Pengertian Penelitian Dan Contohnya

Pengertian penelitian sanggup dideskripsikan sebagai upaya untuk memperoleh pengetahuan dengan cara menerapkan langkah-langkah ilmiah. Di sini kita tidak sanggup melepaskan penelitian dengan istilah pengetahuan dan ilmiah.


Baca juga Metode Penelitian: Pendekatan Jenis & Contohnya







Pengertian penelitian sanggup dideskripsikan sebagai upaya untuk memperoleh pengetahuan deng Pengertian Penelitian dan ContohnyaPengertian penelitian secara umum sanggup jadi akan berbeda-beda tergantung kepada siapa yang kita tanya. Seorang konsumen sanggup saja menyampaikan bahwa penelitian merupakan upaya untuk mencari aneka macam opsi apa saja yang mau dikonsumsi. Seorang tim kreatif acara TV mungkin akan mendeskripsikan penelitian sebagai upaya mencari bentuk acara yang sedang diminati masyarakt. Bakul dan pebisnis melaksanakan penelitian untuk mengetahui apa yang sedang menjadi tren dan selera pasar ketika ini, dan sebagainya.


Postingan ini akan membahas wacana pengertian penelitian serta contohnya dalam batasan koridor akademik. Artinya, penelitian merupakan kegiatan ilmiah. Penelitian di sini dilihat sebagai kegiatan yang umum dilakukan dalam area akademik dan terkait dengan proses penyelidikan ilmiah.


Para siswa, mahasiswa, guru, dosen, profesor, dan civitas akademika lainnya agaknya telah dekat dengan istilah penelitian ilmiah. Kita akan definisikan arti penelitian yang relevan dalam ruang lingkup akademik.


Pengertian penelitian


Sebagaimana telah disinggung di awal, penelitian sanggup dideskripsikan sebagai sebuah proses yang dilakukan sebagai upaya memperoleh pengetahuan dengan langkah-langkah atau metode ilmiah. Dengan demikian, untuk sanggup dipahami secara benar, penelitian harus memenuhi setidaknya dua kriteria: Pertama, sebuah proses untuk memperoleh pengetahuan. Kedua, proses tersebut mengikuti metode ilmiah.


Baca juga: Metode Ilmiah: Definisi, Proses & Contohnya







Pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian yaitu pengetahuan ilmiah. Dalam istilah lain sering disebut juga dengan istilah science atau sains. Jika penelitiannya merupakan penelitian sosial maka´pengetahuan yang dibangun yaitu pengetahuan sosial atau social science.


Penelitian dalam bahasa Inggris disebut research, yang ke dalam Bahasa Indonesia sering ditranslate menjadi riset. Kaprikornus penelitian yaitu riset ilmiah. Untuk mendapat pengetahuan ilmiah, penelitian harus mengikuti metode ilmiah.


Untuk memahami pengertian penelitian ilmiah, kita perlu melihat dua level yang berbeda namun sangat berkaitan, yaitu level teori dan level data. Penelitian ilmiah selalu berada di kedua level tersebut. Level teori yaitu area ajaib dan konseptual. Sedangkan level data yaitu area empiris dan konkret.


Penelitian pada level teori konsen pada upaya membangun konsep yang ajaib wacana suatu fenomena yang diteliti. Contohnya, wacana konsep perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Sedangkan penelitian pada level data konsen pada realitas yang terjadi di lapangan. Misalnya, wacana berapa banyak orang kaya gres di suatu desa dalam lima tahun terakhir.


Baca juga: Metode Penelitian Sosiologi







Kita asumsikan di sini level teori berada di atas, sedangkan level data berada di bawah. Keduanya berafiliasi satu sama lain. Selain itu, penelitian ilmiah sanggup dilakukan dalam dua bentuk. Sebagai catatan, bahu-membahu lebih komopleks dari itu. Saya sebutkan hanya dua bentuk sebagai pengetahuan dasar wacana penelitian saja.


Bentuk pertama yaitu deduktif dan bentuk kedua yaitu induktif. Deduktif artinya penelitian dilakukan untuk menguji teori. Sedangkan induktif artinya penelitian dilakukan untuk membangun atau membuat teori.


Contohnya, sebuah penelitian wacana efek perubahan sosial terhadap konflik rasial di kota Jogja. Penelitian deduktif menguji suatu teori bahwa perubahan sosial yang terjadi, contohnya kota yang awalnya homogen secara etnis sekarang menjadi multietnis memicu munculnya konflik rasial. Penelitian deduktif dilakukan untuk menguji apakan perubahan sosial dari homogen ke heterogen benar-benar menjadi penyebab munculnya konflik rasial.


Penelitian induktif tidak memakai teori atau hipotesis. Peneliti mengambil data untuk menyusun variabel yang menjadi penyebab konflik di kota yang heterogen tersebut. Jadi, konsep dan teori gres disusun ketika dan sehabis turun lapangan.







Baca juga: Jenis-Jenis Penelitian


Dalam aspek bidang studi, penelitian juga sanggup dibagi menjadi dua, yaitu penelitian ilmu sosial dan penelitian ilmu non-sosial. Penelitian ilmu non-sosial sanggup disebut juga penelitian ilmu alam. Penelitian ilmu alam selalu bersifat empiris. Seringkali, dilakukan dengan cara deduktif. Sedangkan penelitian ilmu sosial lebih kompleks. Artinya sanggup dilakukan secara deduktif, induktif atau kombinasi keduanya.


Baca juga: Metode Penelitian Sosial



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Penelitian Dan Contohnya"

Posting Komentar