Cara Memilih Peluang Insiden Majemuk

Kejadian beragam yaitu insiden yang diperoleh dari kejadian-kejadian sederhana yang dihubungkan kata “dan” atau kata “atau”. Kaprikornus peluang kejadian beragam dibedakan menjadi dua yakni peluang insiden saling lepas, peluang insiden saling bebas, dan peluang insiden yang tidak terpisah.

Peluang Kejadian Saling Lepas

Peluang insiden saling lepas atau sering disebut sebagai peluang insiden terpisah satu sama lain merupakan peluang suatu insiden yang sanggup dihubungkan dengan kata sambung “atau”. Sebagai contoh, misalkan kita diminta untuk menghitung peluang pengambilan kartu K (king) atau A (As) dari tumpukan kartu bridge. Kita ketahui bahwa dalam satu kartu mustahil akan berlaku K dan A, maka kita katakan bahwa insiden ini terpisah satu sama lain atau saling lepas atau saling absurd dan kedua insiden mustahil terjadi pada waktu yang bersamaan.

Kejadian beragam yaitu insiden yang diperoleh dari insiden Cara Menentukan Peluang Kejadian Majemuk
Kartu King dan As pada kartu bridge

Peluang dua insiden yang terpisah satu sama lain ditentukan dengan menambahkan kedua peluang insiden masing-masing dengan rumus:

P(K atau A) = P(K) + P(A)

Untuk memantapkan pemahaman Anda ihwal peluang dua insiden yang terpisah satu sama lain, silahkan simak rujukan di bawah ini.

Contoh Soal 1
Dua dadu bermata enam dilempar bahu-membahu satu kali. Peluang mucul mata dadu berjumlah 7 atau 10.

Penyelesaian:
Misalkan sampel untuk mata dadu yang berjumlah 7 yaitu A dan sampel untuk mata dadu yang berjumlah 10 yaitu B, maka:
A = {(1,6), (2,5), (3,4), (6,1), (5,2), (4,3)}
n(A) = 6
B = {(4,6), (5,5), (6,4)}
n(B) = 3
n(S) = 36

P(A) = n(A)/n(S)
P(A) = 6/36

P(B) = n(B)/n(S)
P(A) = 3/36


P(A atau B) = P(A) + P(B)
P(A atau B) = (6/36) + (3/36)
P(A atau B) = 9/36
P(A atau B) = ¼

Peluang Kejadian Saling Bebas

Peluang suatu insiden saling bebas merupakan peluang suatu insiden dimana hasil insiden pertama tidak menghipnotis hasil pada kejadian kedua. Misalnya kita mempunyai dua buah kaleng kosong, dua buah permen rasa cokelat dan dua permen rasa jeruk. Kemudian kita masukan pada masing-masing kaleng dengan dua buah permen yang beda rasa (cokelat dan jeruk). Kemudian kita ambil permen yang ada di kaleng pertama dan kita juga mengambil permen pada kaleng kedua, maka pengambilan permen pada kaleng pertama tidak mempengaruhi pengambilan permen pada kaleng kedua. Nah, insiden semacam ini disebut kejadian saling bebas alasannya hasil insiden pertama tidak menghipnotis hasil pada insiden kedua. Peluang dari dua insiden bebas diperoleh dari hasil kali peluang insiden pertama dan peluang insiden kedua dan dirumuskan dengan:

P (A dan B) = P (A) × P (B)

Untuk memantapkan pemahaman Anda ihwal peluang dua insiden saling bebas, silahkan simak rujukan di bawah ini.

Contoh Soal 2
Dua dadu bermata enam dilempar bahu-membahu satu kali. Peluang mucul mata dadu berjumlah 7 dan 10.

Penyelesaian:
Misalkan sampel untuk mata dadu yang berjumlah 7 yaitu A dan sampel untuk mata dadu yang berjumlah 10 yaitu B, maka:
A = {(1,6), (2,5), (3,4), (6,1), (5,2), (4,3)}
n(A) = 6
B = {(4,6), (5,5), (6,4)}
n(B) = 3
n(S) = 36

P(A) = n(A)/n(S)
P(A) = 6/36

P(B) = n(B)/n(S)
P(A) = 3/36

P(A dan B) = P(A) × P(B)
P(A dan B) = (6/36) × (3/36)
P(A dan B) = 18/36
P(A dan B) = 18/1296P(A dan B) = 1/72

Peluang Kejadian yang Tidak Terpisah

Kejadian yang tidak terpisah sanggup dikatakan sebagai hubungan peluang insiden saling lepas dengan peluang insiden saling bebas, lantaran terkadang kita melihat suatu kejadian-kejadian yang dihubungkan kata “atau” tetapi tidak bersifat terpisah satu sama lain. Sebagai contoh, Iwan ingin melihat bintang kejora di pagi hari, untuk bulan Oktober ada peluang langit akan mendung pada hari Senin dan juga ada peluang langit akan mendung pada hari Selasa. Iwan ingin mencari peluang langit akan mendung pada hari Selasa. Oleh lantaran langit sanggup mendung pada hari Senin dan Selasa, maka mendungnya langit pada hari Senin dan Selasa bukan insiden yang saling terpisah satu sama lain. Nah, insiden tersebut dikenal sebagai insiden yang tidak terpisah.

Untuk mencari peluang dari dua insiden yang tidak terpisah satu sama lain diperoleh dengan menambahkan peluang kedua kejadian, lalu menguranginya dengan peluang insiden bersama yang dirumuskan sebagai berikut:

P (A atau B) = P (A) + P (B) - P (A dan B)

Untuk memantapkan pemahaman Anda ihwal peluang dua insiden yang tidak terpisah satu sama lain, silahkan simak rujukan di bawah ini.

Contoh Soal 3
Jika peluang listrik padam hari Rabu yaitu 10% dan peluang listrik padam hari Jumat yaitu 15%, tentukan peluang listrik padam hari Rabu atau Jumat.

Penyelesaian:
Oleh lantaran sanggup terjadi pemadaman listrik pada kedua hari, insiden ini yaitu insiden yang tidak terpisah satu sama lain. Kejadian ini juga saling bebas, lantaran pemadaman listrik pada hari Rabu tidak menghipnotis pemadaman listrik hari Jumat. Kita ketahui bahwa:
P(R) = 10% = 0,10
P(J) = 15% = 0,15.

P(R atau J) = P(R) + P(J) – P(R dan J)
P(R atau J) = 0,10 + 0,15 – (0,10)(0,15)
P(R atau J) = 0,25 – 0,015
P(R atau J) = 0,235
P(R atau J) = 23,5%
Jadi, peluang akan terjadi pemadaman listrik pada hari Rabu atau Jumat yaitu 23,5%.


Nah demikian postingan Mafia Online ihwal cara memilih peluang insiden beragam dan rujukan soal serta pembahsannya. Mohon maaf jikalau ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Memilih Peluang Insiden Majemuk"

Posting Komentar