Audit Sumber Daya Insan : Definisi, Manfat, Tujuan Dan Ruang Lingkup Audit Sdm
Definisi Audit Sumber Daya insan (SDM)
Audit merupakan proses pengumpulan dan pengevaluasian materi bukti wacana informasi yang sanggup diukur mengenai suatu entitas ekonomi yang dilakukan seorang yang kompeten dan independen untuk sanggup memilih dan melaporkan kesesuaian informasi dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan (Arens, 1997, p. 1).
Sedang, audit SDM adalah investigasi kualitas acara Sumber Daya Manusia secara menyeluruh dalam suatu departemen, divisi atau perusahaan, dalam arti mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dengan menitikberatkan pada peningkatan atau perbaikan (Rivai, 2004, p. 548).
Menurut Gomez-Mejia (200 1 :28), audit sumber daya insan merupakan tinjauan terpola yang dilakukan oleh departemen sumber daya insan untuk mengukur efektifitas penggunaan sumber daya insan yang terdapat di dalam suatu perusahaan.
Selain itu, audit menawarkan suatu perspektif yang komprehensif terhadap praktik yang berlaku sekarang, sumber daya, dan kebijakan administrasi mengenai pengelolaan SDM serta menemukan peluang dan strategi untuk mengarahkan ulang peluang dan taktik tersebut. Intinya, melalui audit sanggup menemukan permasalahan dan memastikan kepatuhan terhadap banyak sekali peraturan perundangan-undangan dan rencana-rencana strategis perusahaan.
Audit SDM merupakan suatu metode penilaian untuk menjamin bahwa potensi SDM dikembangkan secara optimal (Rosari, 12 Mei 2008). Secara lebih terinci, audit SDM juga memberi feedback dan kesempatan untuk:
1. Mengevaluasi keefektifan banyak sekali fungsi SDM, yang meliputi: rekrutmen dan seleksi, pelatihan, dan penilaian kinerja.
2. Menganalisis bantuan fungsi SDM pada operasi bisnis perusahaan
3. Melakukan benchmarking acara SDM untuk mendorong perbaikan secara berkelanjutan
4. Mengidentifikasi banyak sekali persoalan taktik dan administratif implementasi fungsi SDM
5. Menganalisis kepuasan para pengguna pelayanan departemen SDM
6. Mengevaluasi ketaatan terhadap banyak sekali peraturan perundang-undangan, kebijakan dan regulasi pemerintah
7. Meningkatkan keterlibatan fungsi lini dalam implementasi fungsi SDM
8. Mengukur dan menganalisis biaya dan manfaat setiap agenda dan acara SDM
9. Memperbaiki kualitas staf SDM
10. Memfokuskan staf SDM pada banyak sekali informasi penting dan mempromosikan perubahan serta kreatifitas.
Manfaat Audit SDM
Menurut Rivai (2004, p. 567), audit SDM mengevaluasi aktifitas SDM yang dipakai dalam suatu perusahaan dan merupakan pengendalian kualitas keseluruhan yang mengevaluasi aktifitas SDM dalam suatu perusahaan. Manfaat dari audit SDM ini antara lain yaitu:
1. Mengidentifikasi kontribusi-kontribusi departemen SDM terhadap perusahaan
2. Meningkatkan gambaran profesional departemen SDM
3. Mendorong tanggungjawab dan profesionalisme yang lebih besar diantara karyawan departemen SDM
4. Memperjelas tugas-tugas dan tanggungjawab departemen SDM
5. Menstimulasi keragaman kebijakan dan praktik-praktik SDM
6. Menemukan masalah-masalah SDM yang kritis
7. Menyelesaikan keluhan-keluhan dengan berpedoman pada hukum yang berlaku
8. Mengurangi biaya-biaya SDM melalui mekanisme yang efektif
9. Meningkatkan kesediaan untuk mau mendapatkan perubahan yang dibutuhkan didalam departemen SDM.
Tujuan Audit SDM
Menurut Rivai (2004, p. 567), audit SDM bertujuan untuk:
1. Menilai efektifitas SDM
2. Mengenali aspek-aspek yang masih sanggup diperbaiki
3. Mempelajari aspek-aspek tersebut secara mendalam, dan
4. Menunjukkan kemungkinan perbaikan, serta menciptakan rekomendasi untuk pelaksanaan perbaikan tersebut.
Ruang Lingkup Audit SDM
Dalam pelaksanaan audit SDM untuk mendukung jalannya kegiatan-kegiatan SDM perlu dilakukan pembatasan terhadap aspek yang akan di audit. Secara garis besar, prospek audit SDM dilakukan terhadap fungsi SDM yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan SDM yang dimulai dari perencanaan SDM, perekrutan, penyeleksian, pelatihan, dan penilaian kinerja SDM (Handoko, 1997, p.226).
Sumber http://jurnal-sdm.blogspot.com
Audit merupakan proses pengumpulan dan pengevaluasian materi bukti wacana informasi yang sanggup diukur mengenai suatu entitas ekonomi yang dilakukan seorang yang kompeten dan independen untuk sanggup memilih dan melaporkan kesesuaian informasi dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan (Arens, 1997, p. 1).
Sedang, audit SDM adalah investigasi kualitas acara Sumber Daya Manusia secara menyeluruh dalam suatu departemen, divisi atau perusahaan, dalam arti mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dengan menitikberatkan pada peningkatan atau perbaikan (Rivai, 2004, p. 548).
Menurut Gomez-Mejia (200 1 :28), audit sumber daya insan merupakan tinjauan terpola yang dilakukan oleh departemen sumber daya insan untuk mengukur efektifitas penggunaan sumber daya insan yang terdapat di dalam suatu perusahaan.
Selain itu, audit menawarkan suatu perspektif yang komprehensif terhadap praktik yang berlaku sekarang, sumber daya, dan kebijakan administrasi mengenai pengelolaan SDM serta menemukan peluang dan strategi untuk mengarahkan ulang peluang dan taktik tersebut. Intinya, melalui audit sanggup menemukan permasalahan dan memastikan kepatuhan terhadap banyak sekali peraturan perundangan-undangan dan rencana-rencana strategis perusahaan.
Audit SDM merupakan suatu metode penilaian untuk menjamin bahwa potensi SDM dikembangkan secara optimal (Rosari, 12 Mei 2008). Secara lebih terinci, audit SDM juga memberi feedback dan kesempatan untuk:
1. Mengevaluasi keefektifan banyak sekali fungsi SDM, yang meliputi: rekrutmen dan seleksi, pelatihan, dan penilaian kinerja.
2. Menganalisis bantuan fungsi SDM pada operasi bisnis perusahaan
3. Melakukan benchmarking acara SDM untuk mendorong perbaikan secara berkelanjutan
4. Mengidentifikasi banyak sekali persoalan taktik dan administratif implementasi fungsi SDM
5. Menganalisis kepuasan para pengguna pelayanan departemen SDM
6. Mengevaluasi ketaatan terhadap banyak sekali peraturan perundang-undangan, kebijakan dan regulasi pemerintah
7. Meningkatkan keterlibatan fungsi lini dalam implementasi fungsi SDM
8. Mengukur dan menganalisis biaya dan manfaat setiap agenda dan acara SDM
9. Memperbaiki kualitas staf SDM
10. Memfokuskan staf SDM pada banyak sekali informasi penting dan mempromosikan perubahan serta kreatifitas.
Manfaat Audit SDM
Menurut Rivai (2004, p. 567), audit SDM mengevaluasi aktifitas SDM yang dipakai dalam suatu perusahaan dan merupakan pengendalian kualitas keseluruhan yang mengevaluasi aktifitas SDM dalam suatu perusahaan. Manfaat dari audit SDM ini antara lain yaitu:
1. Mengidentifikasi kontribusi-kontribusi departemen SDM terhadap perusahaan
2. Meningkatkan gambaran profesional departemen SDM
3. Mendorong tanggungjawab dan profesionalisme yang lebih besar diantara karyawan departemen SDM
4. Memperjelas tugas-tugas dan tanggungjawab departemen SDM
5. Menstimulasi keragaman kebijakan dan praktik-praktik SDM
6. Menemukan masalah-masalah SDM yang kritis
7. Menyelesaikan keluhan-keluhan dengan berpedoman pada hukum yang berlaku
8. Mengurangi biaya-biaya SDM melalui mekanisme yang efektif
9. Meningkatkan kesediaan untuk mau mendapatkan perubahan yang dibutuhkan didalam departemen SDM.
Tujuan Audit SDM
Menurut Rivai (2004, p. 567), audit SDM bertujuan untuk:
1. Menilai efektifitas SDM
2. Mengenali aspek-aspek yang masih sanggup diperbaiki
3. Mempelajari aspek-aspek tersebut secara mendalam, dan
4. Menunjukkan kemungkinan perbaikan, serta menciptakan rekomendasi untuk pelaksanaan perbaikan tersebut.
Ruang Lingkup Audit SDM
Dalam pelaksanaan audit SDM untuk mendukung jalannya kegiatan-kegiatan SDM perlu dilakukan pembatasan terhadap aspek yang akan di audit. Secara garis besar, prospek audit SDM dilakukan terhadap fungsi SDM yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan SDM yang dimulai dari perencanaan SDM, perekrutan, penyeleksian, pelatihan, dan penilaian kinerja SDM (Handoko, 1997, p.226).
Sumber http://jurnal-sdm.blogspot.com
0 Response to "Audit Sumber Daya Insan : Definisi, Manfat, Tujuan Dan Ruang Lingkup Audit Sdm"
Posting Komentar