Cara Pengajuan Sambungan Gres Listrik Pln Online

Cara Pengajuan Sambungan Baru Listrik PLN Online Cara Pengajuan Sambungan Baru Listrik PLN Online
Cara Pengajuan Sambungan Baru Listrik PLN Online

PT Perusahaan Listrik Negara yang merupakan bab dari BUMN memperlihatkan akomodasi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan listrik PLN dengan menghadirkan layanan pelanggan online sanggup diakses melalui website resmi PLN baik untuk seruan pengajuan sambungan gres atau pemasangan gres listrik PLN maupun perubahan daya.

Di artikel sebelumnya saya sempat bahas cara ubah golongan listrik PLN di postingan "Cara Migrasi Listrik PLN Golongan R1 ke B1 Lebih Hemat". Kali ini kita akan coba mengajukan sambungan gres atau pemasangan gres meteran listrik PLN.

Dan berikut ini yakni langkah-langkah cara pengajuan sambungan gres listrik PLN online melalui website resmi PLN:


Pertama, silahkan susukan website resmi PLN di www.pln.co.id pada kesempatan ini saya memakai web browser di perangkat komputer. Perhatikan pada sajian utama bab atas silakan pilih sajian "Pelanggan"


Selanjutnya kita akan ditampilkan layanan online di sana eksklusif terlihat tampilan sambungan gres silahkan pilih "Pasang Sambungan"


Berikutnya silahkan klik "Setuju" pada syarat dan ketentuan pasang gres atau perubahan daya online yang ditampilkan oleh website PLN.


Lalu pada warta suplemen yang ditampilkan tekan "OK"


Kita akan ditampilkan formulir sambungan gres di sana ada dua tab. Pertama, isi dengan lengkap bab "Data Pelanggan" mulai dari nama, provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, kelurahan atau desa, alamat nomor telepon identitas sanggup diisi KTP kemudian NPWP jikalau ada.


Jangan lupa isi juga pada formulir "Data Pemohon" jikalau memang sama dengan data pelanggan silahkan centang "Copy menurut data pelanggan" maka kita tinggal memasukkan alamat email dan konfirmasi email pada kolom.

Di sini perlu diperhatikan harap cantumkan email yang masih aktif dan sanggup diakses alasannya nanti akan mendapatkan arahan konfirmasi arahan pembayaran.


Lanjut pada formulir tarif atau daya gres isi jenis produk layanan apakah Anda menentukan prabayar atau pascabayar kemudian pilih peruntukan di sana ada pilihan sosial, rumah tangga, bisnis, publik, atau industri kemudian isi pada keperluan jikalau untuk rumah tangga silakan pilih acara rumah tangga pilih daya yang ingin anda pasang mulai dari 450 hingga dengan 41500.

Pilih token perdana yang ingin diisi mulai dari Rp5.000 dengan Rp 1 juta kemudian pilih SLO "Tidak / belum ada SLO" kemudian kita sanggup menentukan ketersediaan LIT / TR silakan pilih salah satu perusahaan bebas mana saja.

Lanjut pada instalasi listrik pilih belum terpasang dan masukkan asumsi instalasi listrik siap dipasang pilih tanggal kapan Anda siap untuk memasang meteran listrik kemudian pada metode pembayaran ada opsi Bank Mandiri atau transfer antar bank. Pada kesempatan kali ini saya pilih Bank Mandiri.

Jika semua data sudah diisi kita sanggup klik tombol "Hitung Biaya" menyerupai pada gambar di atas.


Dibawahnya akan ditampilkan detail biaya di sana ada keterangan mulai dari biaya penyambungan, biaya token, biaya PPJ, biaya SLO termasuk PPN 10%, dan biaya materai hingga dengan biaya total yang harus dibayar.

Jika seluruh detail tersebut sudah sesuai silakan centang "Dengan ini saya menyatakan data yang saya isi yakni benar dan saya bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku di PT PLN (Persero)". Lanjut isi arahan keamanan yang ditampilkan pada layar kemudian klik "Simpan Permohonan"


Berikutnya yakni konfirmasi detail permohonan sambungan gres listrik PLN Online pastikan semua data sudah sesuai kemudian klik "Yes"

Sampai disini permohonan pasang gres listrik PLN secara online sudah sukses silakan cek inbox pada email yang didaftarkan tadi.

Silahkan Konfirmasi Email

Kita akan menemukan email masuk dari PLN berisi permohonan instalasi pasang gres perhatikan pada detail email bahwa kita diminta untuk konfirmasi silakan buka link yang dicantumkan pada email dan masukkan arahan transaksi pada kolom.


Ini yakni halaman ketika kita membuka link pada email tersebut masukkan arahan konfirmasi kemudian klik "Simpan"


Halaman akan menampilkan konfirmasi berhasil di sana muncul arahan booking nomor agenda jenis transaksi dan total biaya. Tugas kita selanjutnya yakni melaksanakan transfer sebesar total biaya ke rekening Mandiri menyerupai yang saya contohkan pada postingan ini dan pembayaran sanggup dilakukan ketika tanggal siap pasang yang kita tentukan tadi di formulir.

Proses Pembayaran Via Bank Mandiri

Pada ketika saya mengajukan pasang gres listrik PLN online yakni tanggal 29 Maret dan menentukan siap melaksanakan pemasangan pada tanggal 1 April. Saya pikir pembayaran sanggup dilakukan ketika pengajuan yaitu tanggal 29 Maret. Ternyata tidak, saya harus menunggu hingga dengan 1 April barulah sanggup melaksanakan pembayaran melalui Mandiri Virtual Account.

Sedikit tips bagi yang ingin melaksanakan pembayaran pengajuan pasang gres listrik PLN online melalui Bank Mandiri silakan susukan website resmi Mandiri Internet Banking aciknadzirah.blotgspot.com/search?q=cara-migrasi-listrik-pln-golongan-r1-ke-b1-lebih-murah">Cara Daftar Registrasi Internet Banking Mandiri di ATM".


Setelah berhasil login di Mandiri Internet Banking (Mandiri Online) pilih sajian "Bayar" selanjutnya pilih "Multi Payment" pilih rekening asal pada kolom dari rekening dan masukan penyedia jasa pilih "PLN Iconpay" kemudian masukkan arahan booking yang telah diberikan oleh PLN di kolom nomor virtual kemudian klik "Lanjutkan"


Kita akan ditampilkan detail transaksi Multi Payment pastikan sudah sesuai dengan pengajuan pasang gres listrik PLN kemudian centang pada keterangan penyambungan gres dan klik "Lanjutkan"


Lanjut masukan arahan keamanan dari alat transaksi Token Mandiri klik lanjutkan dan transaksi berhasil. Simpan bukti transaksi yang mungkin dibutuhkan apabila pihak PLN meminta bukti bayar.

Petugas melaksanakan survei dan pemasangan

Dari pengalaman saya mengajukan pasang gres listrik PLN online beberapa jam sehabis melaksanakan pembayaran pihak SLO menghubungi via telepon ingin mengkonfirmasi pemasangan gres meteran listrik PLN dan akan dilakukan peninjauan atau survei. Petugas akan eksklusif tiba kerumah dan melaksanakan survei jikalau memang layak dilakukan pemasangan maka akan diberikan surat izin.


Selanjutnya kita juga akan dihubungi oleh bab instalasi atau pemasangan sambungan listrik beserta meteran. Begitu saya konfirmasi bahwa benar saya mengajukan pemasangan gres instalasi listrik petugas eksklusif tiba ke rumah dan melaksanakan instalasi hingga dengan meteran listrik terpasang dan siap digunakan.

Kaprikornus menyerupai ini cara pengajuan sambungan gres listrik PLN online yang sanggup kita minta hanya melalui website resmi PLN. Proses diatas memang terlihat sedikit ribet tapi bekerjsama jauh lebih simpel dibanding ketika kita memakai jasa pemasangan kalau orang-orang bilang yakni calo.

Beberapa orang juga biasanya melaksanakan seruan pengajuan sambungan gres listrik PLN melalui sambungan telepon, tapi mengapa buang-buang pulsa jikalau kita punya paket data internet.


Sumber http://www.emingko.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Pengajuan Sambungan Gres Listrik Pln Online"

Posting Komentar