Program Beasiswa Ke Jepang Untuk Lulusan Sma – Ips

Program beasiswa ke Jepang yang dirilis dalam postingan ini yaitu beasiswa S1 (GAKUBU) dan beasiswa Sekolah Spesialis Keahlian (SENSHU) yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT) untuk siswa-siswi lulusan Sekolah Menengan Atas atau sederajat. Informasi yang ditampilkan di sini bersumber dari website resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.


Siswa-siswi Indonesia yang mengambil jurusan IPS dan berminat melanjutkan kuliah S1 atau kegiatan keahlian khusus di Jepang mempunyai peluang untuk mengikuti salah satu dari dua kegiatan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang periode studi tahun 2019: Program GAKUBU dan Program SENSHU.







Di kedua kegiatan tersebut, para peserta beasiswa akan mengikuti preparatory school (sekolah persiapan sebelum mulai kuliah) di tahun pertama kedatangannya di Jepang. Preparatory school mencakup pelajaran perihal negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Sosial.


Program beasiswa ke Jepang GAKUBU dan SENSHU bekerjsama ditawarkan juga buat anak IPA SMA/sederajat. Namun isu di website ini telah disaring hanya untuk mereka yang lulusan Sekolah Menengan Atas IPS. Berikut ini klarifikasi singkat perihal kegiatan beasiswa ke Jepang kegiatan GAKUBU dan SENSHU.


Program beasiswa ke Jepang yang dirilis dalam postingan ini yaitu  Program Beasiswa ke Jepang untuk Lulusan Sekolah Menengan Atas – IPS


Program GAKUBU


Program ini merupakan kegiatan beasiswa ke Jepang jenjang S1 yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang kepada siswa-siswi SMA/sederajat yang minat dan memenuhi syarat untuk kuliah di universitas di Jepang. Beasiswa yang ditawarkan yaitu beasiswa penuh dan tanpa ikatan dinas. Jurusan kuliah yang sanggup diambil lulusan IPS SMA/sederajat dengan kegiatan beasiswa ini meliputi: Sosiologi, Politik, Pedagogi, Sastra, Sejarah, Bahasa Jepang, Ekonomi, Administrasi Bisnis, dan sebagainya. Ketika mendaftar, siswa/siswi boleh menentukan maksimal 3 bidang studi.


Program SENSHU


Program ini merupakan kegiatan beasiswa di Jepang yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang kepada siswa-siswi SMA/sederajat yang minat dan memenuhi syarat untuk kuliah di sekolah keahlian khusus (Specialized Training College – Senshu Gakko) di Jepang. Lulusan Senshu Gakko dibutuhkan sanggup mempunyai keahlian khusus dan bekerja di industri yang berkembang tinggi di pasar dunia. Total masa berguru dengan progam ini yaitu 3 tahun. Setelah lulus dari Senshu Gakko, siswa berpeluang melanjutkan studi ke jenjang S1, pribadi sebagai mahasiswa tahun ke 3.






Fasilitas



  • Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya

  • Tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 Yen/bulan

  • Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang

  • Bebas biaya pengurusan visa pelajar

  • Tanpa ikatan dinas


Persyaratan



  • Warga Negara Indonesia

  • Lulusan Sekolah Menengan Atas atau sederajat

  • Lahir antara tanggal 2 April 1994 sd tanggal 1 April 2002

  • Nilai minimal rata-rata Ujian Nasional: minimal 84 untuk kegiatan GAKUBU, minimal 80 untuk kegiatan SENSHU


Sebagaimana di tahun sebelumnya, tahun ini kedua kegiatan tersebut juga dibuka untuk masa studi yang dimulai tahun depan. Lulusan SMA/sederajat yang mengambil jurusan IPS mempunyai peluang ke Jepang apabila berhasil lolos seleksi. Keseluruhan mekanisme dari registrasi hingga kepastian diterima dilakukan secara online sehingga, calon pelamar harus sering-sering mantengin website yang memperlihatkan info kegiatan beasiswa ini.


Beasiswa ke Jepang baik berupa kegiatan GAKUBU atau pun SENSHU, merupakan kegiatan hasil kerjasama pemerintah Jepang dan Indonesia. Kerja sama ini dilakukan untuk mendorong penguatan bilateral hubungan kedua negara khususnya di sektor pendidikan.







Pada prinsipnya, kedua negara membutuhkan banyak siswa/siswi Indonesia untuk mengikuti kegiatan ini sebagai aset penguatan kapasitas kedua negara di masa depan. Jika kau berminat mengikuti kegiatan beasiswa ke Jepang tersebut, berikut ini saya berikan link yang berisi perihal cara mendaftar dan isu yang lebih rinci perihal kegiatan GAKUBU dan SENSHU.


» Beasiswa S1 ke Jepang Program GAKUBU

» Beasiswa Sekolah Keahlian Khusus di Jepang Program SENSHU


Sumber isu beasiswa



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Program Beasiswa Ke Jepang Untuk Lulusan Sma – Ips"

Posting Komentar