Definisi Lengkap Lumut Daun

Lumut daun juga disebut lumut sejati. Bentuk tubuhnya berupa flora kecil dengan kepingan ibarat akar (rizoid), batang dan daun. Reproduksi vegetatif dengan membentuk kuncup pada cabang-cabang batang. Kuncup akan membentuk lumut baru. 

a. Manfa'at 
lumut ini dipercaya dapat digunakan sebagai materi obat, meski masih diharapkan penelitian lebih lanjut, termasuk uji klinis. Secara tradisional lumut dari marga Usnea digunakan untuk obat diare atau sakit perut dengan cara direbus.. Sementara dari marga lumut spagnum dikenal sebagai obat penyakit kulit dan mata.
















b. ciri-ciri yang dimilik lumut daun yaitu: 
fase dominannya ialah fase gametofit 
Akarnya belum berupa akar, masih berupa rhizoid 
reproduksi vegetatif dengan spora, generatif dengan arkegonium yang menghasilkan ovum dan anteridium yang menghasilkan sperm. 
Mempunyai struktur spt akar (rizoid) dan struktur spt daun. 
Sporofit pd umumnya lebih kecil, berumur pendek, dan hidup tergantung pada gametofit. 

tubuhnya memiliki struktur yg ibarat batang, daun, dan akar, ttpi tdk memiliki sel/jaringan dan fungsi spt pada flora tingkat tinggi 
gametofit dibedakan dgn 2 tingkatan, yaitu protonema yg berbntk benang dan gametofora yg berupa flora lumut  sporofitnya terdiri dari kepingan seta, apofiksis, kapsul, gigi peristom, dan kaliptra spora terdiri 2 lapisan, yaitu endospora dan eksospora, habitatnya pada daerah lembab


Sumber http://paschip.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Definisi Lengkap Lumut Daun"

Posting Komentar