Pengertian Dan Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan



Masalah kesehatan yakni suatu problem yang sangat kompleks yang saling berkaitan dengan masalah-masalah lainnya diluar kesehatan itu sendiri. Demikian pula pemecahan problem kesehatan masyarakat tidak hanya dilihat dari segi kesehatannya sendiri, tetapi harus ditinjau dari seluruh segi yang ada pengaruhnya terhadap problem “sehat-sakit” atau kesehatan tersebut. Banyak faktor yang menghipnotis kesehatan, baik kesehatan individu maupun kesehatan masyarakat, untuk hal ini Hendrik L. Blum menggambarkan secara ringkas sebagai berikut :



Keempat faktor tersebut (keturunan, lingkungan, sikap dan pelayanan kesehatan) disamping besar lengan berkuasa secara eksklusif kepada kesehatan, juga saling besar lengan berkuasa satu sama lainnya. Status kesehatan akan tercapai secara optimal, bilamana keempat faktor tersebut secara gotong royong memiliki kondisi yang optimal pula. Salah satu faktor saja berada dalam keadaan yang terganggu (tidak optimal) maka status kesehatan akan bergeser kearah di bawah optimal.

Kesehatan lingkugan pada hakikatnya merupakan suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga besar lengan berkuasa kasatmata kepada terwujudnya status kesehatan yang optimum pula. Ruang lingkup kesehatan lingkungan tersebut antara lain meliputi : perumahan, pembuangan kotoran insan (tinja), penyediaan air bersih, pembuangan sampah, pembuangan air kotor (air limbah), rumah binatang ternak (kandang) dan sebagainya. Adapun yang dimaksud dengan perjuangan kesehatan lingkungan yakni suatu perjuangan untuk memperbaiki atau mengoptimalkan lingkungan hidup insan supaya merupakan media yang baik untuk terwujudnya kesehatan yang optimal bagi insan yang hidup di dalamnya.

Usaha memperbaiki atau meningkatkan kondisi lingkungan ini dari masa ke masa dan dari masyarakat yang satu ke masyarakat yang lain bervariasi dan bertingkat-tingkat, dari yang paling sederhana (primitif) hingga kepada yang paling mutakhir (modern).

Dengan perkataan lain bahwa teknologi di bidang kesehatan lingkungan sangat bervariasi, dari teknologi primitif, teknologi menengah (teknologi sempurna guna) hingga dengan teknologi modern.


Sumber :

Soekidjo Notoadmodjo, (1997), Ilmu Kesehatan Masyarakat, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Sumber http://rimantho.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Dan Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan"

Posting Komentar