Cara Membersihkan Busi Motor Kendaraan Beroda Empat Yang Hitam / Kotor

Cara Membersihkan Busi – Spark Plug atau dalam bahasa Indonesia disebut Busi merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk mengoptimalkan sistem pengapian sepeda motor ataupun mobil. Cara kerjanya ialah dengan memperabukan bensin yang telah terkompresi oleh piston sehingga terjadi pembakaran di ruang mesin. Yah, fungsi busi memang sangat penting. Oleh lantaran itulah kita harus melaksanakan perawatan rutin semoga busi tetap abadi dan terhindar dari masalah-masalah yang tidak dinginkan.




Sebenarnya cara merawat busi sangatlah mudah. Kita hanya perlu membersihkannya dari banyak sekali kotoran yang apabila dibiarkan saja dapat mengganggu performa motor. Masalah yang timbuh pun beragam, menyerupai performa mesin motor yang kurang bertenaga, boros bensin, hingga motor sudah dihidupkan atau distarter. Sedangkan untuk kendaraan beroda empat biasanya dapat menimbulkan bunyi mesin ngelitik dan banyak sekali macam problem lainnya.


Kapan Busi Harus Dibersihkan ?


 Spark Plug atau dalam bahasa Indonesia disebut Busi merupakan salah satu komponen yang be Cara Membersihkan Busi Motor  Mobil Yang Hitam / KotorAda beberapa penyebab yang mengharuskan kita segera membersihkan busi. Salah satunya ialah di ketika busi berair yang disebabkan oleh air hujan atau genangan air. Biasanya hal tersebut berakibat motor sudah dihidupkan atau distarter. Masbro tak perlu khawatir apabila mengalami hal tersebut. Pasalnya masbro dapat membersihkan busi sendiri tanpa perlu tiba ke bengkel.


Selain lantaran faktor terkena air, kinerja busi juga dapat terganggu disaat pecahan kepala busi sudah menghitam yang dikarenakan arang sisa-sisa pembakaran. Hasil sisa pembakaran yang menumpuk akan menimbulkan kepala busi menghitam sehingga elektroda busi akan sulit mengalirkan listrik yang menimbulkan motor atau kendaraan beroda empat sulit dihidupkan.


Sejatinya busi mempunyai masa pakai, dan harus segara diganti apabila mengalami kerusakan. Namun kerusakan tersebut dapat diminimalisir dengan cara membersihkan busi secara teratur setiap 4.000 km. Lalu apa saja alat yang diharapkan untuk membersihkan busi dari karbon sisa pembakaran mesin ? Nah untuk mengetahuinya silahkan simak dibawah ini


Alat Yang Dibutuhkan


Untuk membersihkan busi kita harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa alat sebagai berikut.



  1. Kunci busi untuk membuka busi

  2. Ampelas / sikat kawat / sikat gigi

  3. Kompresor / Lap Kering

  4. Bensin


Sebenarnya cara membersihkan busi lebih baik jangan menggunakan ampelas atau sikat kawat, lantaran dapat mengubah permukaan busi. Kami sendiri lebih menyarankan menggunakan sikat gigi biasa semoga nantinya tidak mengubah permukaan busi yang dapat menimbulkan nyala api tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Lalu bagaimana cara membersihkan busi yang baik dan benar ?


Cara Membersihkan Busi


 Spark Plug atau dalam bahasa Indonesia disebut Busi merupakan salah satu komponen yang be Cara Membersihkan Busi Motor  Mobil Yang Hitam / KotorSetelah mempersiapkan semua alat di atas, maka langkah selanjutnya kita tinggal memulai proses membersihkan busi yang hitam dikarenakan kotor ataupun basah. Adapun cara membersihkan busi motor atau kendaraan beroda empat yang benar dan gampang silahkan simak info berikut ini.


1. Lepaskan Busi


Proses pertama yang harus dilakukan ialah dengan cara melepaskan busi dari motor ataupun mobil. Untuk melepaskannya harus hati-hati, dan jangan hingga menarik kabel busi yang dapat menimbulkan kop busi terputus. Namun sebelum itu, pastikan mesin kendaraan sudah hambar semoga proses pelepasan dapat lebih mudah. Alat yang dipakai untuk melepaskan busi juga tak boleh sembarangan, lantaran harus menggunakan kunci busi yang biasanya sudah disediakan pada tool-kit bawaan motor / mobil.


2. Rendam Busi


Setelah busi terlepas, langkah selanjutnya ialah menyiram pecahan kepala busi dengan bensin. Hal ini perlu dilakukan semoga kotoran yang melekat pada kepala busi lebih gampang dibersihkan. Masbro hanya perlu menyiram sedikit bensin saja. Namun apabila busi terkena air, kami sarankan untuk terlebih dahulu merendam busi pada wadah yang sudah diisi bensin. Proses perendaman busi sesungguhnya tak terlalu kami sarankan, lantaran dapat mengikis elektroda pada busi yang membuatnya cepat rusak.


3. Membersihkan Kotoran


Proses pencucian kotoran pada kelapa busi kami sarankan untuk menggunakan sikat gigi. Apabila terpaksa menggunakan ampelas atau sikat kawat, maka harus dilakukan secara hati-hati dan hanya menggosok pecahan yang kotor saja. Proses membersihkan busi dengan sikat kawat memang lebih cepat dibandingkan menggunakan sikat gigi. Namun apabila tidak dilakukan secara hati-hati, maka dapat berakibat permukaan busi tergerus dan menciptakan permukaan busi berubah.


4. Mengeringkan Busi


Cara membersihkan busi selanjutnya tinggal mengeringkan busi yang sudah dibersihkan. Masbro dapat menggunakan kompresor bertekanan tinggi semoga sisa-sisa kotoran dapat hilang sepenuhnya. Namun apabila kondisi tidak memungkinkan menggunakan kompresor, maka dapat menggunakan lap kering. Pastikan semua kerak hitam atau kotoran hilang dan jangan hingga ada uap air yang tersisa pada lubang busi.


5. Memasang Kembali


Nah langkah yang terakhir ialah tinggal memasang kembali busi ke mesin. Setelah terpasang, kemudian pasangkan kembali kop busi dengan benar dan pas. Pastikan posisi busi sudah terpasang dengan benar, lantaran apabila kurang pas dapat menimbulkan percikan api tidak maksimal sehingga menciptakan kendaraan sudah dihidupkan atau distarter. Sebagai salah satu komponen sistem pengapian yang palig penting, kita memang tak boleh sembarangan dalam measang busi, jadi pastikan posisinya sudah sesuai.


Nah demikianlah cara membersihkan busi motor yang kotor atau basah. Cara di atas dapat dilakukan sendiri tanpa perlu tiba ke bengkel. Prosesnya juga sangat gampang dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Namun apabila busi tetap mengalami masalah, mungkin sudah saatnya membeli busi gres yang dapat masbro simak harganya pada info otomotifo.com sebelumnya mengenai “Daftar Harga Busi Terbaru“.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Sistem Kelistrikan MotorFungsi CDI Motor
Fungsi Kiprok MotorCara Merawat Motor Matic

Jenis busi yang beredar dipasaran juga bermacam-macam, menyerupai busi racing, busi platinum, dan busi Iridium. Selain itu, masbro dapat menentukan busi dari banyak sekali merek ternama menyerupai Brisk, NGK, Denso, dll. Nah demikianlah tips otomotif kali ini, semoga info cara membersihkan busi yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat menjadi rujukan dalam merawat kendaraan bermotor yang masbro miliki.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Membersihkan Busi Motor Kendaraan Beroda Empat Yang Hitam / Kotor"

Posting Komentar