√ 4 Perbedaan Menggambar Dan Melukis Yang Paling Mendasar

Di posting kali ini, saya akan membahas ihwal gambar dan lukisan. Soalnya, saya sendiri juga tertarik dengan dua hal tersebut, tapi kalau ditanya apa yang paling saya suka dan mana yang saya bisa, pastinya saya jawab menggambar.


Terkadang saya suka galau juga ihwal dua hal tersebut, yaitu ihwal perbedaan antara menggambar dan melukis.


Sempat ragu juga akan pendapatku sendiri ihwal dua hal tersebut. Maklum, soalnya saya tidak pernah mengambil kursus ataupun sekolah khusus seni, jadi masih cukup awam dengan dua hal tersebut meskipun setiap sering terdengar.


Dari pada saya bertanya-tanya dalam diri sendiri dan tak mungkin saya dapatkan jawabannya, hasilnya kuputuskan untuk browsing ke kawasan mbah Google dan hasilnya saya mendapat jawabannya. Ternyata, ada beberapa perbedaan yang paling fundamental antara menggambar dan melukis, pribadi saja simak ulasannya berikut ini.


1. Perbedaan secara umum


 saya akan membahas ihwal gambar dan lukisan √ 4 Perbedaan Menggambar dan Melukis yang Paling Mendasar

kimiakarbonblog.wordpress.com


Melukis memakai media yang lebih cair, misalkan cat air, minyak, akrilik dan lain-lain. Serta memakai kuas sebagai alat untuk menggambar.


 saya akan membahas ihwal gambar dan lukisan √ 4 Perbedaan Menggambar dan Melukis yang Paling Mendasar

cfmiami.org


Kalau menggambar, media yang dipakai cenderung lebih kering, contohnya pensil warna, pena warna dan juga krayon. Jadi, perbedaannya yang secara umum hanya dari segi media (alat) dan jenis pewarna yang digunakan.


2. Dari segi pengertian


 saya akan membahas ihwal gambar dan lukisan √ 4 Perbedaan Menggambar dan Melukis yang Paling Mendasar


Menggambar (drawing) merupakan kegiatan membentuk sebuah imajinasi, dengan memakai banyak pilihan alat dan teknik.


Bisa juga diartikan menciptakan gejala tertentu di atas permukaan kertas atau benda lainnya dengan cara mengolah tabrakan dari alat yang digunakan. Untuk lebih jelasnya sanggup baca ihwal cara menggambar memakai pensil.


Kebanyakan karya dari menggambar merupakan sebuah hasil representasi dari ingatan atau imajinasi seorang yang andal menggambar dengan secara spontan.


Subjeknya pun sanggup berupa tampilan realistis yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari (potret) dan sanggup juga setengah realistis menyerupai halnya karya-karya bagan atau yang hanya mementingkan gaya gambar menyerupai kartun, karikatur, atau gambar abstrak.


Melukis (Painting) merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi ataupun tiga dimensi dengan tujuan untuk mendapat kesan tertentu.


Medium lukisan pun sanggup dalam bentuk apa saja, menyerupai kanvas, papan, kertas, dinsing dan bahkan film dalam fotografi sanggup dianggap juga sebagai media lukisan.


Jadi, lukisan ialah bentuk karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan cara memoleskan cat dengan banyak sekali macam warna atau gradasi memakai alat khusus lukis menyerupai kuas lukis, pisau palet dan peralatan lainnya.


Seni menggambar dan melukis sama-sama cabang dari aktifitas “Seni Rupa”. Pada intinya, kedua hal ini memang serupa tapi tak sama walaupun hanya dengan sedikit perbedaan, biasanya hasil simpulan yang sanggup membedakan antara gambar atau lukisan.


3. Tahapan


 saya akan membahas ihwal gambar dan lukisan √ 4 Perbedaan Menggambar dan Melukis yang Paling Mendasar

minimalwall.com


Proses menggambar dan melukis juga hampir tidak ada perbedaan. Ada tahap persiapannya (ide/tema), kemudian dilanjutkan dengan proses pembuatan rancangan dan yang terakhir ialah proses penyelesaian (pembentukan objek dan derma warna serta dengan unsur-unsurnya).


4. Metode/Teknik


 saya akan membahas ihwal gambar dan lukisan √ 4 Perbedaan Menggambar dan Melukis yang Paling Mendasar

mindflash.com


Dari segi teknik menggambar dan melukis, secara umum ada dua yaitu, teknik manual (dengan tabrakan tangan) dan juga teknik digital (Menggunakan aktivitas khusus gambar di PC atau laptop).


Contoh beberapa software yang sanggup kau gunakan untuk menggambar digital diantaranya adalah, Adobe Photoshop, Photoscape, Picasa, Adobe Illustrator, Microsoft Pain, Paint Shop Pro, Corel Painter, Microsoft Expression, Inkscape, Pixia, Kolourpaint, The GIMP, OpenCanvas dan Inkscape.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ 4 Perbedaan Menggambar Dan Melukis Yang Paling Mendasar"

Posting Komentar