Soal Uas Pmkr Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester 2



SOAL UAS Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester  SOAL UAS PMKR Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester 2
Soal UAS PMKR dan Jawaban
1. Sebutkan bagian-bagian utama sistem pengaliran bensin beserta fungsinya!
2. Jelaskan bagaimana bensin bisa tersemprot pada karburator!
3. Jelaskan fungsi venturi pada karburator!
4. Sebutkan alat pencampur materi bakar dan udara yang ada pada motor bensin!
5. Sebutkan macam–macam karburator ditinjau dari: a. Arah pedoman gas b. Pembukaan katup gas
6. Sebutkan macam-macam venturi yang ada pada karburator!
7. Apa fungsi lubang udara pada sistem utama?
8. Apa fungsi separator pada tangki materi bakar?
9. Apa laba ventilasi tangki  dengan katup?
10. Jelaskan fungsi ventilasi tangki!
11. Sebutkan macam – macam saringan bensin ditinjau dari elemennya!
12. Ada berapa macam pompa bensin yang anda ketahui? Sebutkan!
13. Pada dikala di ruang pelampung penuh, bagaimana dengan pompa bensin mekanik sedangkan mesin masih tetap hidup!
14. Jelaskan fungsi pelampung!
15. Apa jadinya jikalau pelampung terlalu tinggi? Jelaskan!
16. Jelaskan fungsi ventilasi ruang pelampung dan sebutkan macam – macamnya!
17. Apa laba – kerugian ventilasi ruang pelampung intern?
18.  Apa fungsi sistem idle pada karburator?
19. Jelaskan fungsi sistem perpindahan pada karburator?
20. Jelaskan fungsi lubang udara untuk idle!
21. Jelaskan fungsi:
a. Solenoid
b. Katup thermostatik
22.  Jelaskan kegunaan emosion control!
23.  Apa fungsi koreksi udara pada karburator?
24.  Lengkapi gambar di bawah ini!
SOAL UAS Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester  SOAL UAS PMKR Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester 2 
25.  Apa fungsi katup pengaya?
26. Apabila motor tersendat waktu mendahului kendaraan lain, apa penyebab tersendat tersebut jelaskan!
27. Apa kegunaan katup cuk pada karburator?
28. Sebutkan laba karburator bertingkat dibanding dengan karburator  tunggal.
29. Apa kegunaan karburator bertingkat ?
30. Sebutkan laba karburator vakum konstan.
31. Sebutkan kerugian karburator vakum konstan.
32. Mengapa karburator speda motor pada umumnya hanya dipakai pada mesin-mesin kecil saja ?  Jelaskan !
JAWABAN
1. - Tangki materi bakar sebagai daerah persediaan bensin
- Pompa materi bakar untuk memindahkan materi bakar dari tangki ke alat pencampur (karburator)
 - Saringan bensin tuntuk menyaring kotoran bensin
 - Katup pengembali untuk mengembalikan bensin jikalau terjadi tekanan lebih
- Alat pencampur untuk mencampur materi bakar dan udara sesuai kebutuhan motor
2. Bensin sanggup tersemprot lantaran pedoman udara yang cepat dimana pedoman udara yang cepat tekanan turun sehingga tekanan ujung nosel lebih kecil dibanding tekanan di ruang pelampung
3. Untuk mempercepat pedoman udara sehingga tekanan turun lebih besar
4. Karburator dan injeksi
a.            Arus turun, arus naik, arus datar
b.            Karburator ganda, bertingat, dan ganda bertingkat
6. Venturi tetap, venturi tetap dengan venturi sekunder dan venturi variabel
7. Agar adonan udara dan bensin lebih homogeny
8. Untuk mencegah pompa supaya tidak mengisap udara pada dikala kendaraan beroda empat terjadi goncangan.
9. Agar tekanan dalam tangki selalu sama dengan tekanan udara luar pada dikala terjadi pengurangan atau penambahan volume.
10. Tidak terjadi kebocoran pada dikala kendaraan beroda empat miring sekali akan terbalik.
11. Kasa kawat, kertas dan kasa plastik
12. Ada 2, yaitu: pompa bensin mekanik dan pompa bensin listrik
13. Karena pegas penekan tidak bisa menekan membran melawan tekanan di ruang pelampung maka tuas pompa hanya bergerak di antara celah yang ada pada batang penarik.
14. Untuk menjaga supaya permukaan bensin di ruang pelampung tetap konstan.
15. Jika terlalu tinggi belum hingga banjir maka akan terjadi adonan terlalu kaya, polusi gas buang tinggi dan pemakaian materi bakar boros tetapi jikalau hingga banjir maka mesin tidak bisa hidup.

16. Untuk menjaga supaya tekanan di ruang pelampung supaya konstan Macam – macamnya:
a.            Ventilasi intern
b.            Ventilasi ekstern
c.             Ventilasi automatis
17.
             Keuntungan: Kondisi saringan udara tidak mempengaruhi perbandingan adonan
             Tidak timbul polusi
             Kerugian: Pada dikala di ruang mesin panas terjadi adonan kaya dan motor sulit dihidupkan pada awal start

18. Agar motor bisa hidup pada dikala katup gas hampir tertutup
19. Untuk menghindari adonan terlalu keras pada dikala katup gas mulai dibuka sedikit dari posisi idle
20. Untuk membentuk adonan awal dan untuk menghindari banjir pada dikala motor dimatikan
21. - Solenoid : Untuk menutup terusan idle pada dikala kunci kontak  dimatikan
- Katup thermostatic : Untuk memberi embel-embel udara pada dikala temperatur di ruang mesin panas
22. Untuk menghindari masuknya materi bakar ke silinder pada dikala katup gas tertutup putaran tinggi (jalan turun)
23. Untuk mengurangi pedoman materi bakar pada dikala putaran tinggi
24. Menyebutkan laba – kerugian karburator sepeda motor
SOAL UAS Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester  SOAL UAS PMKR Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester 2

25. Untuk menambah materi bakar pada dikala katup gas terbuka penuh putaran rendah supaya diperoleh tenaga yang besar
26. Disebabkan lantaran pompa percepatan dikala penyemprotannya terambat atau volume penyemprotannya kurang
27. Untuk memperkaya adonan materi bakar pada dikala motor hirau taacuh supaya motor dihidupkan
28. Karburator bertingkat pengabutannya lebih baik, pemakaian materi bakarnya lebih efisien (hemat).
29. Menghubungkan laba venturi diameter kecil pada beban rendah dengan venturi diameter besar pada beban tinggi.
30. Pengabutan bensin tetap baik pada semua keadaan motor -> homogenitas adonan lebih baik. Karena hanya ada satu sirkuit maka pergantian proses kerja dari idel hingga beban penuh lebih halus -> perbandingan adonan selalu teratur.
31. Harga lebih mahal. Kesalahan penyetelan idel sekaligus mempengaruhi perbandingan   campuran pada beban menengah s/d beban penuh (pada karburator yang  penyetelannya merubah posisi nosel / jarum).
Keausan jarum &nosel mempengaruhi perbandingan campuran.
32. Karena karburator speda motor hanya mempunyai sistem cuk, idel, dan utama saja sehingga kurang efisien jikalau dipakai pada mesin-mesin kendaraan ibarat mobil, bus/truk.

Demikianlah SOAL UAS Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester 2 Lengkap dengan Jawabannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga :


Sumber http://administrasingajar.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Soal Uas Pmkr Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester 2"

Posting Komentar