Sejarah Bahasa Pemrograman Java

Pada awalnya Java merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan pada tahun 1995. Bahasa pemrograman tingkat tinggi Java bermula dari dari The Green Project. Proyek ini dimotori beberapa orang yakni Mike Sheridan, Patrick Naughton, James Gosling dan Bill Boy beserta sembilan programmer lainnya yang turut mendukung dari Sun Microsystems. Agar sanggup menjalankan proyek tersebut Sun awalnya berencana untuk menciptakan sebuah sistem operasi yang dibangun dengan memakai bahasa pemrograman C++. Akan tetapi salah satu personel yakni James Gosling merasa tidak puas dengan kinerja bahasa pemrograman C++ dan alhasil ia memutuskan untuk menciptakan bahasa pemrogramannya sendiri yang lalu diberi nama Oak. Nama Oak tersebut berasal dari nama satu jenis pohon yang terlihat dari jendela kantor James Gosling.
Bahasa pemrograman Oak dibentuk menurut pada syntax bahasa pemrograman C++, akan tetapi kelebihan dari bahasa pemrograman Oak lebih sederhana dibandingkan dengan bahasa pemrograman C++, lebih stabil dan lebih mendukung proses pemrograman jaringan network-programming. Satu hal lagi yang menjadi catatan ialah bahasa pemrograman Oak dirancang murni sebagai sebuah Object-Oriented Programming, bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Sedangkan hal paling menarik dari bahasa pemrograman Oak dirancang sebagai bahasa pemrograman yang tidak terikat hanya pada sebuah platform saja, melainkan cross-platform atau multi-platform. Pada ketika itu dunia internet memulai sejarah gres dengan berkembangnya World Wide Web, dengan browser yang memakai layanan GUI pertama yaitu Mosaic. Sun melihat adanya celah lain dalam dunia Web diamana bahasa pemrograman Oak yang bersifat multi-platform serta ditujukan untuk pemrograman interaktif dan terdistribusi sangat sesuai untuk kebutuhan dunia Web. Sun lalu mengakibatkan Mosaic sebagai landasan awal untuk menciptakan browser Java pertama yang lalu dinamai dengan Web Runner.
Dikarenakan nama bahasa pemrograman Oak sudah dipatenkan untuk sebuah nama produk perangkat sebelumnya, namanya lalu diganti, yakni dengan nama Java. Nama Java sendiri berasal dari jenis kopi murni yang digiling eksklusif yang mana merupakan minuman kesukaan dari James Gosling. Sehingga semenjak tahun 1995, Java lalu menjadi bahasa pemrograman standar di dunia internet.
Lihat juga mengenai agenda Java untuk konversi suhu dan menghitung luas belah ketupat.
Sumber http://lang8088.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sejarah Bahasa Pemrograman Java"

Posting Komentar