di sana rata-rata berkisar 5°C – 22°C.


Suhu terendah yang terjadi pada ketika dini hari di puncak ekspresi dominan kemarau mencapai 3°C – 5°C dan di beberapa daerah sanggup mencapai suhu di bawah O°C (minus). Sedangkan suhu maksimum sanggup mencapai 20°C – 22°C.


Bahasa: Indonesia dan Jawa


Mata uang: Rupiah


Kartu kredit/bank: Tidak terdapat mesin ATM atau bank terdekat di area Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru. Oleh karenanya, penting untuk menyiapkan uang kas secukupnya selama kau di sana.




Bagaimana menjangkaunya?


Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru


Dari Jakarta:


Alternatif termudah dan terdekat dari Jakarta menuju Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru yaitu dengan melalui Surabaya. Kamu sanggup menjangkau Surabaya dengan memakai pesawat udara yang mendarat di bandara Juanda Sidoarjo atau dengan memakai kereta.


Selain melalui Surabaya, kau juga sanggup menjangkau Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru melalui Malang dengan memakai kereta atau melalui perjalanan darat dengan mobil.


Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng


Namun, perjalanan ini akan lebih banyak memakan waktu terkecuali kalau kau memang berencana berkunjung ke Malang sebelum ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru.


Tour Guide:


Bagi kau yang pemula, kau sanggup memakai jasa tour guide yang terpercaya demi keamanan dan kenyamananmu selama di sana.


Saat saya bersama dengan beberapa temanku, saya mempercayakan perjalanan kami dengan memakai tour guide dari Cak Ferdi Tour and Travel dan didampingi oleh driver yang sangat baik, ramah, sabar, dan berpengalaman. Pada paket tour ini, saya dan teman-temanku mengambil paket tour Bromo dan Kawah Ijen sekaligus.




Dimana daerah menginap?


Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru


Selama di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru kami tidak menginap. Namun, dari akomodasi tour yang kami pakai kami mendapat akomodasi villa transit untuk menyimpan barang-barang bawaan.


Di villa transit ini kami mendapat kamar khusus untuk daerah barang-barang beserta kamar mandi private sehingga kami sanggup mengganti pakaian, membersihkan diri, atau mungkin sekedar basuh muka.


Baca Juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Kawah Ijen


Karena kami gres datang sekitar pukul 01:00 subuh di villa transit dari bandara Juanda, Sidoarjo maka kami eksklusif bersiap meluncur ke area Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru untuk melihat sunrise.


Di villa transit inilah, Jeep yang akan menemani kami selama petualangan di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru terparkir bagus bersama dengan sang tour guide.




Dimana daerah makan?


Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru


Di area Bukit Cinta daerah melihat keindahan sunrise Gunung Bromo, kau akan menemukan banyak warung yang menjajakan kudapan penghangat badan menyerupai mie instan dan minuman hangat lainnya.


Baca Juga: Blue Fire Ijen: Akhirnya Bucket List Ini Tercoret


Selain di area Bukit Cinta, kau juga sanggup menikmati makan siang atau sarapan di area Kaki Gunung Bromo. Menu juga cukup bermacam-macam meski tetap sederhana sebab warung-warung yang ada juga sangat sederhana.


Kami juga mendapat satu kali jatah makan di villa transit yang sudah menjadi akomodasi dari paket tour kami sebelum melanjutkan perjalanan ke Kawah Ijen.




9 Tips Penting Sebelum Berlibur ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru


Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru


Sebelum berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru, kau harus berada dalam kondisi fisik yang fit sebab tubuhmu akan dituntut banyak kegiatan terlebih ketika menaiki ratusan anak tangga untuk menyaksikan sunrise di Bukit Cinta dan juga ketika kau ingin melihat kawah Gunung Bromo.


Baca Juga: 7 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Dataran Tinggi Dieng


Berikut beberapa tips penting bagi kau yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru versiku:



  1. Persiapkan jaket tebal, syal, dan kaos kaki tebal demi mengurangi suhu yang dingin.

  2. Pastikan kau memakai sepatu/sendal gunung yang nyaman dan tahan banting yang memang cocok dipakai di alam terbuka.

  3. Siapkan pakaian dan celana ganti secukupnya. Angin yang kencang serta debu dari kawah Gunung Bromo sangat gampang menciptakan pakaianmu kotor dan mengakibatkan perasaan tidak nyaman.

  4. Persiapkan masker dan kacamata UV kalau kau berencana berkunjung ke kawah Gunung Bromo.

  5. Sangat penting memakai sunblock selama di sana sebab udara masbodoh dan matahari yang terik sanggup memperabukan kulitmu dengan sangat cepat.

  6. Jangan lupa perlengkapan fotografi beserta baterai cadangan dan juga powerbank untuk Smartphone. Kamu niscaya akan sulit mengabaikan pemandangan indah di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru ini!

  7. Udara masbodoh dan banyaknya kegiatan fisik yang kau jalani akan membuatmu cepat lapar. Oleh karenanya, bawalah makanan dan minuman ringan secukupnya.

  8. Bawa senter mini. Alat ini akan sangat membantu kau untuk menerangi perjalanan supaya tidak jatuh dan terpleset ketika kau menapaki anak tangga menuju Bukit Cinta di kondisi yang sangat gelap ketika subuh.

  9. Sediakan payung atau jas hujan untuk berjaga-jaga kalau terjadi hujan di Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru.




Sekian dulu Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru versiku. Silahkan bantu share artikel, like, dan follow akun sosial mediaku kalau kau merasa artikel ini bermanfaat dan informatif. Happy traveling to you all! 🙂



Sumber https://ladypinem.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Panduan Lengkap Berkunjung Ke Taman Nasional Bromo Tengger-Semeru"

Posting Komentar