Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Semoga Wangi

Cara Mencuci Helm Sendiri – Helm yang kotor akan mengeluarkan bacin tidak sedap, dan beresiko menciptakan rambut gatal serta wajah jerawatan. Biasanya hal ini dikarenakan keringat dan kotoran yang melekat pada helm. Apabila dibiarkan, maka akan mengurangi kenyamanan ketika mengendarai sepeda motor. Terlebih helm merupakan piranti keselamatan yang utama, sehingga kita harus menjaganya semoga tetap higienis dan nyaman digunakan.




Menjaga kebersihan helm dapat dilakukan dengan cara mencucinya secara rutin, minimal sebulan sekali. Masbro dapat melakukannya dirumah atau menggunakan jasa basuh helm yang sudah menjamur diseluruh Indonesia. Kami sendiri lebih menentukan mencuci dirumah untuk menghemat biaya pengeluaran. Lagi pula cara mencuci helm sangatlah mudah, dan kita dapat melakukannya sendiri tanpa membutuhkan alat khusus.


14 Langkah Praktis Cara Mencuci Helm Sendiri


 Helm yang kotor akan mengeluarkan bacin tidak sedap Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Agar WangiSemua jenis helm dapat dicuci, baik itu helm full face, half face, ataupun helm cross. Setiap produsen helm telah merancang produknya semoga praktis dicuci. Oleh alasannya yaitu itulah semua serpihan helm dapat dilepas semoga nantinya memudahkan proses pembersihan dan perawatan. Nah bagi masbro yang ingin tau ingin mengetahui cara mencuci helm dengan baik dan benar, silahkan simak isu yang kami rangkum dibawah ini.


1. Lepas Kaca Helm (Visor)


Cara mencuci helm yang pertama yaitu melepas beling helm atau visor. Bagian ini memang wajib dibersihkan semoga beling tidak cepat buram dan menjaga visibilitas dalam berkendara. Bagi yang kesulitan melapasnya lebih baik jangan dipaksa. Biarkan saja beling tersebut melekat pada helm, kemudian kita membersihkannya dengan lap berair yang sudah dilengkapi cairan pembersih. Masbro juga dapat menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan kotoran yang telah mengerak pada beling helm.


2. Lepaskan Busa Helm


 Helm yang kotor akan mengeluarkan bacin tidak sedap Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Agar WangiLangkah kedua yaitu melepaskan busa helm. Namun sebelum itu pastikan helm yang masbro miliki dilengkapi fitur “Removable Padding”, sehingga busanya dapat dilepas. Kemudian lepaskan seluruh serpihan busa hingga hanya tersisa batok dan gabus kerasa saja. Apabila busa tidak dapat dilepas jangan dipaksa, alasannya yaitu kemungkinan belum dilengkapi fitur Removable Padding yang otomatis akan menciptakan kita sedikit mengalami kesulitan ketika ingin mencucinya.


3. Rendam Busa Kedalam Air Sabun


Setelah busa terlepas, selanjutnya masbro merendam busa helm kedalam air sabun atau shampo selama kurang lebih 30 menit. Cara mencuci helm ini sangat penting semoga kotoran yang melekat semakin praktis dibersihkan. Terlebih jikalau helm tidak pernah dicuci hingga berbulan-bulan atau bahkan tahunan, tentunya kotoran akan sulit hilang apabila tidak kita rendam terlebih dahulu.


4. Menyikat Busa


 Helm yang kotor akan mengeluarkan bacin tidak sedap Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Agar WangiProses perendaman busa helm dapat diadaptasi dengan tingkat kekotoran helm. Nah sehabis direndam, kemudian kita menyikatnya dengan hati-hati. Kami sarankan untuk menggunakan sikat berukuran kecil semoga tidak merusak busa helm. Masbro harus melakukannya secara pelan-pelan hingga bersih.


5. Rendam Kembali Busa Dengan Pengharum Pakaian


Cara mencuci helm yang benar selanjutnya yaitu dengan cara merendam busa yang sudah higienis ke pengarum pakaian. Hal ini bertujuan semoga wanginya lebih tahan lama, sehingga lebih nyaman digunakan. Agar risikonya semakin maksimal, masbro dapat merendam busa tersebut sekitar 10 menit semoga seluruh pengharum pakaian meresap kedalam semua serpihan busa.


6. Peras dan Jemur Busa Helm


 Helm yang kotor akan mengeluarkan bacin tidak sedap Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Agar WangiSetelah direndam sekitar 10 menit, kemudian kita memeras busa helm tersebut sampa kering. Lalu kita mejemurnya ketika matahari sedang terik atau menggunakan kipas angin jikalau busa tak terlalu basah. Kami sendiri lebih menyarankan menjempur busa helm dibawah panas matahari semoga busa cepat kering dan terhindar dari bacin apek yang sering terjadi pada helm yang kondisinya basah.


7. Jangan Menyikat EPS Styrofoam


Semua helm dilengkapi lapisan EPS atau Styrofoam sebagai batok helm. Nah ketika mencuci helm, kami sarankan untuk tidak meyikat serpihan tersebut alasannya yaitu dapat merusak dan mengurangi masa pakai helm.


8. Cuci Bagian Luar Helm


 Helm yang kotor akan mengeluarkan bacin tidak sedap Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Agar WangiLangkah selanjutnya yaitu mencuci serpihan luar helm. Mencucinya juga tak boleh sembarangan. Saran kami lebih baik mencucinya dengan air bersih, kemudian keringkan dengan kain halus dengan cara menggosoknya secara merata hingga semua air dapat teresap. Nah semoga serpihan luas terlihat lebih kicong, masbro dapat menggunakan wax pemoles. Apabila tidak mempunyai wax pemoles, masbro juga dapat menggunakan minyak kayu putih.


9. Bersihkan Sampai Selah-Selah Terkecil


 Helm yang kotor akan mengeluarkan bacin tidak sedap Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Agar WangiSelain mencuci serpihan luar, kita harus membersihkan bagian-bagian terkecil helm semoga tidak ada kotoran yang menempel. Caranya cukup mudah, masbro dapat menggunakan cotton bud atau sikat berukuran kecil. Setelah semua bersih, selanjutnya kita tinggal mengikuti langkah cara mencuci helm selanjutnya yang kami sampaikan di bawah ini.


10. Membersihkan Kaca Helm


 Helm yang kotor akan mengeluarkan bacin tidak sedap Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Agar WangiCara mencuci helm di atas wajib masbro ikuti semoga helm dapat higienis secara sempurna. Kemudian langkah selanjutnya yaitu membersihkan beling helm. Apabila beling helm tidak dapat dilepas, maka masbro dapat membersihkannya secara eksklusif dengan kain halus semoga beling helm tidak lecet. Masbro juga dapat menggunakan wax pemoles motor, ibarat KIT atau merek lainnya semoga beling helm tetap bening, sehingga dapat meningkatkan visibilitas ketika berkendara.


11. Pasang Kembali Busa dan Visor


Proses pengeringan busa berlangsung cukup cepat. Setelah benar-benar kering, masbro tinggal memasangnya kembali ke serpihan dalam helm. Saat memasangnya pastikan busa melekat secara sempurna. Biasanya sudah ada kait khusus untuk memasang busa helm dan apabila busa sudah terpasang tepat maka akan terdengar bunyi “klek” sebagai tanda bahwa busa terkunci dengan baik pada batok helm.


12. Semprotkan Parfum dan Desinfektan


 Helm yang kotor akan mengeluarkan bacin tidak sedap Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Agar WangiCara mencuci helm yang terakhir yaitu dengan menyemprotkan parfum atau pewangi semoga helm semakin nyaman digunakan. Masbro juga dapat membeli pewangi helm khusus yang berkhasiat sebagai desinfektan. Tujuannya yaitu untuk membunuh basil penyebab bacin tidak sedap serta mencegah jamur di serpihan dalam helm.


13. Jemur Helm Dibawah Sinar Matahari


Nah sehabis semua serpihan terpasang dan disemprotkan wewangian, masbro dapat kembali menjemur helm dibawah sinar matahari dengan serpihan dalam menghadap ke atas. Cara mencuci helm ini bertujuan untuk memastikan seluruh serpihan helm kering secara sempurna. Sebagai alternatif, masbro juga dapat mengeringkannya sekali lagi dengan menggunakan hair driyer.


14. Menggunakan Jasa Cuci Helm


Nah itulah cara mencuci helm sendiri yang baik dan benar. Caranya sangat praktis dan dapat kita lakukan sendiri dirumah. Namun bagi yang tak mau repot, maka dapat menggunakan jasa basuh helm yang biasanya mematok tarif selitar 15 Ribu hingga 30 Ribu Rupiah. Dalam menentukan jasa helm juga tak boleh asal. Pastikan masbro menggunakan jasa basuh helm yang sudah terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Daftar Grab Syarat Daftar GrabBike
Syarat Perpanjang STNK Cara Cek Pajak Motor

Bagi yang mempunyai helm import dengan harga jutaan rupiah, niscaya ingin helmnya tetap higienis dan nyaman digunakan. Oleh alasannya yaitu itulah masbro wajib melaksanakan perawatan secara rutin dengan cara mencucinya atau memolesnya. Silahkan masbro mengikuti tips otomotif yang kami sampaikan di atas, sehingga masbro dapat merawat helm kesayangan sendiri sendiri tanpa perlu tiba ketukang basuh helm.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mencuci Helm Sendiri Yang Benar Semoga Wangi"

Posting Komentar