Jurusan Teknik Perminyakan

Jurusan Teknik Perminyakan Apa yang kalian pikirkan bila mendengar Jurusan Teknik Perminyakan? mungkin sama ibarat saya atau sanggup jadi berbeda. Awalnya saya pikir teknik perminyakan itu mempelajari perihal bagaimana mengolah minyak mentah menjadi BBM ibarat solar, premium dsb, tapi itu salah besar. Di jurusan teknik perminyakan kita akan berguru mengenai bagaimana caranya kita menghitung cadangan hidrokarbon di reservoir, mengambilnya dari reservoir dan memisahkan jenis hidrokarbon apa yang akan dimasukkan ke kilang nantinya. Berbeda dengan teknik pertambangan, perminyakan mempelajari perihal bagaimana cara mengeksploitasi SDA yang berwujud fluida, sedangkan pertambangan mengeksploitasi yang berwujud padat.



 Apa yang kalian pikirkan bila mendengar Jurusan Teknik Perminyakan Jurusan Teknik Perminyakan

sumber gambar: http://archpapers.com



Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Perminyakan


Jurusan teknik perminyakan mempunyai 4 spesialisasi yaitu reservoir, pemboran, produksi, dan geothermal. Teknik reservoir berafiliasi dengan menghitung cadangan hidrokarbon yang terakumulasi dan bagaimana cara sumur tetap sanggup diproduksi. Teknik pemboran mempelajari perihal bagaimana cara menciptakan lubang untuk mengalirkan hidrokarbon dari reservoir ke permukaan. Teknik produksi mempelajari perihal treatment hidrokarbon sehabis di permukaan biar sesuai dengan standart yang diinginkan perusahaan.


Untuk mendukung itu semua, maka kita di jurusan teknik perminyakan mempelajari ilmu-ilmu geologi dasar, stratigrafi Kimia, Fisika, matematika dll. Selain itu ada juga pelajaran yang gres atau absurd bagi anak Sekolah Menengan Atas ibarat mekanika reservoir, mekanika fluida, evaluasi formasi, teknik gas bumi, teknik pemboran. Selain berguru di kelas, ada juga praktikum yang harus diikuti ibarat praktikum analisa inti batuan, analisa fluida reservoir, analisa lumpur pemboran, evaluasi formasi, analisa semen pemboran, peragaan pemboran, peragaan produksi, uji sumur, dll.


Selain mempelajari hal-hal teknisnya, kita juga akan berguru perihal keekonomian. Apakah sumur tersebut irit bila diproduksi? Apakah biaya untuk memproduksi akan sanggup digantikan oleh hasil yang didapat? itu akan sangat dipikirkan alasannya yaitu dunia perminyakan itu “high risk, high tech, and high cost”.


Prospek Kerja Jurusan Teknik Perminyakan


Seorang sarjana teknik perminyakan sangat diperlukan dalam perusahaan yang bergerak di bidang oil and gas, baik perusahaan  nasional maupun internasional, ibarat Pertamina, Chevron, Total, Schlumberger, Halliburton, Petronas, PGN, Saudi Aramco dan masih banyak lagi. Yang paling menggiurkan dari jurusan ini yaitu honor yang didapat bila bekerja di perusahaan oil and gas. Untuk duduk kasus gaji, coba anda search di google “jurusan yang mempunyai honor terbesar di dunia” 😀 namun besarnya honor tersebut harus dibarengi dengan perjuangan yang gigih dan ketekunan serta keyakinan yang tinggi, bukan diperoleh dengan kuiah yang santai-santai, dan menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang kuliah-pulang). 🙂


Kampus yang terdapat Jurusan Teknik Perminyakan


Kampus yang terdapat jurusan teknik perminyakan di Indonesia antara lain:



  1. ITB

  2. UPN “Veteran” Yogyakarta

  3. Trisakti


Kesan-Kesan Kuliah di Jurusan Teknik Perminyakan


Pernah ada anggapan bahwa “minyak 10 tahun lagi akan habis”, itu sudah pernah didengungkan dari tahun 90an. Tapi nyatanya hingga kini indonesia masih sanggup memproduksi sekitar 800 ribu barel perharinya. Anggapan habis disitu maksudnya yaitu bila kita tidak melaksanakan eksplorasi migas, alasannya yaitu bahu-membahu masih banyak kawasan yang belum terjamah untuk dieksploitasi migasnya alasannya yaitu teknologi yang belum sanggup menjangkau hingga kesitu, misalnya pemboran pada bahari yang sangat dalam. Jika teknologi sudah memadai, bukan tidak mungkin  kita menemukan cadangan gres yang sanggup bertahan hingga beberapa tahun mendatang. Jurusan ini juga tidak membutuhkan matematika, fisika, maupun kimia tinggi. Perhitungan dalam ilmu perminyakan diselesaikan memakai kalkulator atau software perminyakan. Yang paling banyak diperlukan di jurusan ini yaitu logika. Logika sangat berperan penting di dunia perminyakan.


Demikian warta Jurusan Teknik Perminyakan dari saya, semoga bermanfaat 🙂


Review oleh:

Febriyan Firdaus

UPN “Veteran” Yogyakarta



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jurusan Teknik Perminyakan"

Posting Komentar