Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan Kekurangan

Kijang Super – Sudah semenjak usang kendaraan beroda empat Toyota selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Nah salah satu kendaraan beroda empat legendaris Toyota yang hingga ketika ini masih laku manis diburu konsumen ialah Kijang Super. Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 1986 sebagai pengganti Kijang Kotak. Masa produksi kendaraan beroda empat ini sekitar 10 tahun, alasannya ialah balasannya Toyota harus menghentikan produksinya sesudah meluncurkan Kijang Kapsul pada tahun 1996.


Walaupun umurnya sudah sangat tua, namun Kijang Super tetap menjadi buruan pecinta kendaraan beroda empat bekas. Banyak orang membelinya dikarenakan mempunyai mesin yang nakal dan praktis perawatannya. Sparepart Kijang Super juga melimpah dan harganya murah. Hampir semua bengkel besar niscaya mempunyai suku cadang Kijang Super, jadi penggunanya tak perlu gundah apabila terjadi kerusakan pada bab mesin, kaki-kaki, ataupun komponen kendaraan beroda empat lainnya.




Kijang Super bisa dikatakan sebagai embahnya Toyota Kijang Innova. Secara bahasa desain memang hampir sama. Namun kendaraan beroda empat ini terlihat lebih klasik sesuai umurnya yang sudah melebihi 30 tahun. Bagi masbro yang tertarik membelinya, kami sarankan untuk membeli yang umurnya muda. Paling tidak masbro membeli Kijang Super keluaran tahun 90an semoga kondisi mesinnya masih cantik dan menghindari beberapa kerusakan yang sering terjadi pada kendaraan beroda empat tua.


Harga Kijang Super tergantung dari tahun produksinya. Kita bisa mendapat kendaraan beroda empat ini dengan harga setara motor sport 150cc, menyerupai Yamaha R15 atau Honda CBR150R. Pasalnya kita bisa mendapat kendaraan beroda empat bekas ini dengan harga mulai 20 Jutaan. Namun semakin muda umur kendaraan beroda empat yang kita beli, maka harganya semakin mahal. Kondisi setiap kendaraan beroda empat juga berbeda-beda yang otomatis akan mensugesti harga jualnya. Lalu bagaiman dengan spesifikasi dan fitur yang dimiliki kendaraan beroda empat bekas murah tersebut ?


Review Mobil Toyota Kijang Super


1. Desain Eksterior


 Sudah semenjak usang kendaraan beroda empat Toyota selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan  Kekurangan


Bagi yang suka kendaraan beroda empat klasik, Kijang Super merupakan pilihan paling tepat. Desain eksterior kendaraan beroda empat ini terlihat klasik dengan bentuk mengkotak yang dahulunya terkesan glamor dan elegan. Senada dengan bentuk bodinya, Kijang Super juga mempunyai lampu depan berbentuk kotak dan ditengah-tengah grillenya terpasang logo “Toyota” berukuran besar. Mobil ini juga mempunyai beling yang tinggi dan luas, sehingga meningkatkan visibilitas pengendaranya.


Kemudian untuk bab samping terpasang pijakan kaki untuk mempermudah saluran keluar masuk penumpang dan pengendaranya. Lalu bab belakang terpasang Stop Lamp berbentuk kotak mempunyai 3 layer warna, yakni orange, putih, dan merah. Nah yang paling menarik dari bab belakang Kijang Super ialah mempunyai pintu. Pintu tersebut berfungsi untuk saluran keluar masuk pintu belakang serta memudahkan pengguna Kijang Super untuk memasukan barang bawaan dari belakang.


2. Tampilan Interior


 Sudah semenjak usang kendaraan beroda empat Toyota selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan  KekuranganKabin yang luas menjadi salah satu kelebihan Kijang Super. Mobil ini bisa menampung 8 hingga 9 penumpang sekaligus. Kelebihan tersebut tidak lepas dari konfigurasi jok belakang yang dibentuk berhadap-hadapan. Mungkin konfigurasi tersebut hanya tersedia pada Kijang Super tipe tertentu, jadi jangan heran apabila menjumpai Kijang Super dengan konfigurasi daerah duduk yang berbeda. Meski begitu, kami yakin semuanya mempunyai kabin yang luas dan lega.


Bisa dikatakan ada 2 generasi Kijang Super. Yang pertama dipasarkan pada tahun 1986 hingga 1992. Lalu Toyota mengeluarkan varian Facelift pada tahun 1992 hingga 1996. Kedua varian tersebut mempunyai desain dasboard berbeda. Nah untuk varian terbaru sudah dilengkapi AC Double Blower yang mengakibatkan interior kendaraan beroda empat ini terasa lebih nyaman. Desain eksteriornya juga sedikit berubah, menyerupai pada lampu depan dan gril depan yang dibentuk lebih modern.


3. Spesifikasi Mesin


 Sudah semenjak usang kendaraan beroda empat Toyota selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan  Kekurangan


















































KIJANG SUPERKIJANG GRAND EXTRA
Mesin4 Silinder OHV 8 Katup (5K)4 Silinder OHV 8 Katup (7K)
Kapasitas1.500cc1.800cc
Tenaga63 Hp / 4.600 rpm87 Hp / 4.600 rpm
Torsi115 Nm / 3.200 rpm140 Nm / 2.800 rpm
Bore x Stroke80.5 mm x 73 mm80.5 mm x 87.5 mm
Kompresi9.0:19.0:1
TransmisiManual 4 PercepatanManual 5 Percepatan
Tahun Produksi1986-19921992-1996

Kijang Super generasi kedua mempunyai nama berbeda, yakni Kijang Grand Extra. Keduanya memakai spesifikasi mesin yang berbeda. Pasalnya untuk generasi pertama yang dikeluarkan mulai tahun 1986 hingga 1992 mempunyai mesin berkapasitas 1.500cc. Mesin tersebut mempunyai konfigurasi 4 Silinder segaris OHV 8 Katup dengna arahan 5K. Tenaga yang dikeluarkan sebesar 63-68 Horsepower dan bisa menghasilkan torsi puncak sebsar 115 Nm.


Kemudian mesin yang digunakan Kijang Grand Extra mempunyai kapasitas 1.800cc. Kapasitas mesinnya lebih besar, jadi jangan heran apabila performa Kijang Grand Extra lebih powerfull. Mesin tersebut mempunyai konfigurasi 4 Siinder Segaris OHV 8 Katup dengan arahan 7K yang sanggup menyeburkan tenaga sebesar 87 Horsepower pada 4.600 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.800 rpm. Lalu transmisinya memakai gearbox manual 5 percepatan.


Mesin Toyota Kijang Super tergolong cukup irit. Tercatat kendaraan beroda empat ini mempunyai konsumsi BBM 7-8 km/liter ketika berkendara di dalam kota. Sedangkan untuk luar kota sekitar 9-11 km/liter. Itu artinya konsumsi materi bakar Kijang Super tidka berbeda jauh dengan kendaraan beroda empat modern sekelas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan bermacam-macam kendaraan beroda empat MPV lainnya. Selain itu, Kijang Super dan Kijang Grand Extra sama-sama memakai sistem pembakaran karburator.


4. Kelebihan Kijang Super


 Sudah semenjak usang kendaraan beroda empat Toyota selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan  KekuranganMengingat kendaraan beroda empat ini umurnya sudah cukup tua, mungkin performa yang dimilikinya sudah menurun. Untuk mengatasi hal tersebut, masbro wajib melaksanakan pengecekan secara menyeluruh. Apabila ada yang mengalami kerusakan, maka masbro wajib menggantinya dengan suku cadang yang baru. Begitu pula dengan bab interior dan eksterior yang kami yakin tidak akan mulus 100%, kecuali kendaraan beroda empat yang dibeli merupakan kendaraan beroda empat koleksi yang jarang digunakan.


Masbro bisa menentukan diantara Kijang Super atau Kijang Grand Extra. Keduanya memang mempunyai performa yang berbeda, namun secara interior dan eksterior tidak berbeda jauh. Kapasitas mesin yang lebih besar tentu menciptakan Kijang Grand Extra sedikit lebih boros, namun kekurangan tersebut sebanding dengan performanya. Masih ada banyak lagi kelebihan Kijang Super ataupun Kijang Grand Extra. Nah untuk mengetahuinya secara lengkap silahkan simak dibawah ini.



  1. Kelebihan yang pertama ialah mempunyai tampilan klasik yang terlihat elegan. Bagi yang suka modifikasi, tentu Kijang Super merupakan pilihan paling tepat. Mobil ini akan semakin keren ketika mendapat sentuhan modifikasi. Masbro bisa mengecet ulang bodinya serta merubah tampilan interior semoga terlihat lebih mewah.

  2. Dari segi harga jual relatif stabil, jadi masbro tak perlu gundah ketika ingin kembali menjualnya. Namun harga Kijang Super tergantung dari tahun produksinya. Semakin muda umurnya, tentu semakin mahal harganya

  3. Selain stabil, harga Kijang Super juga relatif sangat murah. Alhasil kendaraan beroda empat ini sangat sempurna bagi masbro yang mencari kendaraan beroda empat bekas terbaik yang dibanderol dibawah 50 Juta Rupiah.

  4. Seperti yang kami sampaikan di atas, Kijang Super mempunyai konsumsi materi bakar yang irit. Mesinnya juga nakal dan mempunyai performa yang responsif ketika melewati tanjakan ataupun medan berat lainnya

  5. Mesin yang responsif didukung oleh suku cadang yang melimpah ruah. Harga suku cadang Kijang Super juga murah, jadi tak perlu gundah ketika mengalami kerusakan pada bab mesin ataupun bab lainnya

  6. Mobil ini masih memakai sistem pembakaran karburator, sehingga perawatannya lebih praktis dan pastinya murah.

  7. Memiliki kabin yang luas dan bisa menampung 7 hingga 9 penumpang

  8. Akses keluar masuk penumpang juga sangat mudah, alasannya ialah dibagian belakang disediakan pintu lengkap dengan pijakan kaki

  9. Toyota sudah melengkapinya dengan fitur AC Double Blower dan Power Steering.

  10. Dibuat dengan press body / bebas dempul yang mengakibatkan bodinya terasa lebih solid.


5. Kekurangan Kijang Super


 Sudah semenjak usang kendaraan beroda empat Toyota selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan  KekuranganSemua kendaraan niscaya mempunyai kekurangan. Begitu pula dengan Kijang Super ataupun Kijang Grand Extra. Terlebih umurnya sudah sangat tua, jadi jangan heran apabila ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan. Untungnya harga suku cadang kendaraan beroda empat ini tergolong murah dan praktis dicari diberbagai toko onderdil kendaraan beroda empat diseluruh Indonesia. Namun sebelum tetapkan membeli kendaraan beroda empat bekas tersebut, silahkan simak terlebih dahulu apa saja kekurangan Kijang Super berikut ini.



  1. Mobil ini dikenal mempunyai bantingan yang cukup keras, sehingga mengurangi kenyamanan ketika melewati tikungan

  2. Walaupun mesinnya responsif, namun putaran mesin atas tergolong lemah. Mungkin hal ini dikarenakan Toyota lebih mengoptimalkan putaran mesin bawah yang terbukti mampu

  3. menghasilkan torsi maksimal sangat besar diputaran mesin 2.800 rpm hingga 3.200 rpm

  4. Kekurangan lainnya ialah bunyi mesin yang cukup bising

  5. Peredaman kabin juga sangat buruk. Namun kekurangan tersebut bisa dimaklumi, alasannya ialah sejatinya kendaraan beroda empat ini sudah uzur.

  6. Mengingat umurnya sudah cukup tua, jangan heran apabila kendaraan beroda empat ini mempunyai banyak penyakit dikarenakan komponen yang sudah dimakan usia.

  7. Fitur keamanan sangat minim. Toyota hanya menyediakan sabuk pengaman pada dingklik depan, jadi jangan harap kendaraan beroda empat keluaran 1986-1996 ini memilik fitur sekelas ABS, Airbag, dan bermacam-macam fitur keselamatan modern lainnya


6. Harga Mobil Kijang Super


 Sudah semenjak usang kendaraan beroda empat Toyota selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan  Kekurangan





























Tahun ProduksiHarga
Tahun 1986Rp. 25-30 Jutaan
Tahun 1987Rp. 30-35 Jutaan
Tahun 1988Rp. 32-38 Jutaan
Tahun 1990Rp. 35-40 Jutaan
Tahun 1991Rp. 37-50 Jutaan

Harga yang murah menjadi alasan utama untuk membeli kendaraan beroda empat ini. Namun harga Kijang Super tergantung dari kondisi serta tahun produksinya. Apabila kondisinya masih mulus dan mesinnya sehat, tentu harga jualnya akan lebih mahal. Faktor lainnya ialah modifikasi yang sudah dilakukan penggunanya. Semua itu akan mensugesti harga kendaraan beroda empat ini, jadi jangan heran apabila harganya bisa berbeda meski tahun produksinya sama. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak daftar harga di atas.


6. Harga Mobil Kijang Grand Extra


 Sudah semenjak usang kendaraan beroda empat Toyota selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan  Kekurangan





























Tahun ProduksiHarga
Tahun 1992Rp. 40-48 Jutaan
Tahun 1993Rp. 45-55 Jutaan
Tahun 1994Rp. 47-57 Jutaan
Tahun 1995Rp. 48-60 Jutaan
Tahun 1996Rp. 48-65 Jutaan

Apabila ingin yang umurnya lebih mudah, maka masbro bisa membeli Kijang Grand Extra. Dari segi harga memang lebih mahal, alasannya ialah mempunyai kapasitas mesin lebih besar, yakni 1.800cc. Alhasil performanya lebih bertenaga, sehingga lebih optimal ketika melewati jalanan menanjak ataupun medan lainnya. Selain itu, Toyota sudah melengkapinya dengan fitur AC dan Power Steering yang otomatis membuatnya lebih nyaman dikendarai.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Mobil Pick Up Bekas 20 JutaanMobil Bekas 50 Jutaan
Mobil Bekas 30 JutaanHarga Aki Mobil Avanza

Note :



  • Informasi daftar harga kendaraan beroda empat Kijang Super di atas bisa berbeda-beda, alasannya ialah tergantung kondisi serta kelengkapannya

  • Setiap kota juga mempunyai harga pasaran yang berbeda-beda


Mungkin gosip spesifikasi kendaraan beroda empat Kijang Super yang kami sampaikan di atas berbeda dengan yang ada dipasaran. Namun yang niscaya kendaraan beroda empat ini menunjukkan kabin yang luas, sehingga cocok dijadikan sebagai kendaraan beroda empat keluarga. Nah demikianlah gosip otomotifo.com kali ini, semoga gosip harga kendaraan beroda empat bekas di atas bermanfaat dan bisa menjadi tumpuan bagi masbro yang mencari kendaraan beroda empat bekas berkualitas di Indonesia.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kijang Super Harga, Spesifikasi, Kelebihan Kekurangan"

Posting Komentar