√ Inilah Teknik Menciptakan Patung Dari Kayu Yang Perlu Kau Ketahui

Kayu merupakan media yang sangat unik dan gampang untuk kita temui dimanapun kita berada. Kayu sangat banyak manfaatnya, selain sebagai materi untuk menciptakan rumah, meja, kursi, lemari, dan perabotan lainnya, kayu juga sanggup dijadikan sebuah karya seni yang sangat menakjubkan dan bernilai jual tinggi, salah satunya yaitu patung.


Siapa yang tak tahu patung! Tentu semua orang tahu apa itu patung. Patung merupakan hasil karya 3 dimensi dari cabang seni rupa. Pada jaman dahulu keberadaan patung sering diidentikkan dengan kesesatan, sebab pada jaman dahulu orang-orang menciptakan patung untuk mereka sembah. Namun, lambat laun tradisi menyerupai itu mulai pudar dengan datangnya agama Islam dan seiring dengan perkembangan jaman, sekarang patung menjadi sebuah produk seni yang menjanjikan nilai jual tinggi. walaupun masih ada juga segelintir orang yang masih menjadikannya sebagai sesembahan.


Ngomong-ngomong soal menciptakan patung, ada beberapa cara dan materi yang perlu kau ketahui dalam pembuatan sebuah patung. Salah satu materi yang biasa dipakai dalam menciptakan patung yaitu materi keras. Bahan keras sanggup berupa kayu, kerikil cadas atau andesit, gading, tanduk, tulang, dan logam. Teknik yang dipakai untuk menciptakan patung dengan materi bertekstur keras yaitu dengan teknik pahat, kecuali yang terbuat dari logam. Sementara untuk menciptakan patung dengan materi keras yang terbuat dari logam menyerupai perunggu, kuningan, emas, perak, tembaga, besi sanggup dilakukan dengan teknik cor (bivalve dan a cire perdue), tempa, patri, dan las tuang.


Kayu merupakan media yang sangat unik dan gampang untuk kita temui dimanapun kita berada √ Inilah Teknik Membuat Patung dari Kayu yang Perlu Kamu Ketahui

sumber gambar: jelajah.valadoo.com


Berikut ini beberapa materi dan teknik dalam menciptakan patung dari kayu:


Alat




  • Gergaji. Alat ini nantinya akan kita gunakan untuk memotong belahan dari kayu yang ingin kita pakai, namun usahakan memakai gergaji yang sesuai dengan ukuran kayu untuk guna mempermudah kinerja kita nantinya.




  • Alat pahat. Alat ini nantinya akan dipakai untuk menciptakan contoh atau bentuk patung yang akan kita buat, dan merupakan alat pokok dalam menciptakan patung yang memakai media kayu.




  • Bor. Untuk mempermudah pekerjaan kita ketika ingin menciptakan lubang pada kayu




  • Lem. Jangan lupa untuk menyiapkan lem kayu, ini sangat berguana ketika dalam proses pemahatan nanti ada belahan yang patah atau kurang sesuai dengan yang kita inginkan, kita sanggup menempelkannya.




 


Bahan Baku


Bahan baku ini akan sangat menentukan hasil karya kita nantinya, oleh sebab itu bentuk dan juga ukuran kayu yang akan kita pilih harus sesuai dengan design yang akan kita buat. Bahan yang dipakai tidak harus baru, kau sanggup menentukan kayu bekas untuk membuatnya, tapi dengan catatan kayu tersebut harus mempunyai kualitas yang bagus. Setelah kau mendapat materi yang sesuai dengan design yang akan kau buat, diamkan dulu kayu di luar ruangan semoga terkena hujan dan panas. Hal ini bertujuan untuk menguji apakah materi yang kita pilih tersebut berkualitas elok atau tidak, jikalau sering kena hujan dan panas namun tekstur dari kayu tersebut tidak rusak, maka kayu tersebut layak untuk kita gunakan.


 


Proses pembuatan


Langkah 1




  • Siapkan balok kayu yang sudah kita siapkan tadi




  • Pindahkan gambar/pola di atas permukaan kayu. Gambar contoh pada kayu yang sanggup dilihat dari semua sisi (atas, bawah, kiri, kanan, depan, belakang)




Langkah 2




  • Berilah selotip melingkar pada balok. Selotip ini berfungsi sebagai pengikat, jikalau kita memakai kayu pretelan. Tetapi, jikalau dipahat eksklusif tidak perlu memakai selotip




Langkah 3




  • Potong kayu tersebut dengan memakai gergaji dari 4 sisi. Pembentukan bertahap hingga mendekati bentuk global.




Langkah 4




  • Buatlah bentuk global, emudian bandingkan dengan gambar/pola. Usahakan mendekati bentuk yang kita inginkan.




  • Gosokl dengan memakai kertas gosok atau amplas. Penggosokan dilakukan dengan 2 tahap




Langkah 5




  • Lanjutkan dengan menciptakan detail bagiannya




  • Haluskan dengan amplas lagi hingga halus




Langkah 6




  • Kemudian finishing dengan memakai cat akrilik atau melamin




Demikian beberapa tips dan trik untuk menciptakan patung dari kayu, semoga apa yang saya sampaikan sanggup bermanfaat. Jangan lupa untuk lihat juga kumpulan lukisan 3 dimensi untuk memperkaya pengetahuanmu wacana dunia seni.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Inilah Teknik Menciptakan Patung Dari Kayu Yang Perlu Kau Ketahui"

Posting Komentar