Penyebab Coil Panas Pada Mobil
Coil merupakan komponen yang berfungsi untuk menghasilkan listrik tegangan tinggi di mobil. Tegangan ini dialirkan dari aki kendaraan beroda empat 12 volt kemudian diubah naik hingga mencapai lebih dari 25.000 Volt. Ya, tegangan tinggi ini dipakai untuk membuat percikan api di busi sehingga mesin sanggup bekerja.
Selama proses kerjanya di mesin, coil juga sanggup mengalami masalah. Contohnya yaitu munculnya panas yang berlebih dan tidak masuk akal di tubuh coil mobil.
Efek coil panas pada kendaraan beroda empat akan menimbulkan masalah-masalah mesin, mulai dari mesin brebet, nyendat-nyendat, atau bahkan mesin sanggup mogok akhir busi tidak mengeluarkan percikan api.
Nah, pada artikel kali inil, ombro akan menginformasikan beberapa penyebab coil panas pada kendaraan beroda empat yang sering terjadi. Simak info berikut ihwal enyebab coil panas pada mobil...
Penyebab coil panas pada kendaraan beroda empat yang paling sering terjadi yaitu akhir ballast resistor coil mengalami short circuit. Ballast resistor pada coil berfungsi untuk membatasi arus dan tegangan listrik yang mengalir menuju primary coil. Dengan adanya ballast resistor pada coil, maka temperatur dan suhu kerja pada koil tetap terjaga.
Ketika ballast resistor mengalami short circuit (konslet), maka arus yang mengalir dari aki kendaraan beroda empat tidak lagi dibatasi. Arus yang besar akan membuat kawat penghatar (coil) mendapatkan energi listrik yang terlalu besar secara terus enerus hingga akhrnya menimbulkan panas berlebih. Inilah yang menjadi penyebab coil panas.
Untuk sistem pengapian konvensional yang masih memakai platina, tugas kondensor juga sangat penting guna menjaga kestabilan arus listrik yang mengalir dikala platina bekerja. Condensor berperan untuk menyerap energi listrik yang keluar dari platina dikala kontak platina terputus. Penyerapan energi listrik ini akan mencegah kerusakan pada kontak platina.
Ketika condensor ini lemah atau short maka arus listrik yang mengalir ke platina juga akan terganggu. Arus dan tegangan listrik akan lebih banyak mengalir masuk ke condensor yang akan menimbulkan panas belebihan pada coil.
Disisi lain, listrik yang mengalir ke platina menjadi lebih kecil. Imbasnya, percikan api yang keluar dari busi menjadi lemah, bahkan pada beberapa kondisi pengapian di busi akan hilang. Efeknya kendaraan beroda empat akan mogok.
Baca juga :
Short circuit (konslet) pada kumparan primary ocil atau secondary coil didalam koil juga sanggup menjadi penyebab coil panas. Kumparan pada primary coil dan secondary coil ini umumnya sudah terbungkus oleh lapisan isolator cair yang dipadatkan.
Pada beberapa kondisi tertentu, lapisan ini sanggup rusak sehingga menimbulkan shorct circuit pada kumparan. Akibatnya terjadi fatwa arus listrik yang jaraknya lebih pendek. Kondisi ini mengakibatkan coil menjadi cepat panas .
Penyebab coil panas sterakhir yang ombro ketahui yaitu coil mengalami kebocoran arus. Kebocoran arus pada coil ini sanggup terjadi pada tubuh coil atau pada kabel busi. Kebocoran arus listrik yang terjadi dan keluar ini akan mengakibatkan pengapian yang ada pada busi menjadi lebih kecil dan lemah.
Selain itu, kebocroan arus listrik pada coil ini juga akon menimbulkan coil menjadi cepat panas. KEbocoran arus pada koil sanggup terjadi akhir usia coil yang sudah cukup usang ata kualitas coil yang dipakai sudah tidak manis lagi sehingga listrik menembus tubuh coil dan keluar menuju ground (masa) di tubuh mesin.
Demikianlah 4 penyebab coil panas pada kendaraan beroda empat yang bis aombro sampaikan, supaya sanggup bermanfaat.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil Sumber http://bacabrosur.blogspot.com
Selama proses kerjanya di mesin, coil juga sanggup mengalami masalah. Contohnya yaitu munculnya panas yang berlebih dan tidak masuk akal di tubuh coil mobil.
Efek coil panas pada kendaraan beroda empat akan menimbulkan masalah-masalah mesin, mulai dari mesin brebet, nyendat-nyendat, atau bahkan mesin sanggup mogok akhir busi tidak mengeluarkan percikan api.
Nah, pada artikel kali inil, ombro akan menginformasikan beberapa penyebab coil panas pada kendaraan beroda empat yang sering terjadi. Simak info berikut ihwal enyebab coil panas pada mobil...
1. Short circuit pada ballast resistor coil
Penyebab coil panas pada kendaraan beroda empat yang paling sering terjadi yaitu akhir ballast resistor coil mengalami short circuit. Ballast resistor pada coil berfungsi untuk membatasi arus dan tegangan listrik yang mengalir menuju primary coil. Dengan adanya ballast resistor pada coil, maka temperatur dan suhu kerja pada koil tetap terjaga.
Ketika ballast resistor mengalami short circuit (konslet), maka arus yang mengalir dari aki kendaraan beroda empat tidak lagi dibatasi. Arus yang besar akan membuat kawat penghatar (coil) mendapatkan energi listrik yang terlalu besar secara terus enerus hingga akhrnya menimbulkan panas berlebih. Inilah yang menjadi penyebab coil panas.
2. Condensor / Capasitor lemah atau short
Untuk sistem pengapian konvensional yang masih memakai platina, tugas kondensor juga sangat penting guna menjaga kestabilan arus listrik yang mengalir dikala platina bekerja. Condensor berperan untuk menyerap energi listrik yang keluar dari platina dikala kontak platina terputus. Penyerapan energi listrik ini akan mencegah kerusakan pada kontak platina.
Ketika condensor ini lemah atau short maka arus listrik yang mengalir ke platina juga akan terganggu. Arus dan tegangan listrik akan lebih banyak mengalir masuk ke condensor yang akan menimbulkan panas belebihan pada coil.
Disisi lain, listrik yang mengalir ke platina menjadi lebih kecil. Imbasnya, percikan api yang keluar dari busi menjadi lemah, bahkan pada beberapa kondisi pengapian di busi akan hilang. Efeknya kendaraan beroda empat akan mogok.
Baca juga :
- 5 Gejala koil kendaraan beroda empat rusak
- Fungsi dan cara kerja ignition coil
- Mengenal model dan bentuk ignition coil mobil
3. Short circuit pada Primary dan secondary coil
Short circuit (konslet) pada kumparan primary ocil atau secondary coil didalam koil juga sanggup menjadi penyebab coil panas. Kumparan pada primary coil dan secondary coil ini umumnya sudah terbungkus oleh lapisan isolator cair yang dipadatkan.
Pada beberapa kondisi tertentu, lapisan ini sanggup rusak sehingga menimbulkan shorct circuit pada kumparan. Akibatnya terjadi fatwa arus listrik yang jaraknya lebih pendek. Kondisi ini mengakibatkan coil menjadi cepat panas .
4. Coil mengalami kebocoran arus
Penyebab coil panas sterakhir yang ombro ketahui yaitu coil mengalami kebocoran arus. Kebocoran arus pada coil ini sanggup terjadi pada tubuh coil atau pada kabel busi. Kebocoran arus listrik yang terjadi dan keluar ini akan mengakibatkan pengapian yang ada pada busi menjadi lebih kecil dan lemah.
Selain itu, kebocroan arus listrik pada coil ini juga akon menimbulkan coil menjadi cepat panas. KEbocoran arus pada koil sanggup terjadi akhir usia coil yang sudah cukup usang ata kualitas coil yang dipakai sudah tidak manis lagi sehingga listrik menembus tubuh coil dan keluar menuju ground (masa) di tubuh mesin.
Demikianlah 4 penyebab coil panas pada kendaraan beroda empat yang bis aombro sampaikan, supaya sanggup bermanfaat.
Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil Sumber http://bacabrosur.blogspot.com
0 Response to "Penyebab Coil Panas Pada Mobil"
Posting Komentar