Rumus Usaha, Energi Kinetik, Dan Energi Potensial

Rumus Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial - Usaha merupakan Gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda itu mengalami perpindahan. Secara matematis, Usaha juga sanggup diartikan sebagai hasil kali komponen gaya yang searah perpindahan dengan besar perpindahan. Nah, Pada malam hari ini, ilmu sains online akan menunjukkan materi perihal Rumus Usaha, Energi Kinetik dan Energi Potensial. Untuk itu, simak materinya dengan baik ya.

 Gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda itu mengalami perpindahan Rumus Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial
Google Image - Rumus Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial

Didalam Fisika kelas x, Kita berguru perihal BAB Usaha dan Energi. Energi yang kita pelajari mencakup Energi Kinetik, Energi Mekanik, dan Energi Potensial. Apa sih pengertian dari perjuangan dan energi? Untuk itu, kita perhatikan dengan secama materi berikut ya. Ilmu sains online akan membahas semua yang berkaitan dengan usaha.

Rumus Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial


Pengertian dan Rumus Usaha


Didalam ilmu fisika, Pengertian Usaha adalah merupakan proses suatu perubahan energi atau gaya dikali dengan jarak perpindahannya. Usaha ini termasuk dalam besaran skalar dimana tidak mempunyai arah hanya mempunyai nilai. Satuan dari perjuangan yaitu Joule. Satu joule diartikan sebagai besarnya perjuangan yang dilakukan oleh sebuah gaya yang konstan sebesar satu Newton kepada sebuah benda kalau benda tersebut bergerak melalui jarak satu meter searah gaya tersebut.

Rumus Umum Usaha


Usaha dilambangkan dengan W, Besarnya W sanggup kita lihat pada rumus berikut:

W = F x s

W = Ek2 – Ek1 = ½m(V22 – V12)

W = Ep2 - Ep1 = mg(h2 - h1)

Untuk gaya (F) yang membentuk sudut a terhadap perpindahan s, Maka besar perjuangan yang dibutuhkan adalah:

W = F Cos a s

Keterangan:

Ek = Energi Kinetik
Ep = Energi Potensial


Pengertian dan Rumus Energi Kinetik


Energi Kinetik adalah Energi yang dimiliki oleh suatu benda sebab efek gerakannya atau kecepatannya. Kaprikornus setiap benda yang bergerak mempunyai energi kinetik. Rumus Umum Energi Kinetik adalah:

Ek = ½mv2

Keterangan:

Ek = Energi Kinetik (Joule)
m = Massa Benda (kg)
v = Kecepatan Benda (m/s)

Pengertian dan Rumus Energi Potensial


Energi Potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda akarena kedudukannya atau posisinya. Yang menghipnotis energi potensial yaitu Ketinggian dari benda tersebut. Rumus Umum Energi Potensial adalah:

Ep = mgh

Keterangan:

Ep = Energi Potensial (Joule)
m = Massa Benda (kg)
g = Percepatan Gravitasi (m/s2)
h = Ketinggian Benda (m)

Pengertian dan Rumus Energi Mekanik


Energi mekanik adalah Secara matematis, energi mekanik diartikan sebagai Hasil penjumlahan dari Energi Kinetik dengan Energi Potensial. Energi mekanik ini mempunyai nilai yang tetap. Rumus Umum Energi Mekanik adalah:

Em = Ek + Ep

Rumus Usaha, Energi Kinetik, dan Energi Potensial - Nah, Iniliah yang sanggup ilmu sains online berikan untuk kalian semua. Semoga sanggup membantu kalian untuk mengerjakan soal - soal ya. Pada pertemuan selanjutnya kita akan membahas perihal teladan soal yang berkaitan dengan usaha, energi kinetik, energi mekanik, dan energi potensial. Jangan lupa dishare ya kalau berdasarkan kalian materi diatas membantu dan bermanfaat. Terimakasih.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rumus Usaha, Energi Kinetik, Dan Energi Potensial"

Posting Komentar