Acept Ugm: Cara Mendaftar, Kegiatan Tips Lolos Tes

AcEPT UGM (Academic English Proficiency Test Universitas Gadjah Mada) merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UGM. Secara sederhana bisa dianggap menyerupai TOEFL-nya UGM atau IELTS-nya UGM.


Postingan ini akan diekstrak dari pengalaman saya mengikuti tes AcEPT UGM. Agar informasi yang disampaikan terstruktur dan gampang dicerna, saya akan tuliskan menjadi beberapa bab dari cara mendaftar, jadwal tes hingga beberapa tips semoga memperoleh skor tinggi.


Baca juga: Beasiswa S1 ke Jepang






Cara mendaftar tes AcEPT UGM



  • Pergi ke bank BNI terdekat untuk melaksanakan pembayaran via host to host transfer (Rp. 125.000)

  • Bilang ke teller mau daftar tes Acept UGM dengan menyebutkan nomor registrasi atau nomor berikut:

  • Kode tes (4141) diikuti nomor induk (tanggal lahir kamu), misal kau lahir pada 1 Oktober 1998, maka nomor yang kau beritahu ke teller ialah 414101101998

  • Teller akan menginput nomor tersebut di komputer kemudian mendapat informasi tagihan pembayaran tes sebesar 125.000 rupiah

  • Setelah dibayarkan, kau akan mendapat struk atau slip pembayaran yang tercantum di dalamnya nomor password.


Academic English Proficiency Test Universitas Gadjah Mada AcEPT UGM: Cara Mendaftar, Jadwal  Tips Lolos Tes



  • Nomor registrasi dan nomor password tersebut dipakai untuk login saat registrasi dibuka, yaitu pada hari Jumat pukul 09.00 WIB.

  • Baca juga: Beasiswa S3 Program Internasional Studies


Jadwal tes



  • Tes AcEPT diselenggarakan sekali dalam seminggu tiap hari Rabu.

  • Pendaftaran tes AcEPT dibuka pada hari Jumat pukul 09:00 WIB.

  • Pada hari Rabu biasanya terdapat dua kloter tes dimana penerima boleh menentukan kloter pagi (pukul 08:00-11:00 WIB) atau siang (pukul 13:00-16:00 WIB).

  • Masing-masing kloter paling banyak berkapasitas 200 orang. Jadi, sehari ada 400 orang yang bisa diakomodir.

  • Perlu diperhatikan bahwa kau tidak diperkenankan mendaftar untuk mengikuti tes lebih dari satu kloter di hari yang sama.

  • Pendaftaran tes dibuka semenjak Jumat pukul 09:00 pagi hingga dengan Selasa untuk jadwal tes pada hari Rabunya.

  • Jadwal registrasi ini penting untuk diperhatikan alasannya ialah dingklik yang disediakan terbatas dan jumlah penerima bisa membludak terutama pada masa registrasi kuliah.

  • Strategi paling gampang mendapat dingklik untuk tes AcEPT ialah dengan pergi ke bank BNI pada hari Kamis atau sebelum Jumat pukul 09:00 pagi untuk mendapat nomor password.

  • Sehingga begitu registrasi dibuka kau sudah siap login dan mengisi formulir registrasi secara online di http://acept.ugm.ac.id/sessAcept/idx.php







Tips lolos tes AcEPT


Academic English Proficiency Test Universitas Gadjah Mada AcEPT UGM: Cara Mendaftar, Jadwal  Tips Lolos Tes


Pada umumnya setiap penerima yang mengikuti tes mempunyai sasaran skor sendiri. Masing-masing penerima menarget angka yang berbeda tergantung keperluannya. Sebagai contoh, untuk studi S2 di UGM dibutuhkan skor AcEPT minimal 209. Sedangkan untuk studi S3 di UGM dibutuhkan skor minimal 268. Atau ada pula skor minimal untuk suatu pekerjaan tertentu yang disyaratkan dalam info rekruitmen.


Sebagaimana sudah disebutkan di awal, tes ini merupakan tes internal UGM. Barangkali ketimbang penerima tes membayar TOEFL atau sejenisnya yang duitnya lari ke luar, UGM menyelenggarakan tes Bahasa Inggris sendiri yang dinamakan AcEPT. Nilai AcEPT juga sanggup dikonversikan ke TOEFL untuk keperluan internal tentu saja.


Diambil dari website UGM, skor AcEPT 209 ialah sama dengan skor TOEFL 450. Sedangkan skor AcEPT 268 ialah sama dengan TOEFL 500. Skor tertinggi 426 ialah sama dengan TOEFL 677.


Target saya saat mengikuti tes ialah 268. Di bab postingan selesai ini saya akan paparkan beberapa tips perihal bagaimana meraih skor AcEPT yang relatif tinggi.


Baca juga: Beasiswa Kuliah di Luang Negeri






Beberapa hal yang perlu kau lakukan


Kuasai pola soal. Kamu harus hunting pola soal via online. Beberapa blog menyediakan pola soal yang sama dan ala kadarnya yang berdasarkan saya itu sudah cukup. Hal yang perlu dilakukan disini ialah mempelajari pola soal tersebut dengan cara membacanya berulang-ulang hingga jenuh. Titik jenuh bagi saya penting dalam proses belajar.


Tabel section soal di bawah ini juga perlu dihafal






























Listening20 soal15 menit
Vocabulary30 soal20 menit
Grammar and Structure40 soal30 menit
Reading40 soal40 menit
Composing Skills40 soal40 menit

Kalo kau pernah tes TOEFL sebelumnya, kau sudah boleh dibilang punya pengalaman alasannya ialah keduanya banyak kemiripan.


Kalo kau punya cukup waktu:



  • Asah kemampuan Listening dengan mendengarkan podcast (rekaman audio/radio berbahasa Inggris). Podcast sangat melimpah di internet dan free listening, free d0wnl0ad. Misal, Googling aja BBC podcast.

  • Asah penguasaan Vocabulary dengan membaca beberapa jurnal akademik (social dan non-social science).

  • Asah penguasaan Grammar and Structure dengan membaca beberapa jurnal akademik (social dan non-social science).

  • Asah kemampuan reading dengan membiasakan fast reading article online berbahasa Inggris.

  • Asah kemampuan Composing Skills dengan semua cara yang sudah disebutkan di atas.


Baca juga Jurnal Internasional Pendidikan: Daftar Lengkap







  • Selanjutnya bersikap damai saat sudah di ruang tes. Bagi saya, biaya tes ini relatif murah, jadi beban finansial sudah gugur di awal.


Strategi pengisian soal sama menyerupai tes bahasa Inggris lainnya, yaitu semua soal harus terjawab. Jam tangan sangat membantu dalam hal ini. Upayakan waktu yang disediakan di setiap section cukup untuk terisinya semua soal. Hal ini bisa diterapkan dengan penerapan yang strict terhadap diri sendiri bahwa, misalnya, soal Vocabulary harus terjawab semua dalam waktu 20 menit, meskipun beberapa soal dijawab ngawur alasannya ialah waktu tak cukup.


Ketika saya tes, soal sains mendominasi pertanyaan, setidaknya dibanding soal social science. Padahal bidang studi saya ialah social science. Untung saja, saya beberapa kali membaca jurnal sains yang diterbitkan oleh nature dot com dan itu cukup membantu.


Penutup: Jika kau tak punya cukup waktu untuk belajar, maka tak ada pilihan lain juga selain mendaftar secepatnya. Anggap saja biaya tes itu ialah biaya membeli waktu. Jika sasaran skor terpenuhi ya syukur, bila tidak, artinya memang waktu lebih berharga ketimbang uang.


Semoga berhasil!


Baca juga Beasiswa Inggris: Daftar Lengkap Untuk Mahasiswa Indonesia



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Acept Ugm: Cara Mendaftar, Kegiatan Tips Lolos Tes"

Posting Komentar