Program Beasiswa 5000 Doktor: Isu Pendaftaran

Beasiswa 5000 Doktor yakni kegiatan beasiswa yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagaman Islam (PTKI) melalui pendidikan S3 di banyak sekali kampus berkualitas. Program ini pertama kali dicanangkan pada 2014 dan masih berjalan hingga sekarang.


 Doktor yakni kegiatan beasiswa yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidik dan te Program Beasiswa 5000 Doktor: Info  Pendaftaran


Adanya kegiatan beasiswa 5000 doktor tentu membuka peluang bagi beberapa pendidik baik PNS maupun non-PNS yang ingin melanjutkan studi S3 dengan banyak sekali macam kegiatan studi pilihan. Program ini juga menawarkan derma penyelesaian pendidikan bagi yang sedang menempuh kegiatan studi doktoral di bawah PTKI.


Berdasarkan sketsa kegiatan beasiswa 5000 doktor yang telah disusun, ada dua jenis beasiswa yang ditawarkan. Tentu saja, aplikan hanya dapat mengajukan slah satu dari keduanya. Jenis beasiswa pertama yakni Beasiswa Program Doktor (full scholarship). Kedua, Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP).






Beasiswa Program Doktor (full scholarship)


Program ini merupakan kegiatan beasiswa Kementrian Agama bagi dosen dan tenaga pengajar yang bekerja di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), atau pegawai Kementrian Agama untuk menempuh studi jenjang doctor (S3) di perguruan tinggi dalam negeri yang berkualitas. Beasiswa ini diberikan selama 3 tahun atau 6 semester mencakup biaya studi dan biaya hidup.


Beasiswa Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP)


Program beasiswa ini merupakan kegiatan Kementrian Agama bagi dosen dan tenaga pengajar yang sedang dalam tahap final penyelesaian studi di kampus yang terakreditasi A atau B di Indonesia. Bantuan yang diberikan berupa uang dengan besaran yang ditentukan kemudian dan diberikan dalam sekali bayar.







Jadwal seleksi


Berikut ini tanggal penting yang harus diperhatikan apabila berencana mengikuti proses pendaftaran beasiswa 5000 doktor tahun ini (2018):


 Doktor yakni kegiatan beasiswa yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidik dan te Program Beasiswa 5000 Doktor: Info  Pendaftaran


Persyaratan umum Beasiswa 5000 Doktor



  1. Memiliki gelar Magister (S2) dari kegiatan studi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

  2. Bidang studi yang akan diambil nyata-nyata penting untuk pengembangan kegiatan studi di institusi yang bersangkutan.

  3. Bersedia menandatangani kontrak beasiswa.

  4. Berusia maksimal 47 tahun.

  5. Melakukan pendaftaran online di sini.







Proses Seleksi


Secara prosedural ada dua macam proses seleksi yang diterapkan: administratif dan akademik. Seleksi administratif menjadi prasyarat mengikuti seleksi akademik.  Seleksi administratif dimaksudkan untuk memastikan bahwa seluruh kelengkapan dokumen yang dikirim yakni benar, orisinil dan lengkap.


Seleksi akademik dikategorikan ke dalam dua bab menurut kelompok sasarannya.


Pertama, pendaftar yang mempunyai minat prodi pada PTKI, seleksi dilaksanakan di kampus yang telah ditentukan (pendaftar mempunyai kebebasan untuk menentukan daerah tes pada ketika pendaftaran dan diperkenankan mengikuti tes hanya di daerah yang telah dipilihnya. Tes yang akan diikuti mencakup tes tulis (bahasa Arab, bahasa Inggris, tes potensi akademik) dan tes wawancara (proposal diserasi dan wawasan kebangsaan).


Kedua, pendaftar yang mempunyai minat prodi pada PTU, seleksi akademik baik materi, tempat, dan waktu sepenuhnya diserahkan kepada kampus daerah studi. Oleh alasannya yakni itu, sesudah mendaftar Beasiswa 5000 Doktor, calon harus mendaftarkan diri pada kampus (PTU yang dituju) dan mengikuti seleksi yang diadakan di kampus tersebut. Pendaftar yang dinyatakan lulus tes oleh kampus harus mengikuti tes selanjutnya, yaitu wawancara (wawasan keislaman dan kebangsaan) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Pendaftara boleh menentukan sendiri daerah tes pada ketika registrasi.







Cara mendaftar



  1. Pemohon menyiapkan berkas kelengkapan persyaratan untuk jenis kegiatan yang akan dilamar.

  2. Pemohon mendaftarkan diri sebagai calon penerima Program ke Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam secara online di sini.

  3. Ketentuan dan mekanisme pendaftaran mengikuti petunjuk teknis yang sudah disediakan di website tersebut.

  4. Khusus pemohon Beasiswa Program Doktor Dalam Negeri pada kampus PTU (negeri maupun swasta, kecuali yang Islamic studies) wajib mendaftarkan diri ke kampus PTU tujuan dengan memenuhi persyaratan pendaftaran yang ditetapkan oleh PTU masing-masing.

  5. Untuk melihat daftar perguruan tinggi dan kegiatan studi yang dapat dipilih, target beasiswa serta persyaratan khusus kedua jenis beasiswa tersebut, silahkan d0wnl0ad info lengkapnya di sini – PDF.


Sumber informasi beasiswa



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Program Beasiswa 5000 Doktor: Isu Pendaftaran"

Posting Komentar