Porifera Atau Binatang Berpori (Umum)

    
      Porifera (Latin:"berpori") atau Spons adalah organisme multiseluler, yang mempunyai banyak pori sehingga air sanggup melewatinya. Tubuh mereka terdiri dari mesohil yang diapit dua lapisan tipis sel. Spons mempunyai sel yang tak terspesialisasi (tdk mempunyai kiprah khusus) dan sanggup berkembang menjadi tipe sel lain serta sanggup berpindah antara lapisan sel utama dan mesohil. Spons tidak mempunyai sistem saraf, pencernaan maupun sistem peredaran darah. Sebaliknya, sebagian besar mengandalkan anutan air melalui pori-pori badan mereka untuk mendapat kuliner dan oksigen dan untuk membuang limbah.
      spons termasuk kelompok binatang alasannya yaitu multiseluler, heterotrof, tidak punya dinding sel, dan menghasilkan sel sperma. Tapi, tidak menyerupai binatang lainnya mereka tidak punya jaringan dan organ, serta tidak punya kesimetrisan tubuh. Mereka menyesuaikan diri dengan bentuk badan yang memungkinkan air masuk lewat pori-pori dan zat kuliner mengendap, kemudian air keluar bersama limbah lewat oskulum di bab atas menyerupai cerobong asap. Spons mempunyai rangka dalam dari spongin atau spikula. Semua spons yaitu makhluk air yang tidak berpindah tempat (sesil). Kebanyakan spons yaitu spesies air laut, dari zona pasang surut hingga kedalaman 8000 m, ada juga yang tinggal di air tawar.
      Kebanyakan spons memakan kuman dan partikel kuliner yang masuk bersama air lewat pori-pori mereka, ada juga yang berafiliasi dengan mikroorganisme yang sanggup berfotosintesis untuk mendapat makanan, sisanya yang tinggal di kawasan miskin kuliner menyesuaikan diri menjadi karnivora dan memakan krustasea kecil.
      Porifera bereproduksi secara secual atau asecual, spesies yang bereproduksi secara secual mengeluarkan sel sperma ke air dan bertemu sel telur (ada yang dilepas ke air dan ada yang tetap di badan "ibu"). Telur yang berfertilisasi berenang mencari tempat untuk menempel, dan tumbuh menjadi individu baru. Spons sanggup beregenerasi dari bab yang terpotong, apabila bab tersebut punya sel yang tepat. Sedangkan yang bereproduksi secara asecual memakai tiga cara, yaitu: Tunas, Gemula, dan fragmentasi.


     Tunas pada hydra juga dilakukan oleh porifera atau spons.
Sumber http://kurakuralansia.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Porifera Atau Binatang Berpori (Umum)"

Posting Komentar