Pendekatan Dalam Pengamatan Dan Analisis Internal : Analisis Pims, Analisis Rantai Nilai, Analisis Fungsional

a. Pendekatan PIMS (Profit Impact of Marketing Strategy).
Pendekatan yang diperkenalkan oleh General Electric (GE) ini mencoba untuk mencari tahu faktor-faktor strategis yang kuat terhadap besarnya ROI (return on Investment) dengan memakai model regresi. Model ini dikembangkan lebih lanjut oleh Harvard Busines Scholl, Marketing Science Institute dan Strategic Planning Insttitute. SPI mengemukan beberapa hal yang menghipnotis kekuatan dan kelemahan perusahaan yaitu :
1.Intensitas investasi.
2.Pangsa pasar.
3.Pertumbuhan pasar.
4.Daur kehudupan produk.
5.Rasio biaya pemasaran dan besarnya penjualan.
Jika mengacu pada hasil penelitian SPI ini tetntunya analisis internal lebih ditekankan pada variabel-variabel yang berkaitan dengan fakroe di atas.

b. Pendekatan Rantai Nilai (Value Chain)

Pendekatan rantai nilai pertama kali diperkenalkan oleh Michael Porter pada pertengahan dasawarsa 1980an dan semenjak itu dikenal oleh banyak orang. Pendekatan ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan fungsional, pendekatan ini juga mencoba melaksanakan proses disagregasi perusahaan. Untuk mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan, porter menyatakan bahwa setiap perusahaan harus dipandang sebagai sekumpulan kegiatan yang dilakukan untuk mendesain, memproduksi, memasarkan, menyampaikan, dan mendukung produknya.
Rantai nilai suatu perusahaan serta cara perusahaan menyelenggarakan setiap kegiatannya merupakan cerminan dari riwayat, seni manajemen dan rancangan perusahaan dalam mengimpletasikan strateginya, serta keadaan ekonomi yang melandasi kegiatan itu sendiri. Rantai nilai menggambarkan nilai melandasi kegiatan itu sendiri. Rantai nilai menggambarkan nilai total, dan terdiri dari acara nilai (value activities) dan marjin. Aktivitas nilai yaitu kegiatan fisik dan teknologi yang diselenggarakan perusahaan untuk membuat produk yang bernilai bagi pembelinya. Marjin yaitu selisi antara nilai total dengan biaya kolektif untuk menyelenggarakan acara nilai.
Aktivitas nilai sanggup dibagi ke dalam dua golongan besar,yaitu acara primer dan acara pendukung. Aktivitas primer (primary activities) merupakan acara yang bekerjasama dengan penciptaan fisik produk, penjualannya dan distribusinya kepada pembeli serta pelayanan purna jual. Logistik masuk, operasi, logistik keluar, pemasaran dan penjualan, serta pelayanan merupakan lima katagori acara primer. Sedangkan acara pendukung (support activities) merupakan acara yang memberi santunan yang perlu untuk acara primer. Yang termasuk kedalam acara pendukung yaitu infrastruktur perusahaan, manajemen sumber daya manusia, pengembangan teknologi, dan perawatan.

1) Analisis Rantai Nilai Industri (Value Chain Industry)
Menurut Solihin (2012,p147) Analisis rantai nilai industri mempunyai kegunaan untuk menilai apakah perusahaan ketika ini sudah pada jalur rantai nilai yang sempurna dalam suatu industri dibandingkan pesaingnya. Perusahaan ketika ini sangat sulit untuk berjalan secara individual dalam mendapatkan keunggulan kompetitif nya, melainkan harus bergabung pada rantai nilai dari perusahaan lainnya

2) Analisis Rantai Nilai Korporasi
Menurut Solihin (2012,p150) Analisis rantai nilai korporasi harus dilakukan apabila kemampuan sumber daya internal organisasi yang terdiri dari beberapa fungsi organisasi menyerupai fungsi pemasaran, keuangan, produksi, pengembangan serta fungsi lainnya yang ada dalam perusahaan.
Menurut Porter (1988), setiap korporasi mempunyai rantai nilai yang berbeda – beda. Porter membagi acara perusahaan yang mempunyai sumbangan terhadap pembentukan margin perusahaan ke dua kelompok kegiatan yaitu acara utama dan acara pendukung. 

a) Aktivitas Utama (Primary Activities)
  • Inbound Logistics (logistik ke dalam), dihubungkan dengan menerima,menyimpan, dan berbagi input-input ke produk. Termasuk di dalamnyapenanganan materi baku, gudang dan kontrol persediaan.
b) Operations (operasi), segala acara yang dibutuhkan untuk mengkonversi input-input yang disediakan oleh logistik masuk ke bentuk produk akhir. Termasuk di dalamnya permesinan, pengemasan, perakitan, dan pemeliharaan peralatan.
  • Outbound Logistik (logistik ke luar), aktivitas-aktivitas yang melibatkan pengumpulan, penyimpanan, dan pendistribusian secara fisik produk final kepada para pelanggan. Meliputi penyimpanan barang jadi di gudang, penanganan materi baku, dan pemrosesan pesanan.
  • Marketing and Sales (pemasaran dan penjualan), aktivitas-aktivitas yang diselesaikan untuk menyediakan sarana yang melaluinya para pelanggan sanggup membeli produk dan menghipnotis mereka untuk melakukannya. Untuk secara efektif memasarkan danmenjual produk, perusahaan mengembangkan iklan-iklan dan kampanye professional, menentukan jaringan distribusi yang tepat, dan memilih, mengembangkan, dan mendukung tenaga penjualan mereka.
  • Service (pelayanan), aktivitas-aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan atau memelihara nilai produk. Perusahaan terlibat dalam sejumlah acara yang berkaitan dengan jasa, termasuk instalasi, perbaikan, pelatihan, dan penyesuaian
a)      Aktivitas Pendukung (Support Activities)
·    Procurement (pembelian/pengadaan), aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk membeli input-input yang dibutuhkan untuk memperoduksi produk perusahaan. Input-input pembelian mencakup item-item yang semuanya dikonsumsi selama proses manufaktur produk.
·       Technology development (pengembangan teknologi), aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk memperbaiki produk dan proses yang dipakai perusahaan untuk memproduksinya. Pengembangan teknologi sanggup dilakukan dalam majemuk bentuk, contohnya peralatan proses, desain riset, dan pengembangan dasar, dan mekanisme pemberian servis.
·      Human resources management (manajemen sumber daya manusia), aktivitas-aktivitas yang melibatkan perekrutan, pelatihan, pengembangan, dan pemberian kompensasi kepada semua personel.
·        Firm infrastructure (infrastruktur perusahaan) atau general administration (administrasi umum), infrastruktur perusahaan mencakup aktivitas-aktivitas menyerupai general management, perencanaan, keuangan, akuntansi, hukum, dan korelasi pemerintah, yang dibutuhkan untuk mendukung kerja seluruh rantai nilai melalui infrastruktur ini, perusahaan berusaha dengan efektif dan konsisten mengidentifikasi peluang-peluang dan ancaman-ancaman, mengidentifikasi sumber daya dan  kapabilitas, dan mendukung kompetensi inti.
                                                          
b.      Analisis Fungsional
Pendekatan fungsional yaitu pendekatan yang sangat sederhana dan paling pertama kali dikenal dibanding pendekatan lainnya. Menurut pendekatan ini, profil perusahaan (kekuatan dan kelemahan) perusahaan sanggup dilihat pada banyak sekali fungsi bisnis yang ada menyerupai fungsi pemasaran, produksi/operasi, keuangan, sumber daya manusia, riset/pengembangan, sistem gosip dan budaya perusahaan. Dengan memperhatikan fungsi fungsi tersebut dibuatlah daftar variabel-variabel yang terdapat pada masing-masing fungsi yang merupakan variabel kunci bagi keunggulan fungsi tersebut dan juga keunggulan perusahaan  secara keseluruhan nantinya.
Pada prakteknya, analsis internal dengan pendekatan fungsional ini didapati penekanan-penekanan analisis pada variabel-variabel dan fungsi bisnis tertentu. Hal ini tidak sanggup dislahkan alasannya yaitu pada setiap jenis bisnis dan kondisi dibutuhkan Key Success Factor yang berbeda-beda. Beberapa hal yang membuat analsis menjadi tidak seimbang tersebut yaitu :
  • Jenis bisnis/industri.
  • Segmentasi pasar dan pasar sasaran.
  •  Tahap daur kehdupan produk dan industri.
  • Posisi perusahaan di pasar 
 



Sumber http://jurnal-sdm.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pendekatan Dalam Pengamatan Dan Analisis Internal : Analisis Pims, Analisis Rantai Nilai, Analisis Fungsional"

Posting Komentar