Tips Mengatasi Laptop Yang Tersiram Air

Coba bayangkan skenario ini, spAcer. Deadline pekerjaan sudah semakin dekat, sehingga kau pun harus begadang menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop. Agar tidak mengantuk, kau menciptakan secangkir kopi dan meletakkannya di samping laptop kamu. Namun, sebab tingkat fokus mulai berkurang, kau tanpa sengaja justru menyenggol cangkir kopi dan isinya tumpah mengenai laptop.


Rasa kantuk mendadak hilang seiring dengan kedua mata yang melotot memperhatikan kondisi laptop. Tenang, spAcer. Jangan panik! Justru dalam keadaan menyerupai ini, kau dituntut untuk tanggap dan segera lakukan agresi evakuasi dengan menerapkan cara-cara berikut ini.


Baca juga: Pawbo, Perangkat Menyenangkan untuk Hewan Peliharan kamu!


Cabut Kabel Laptop dan Lepas Baterainya


Begitu laptop kau terkena cairan, segera simpan semua dokumen yang sedang kau kerjakan dan cabut kabel laptop dari colokan listrik. Jangan lupa untuk melepas baterainya pula, spAcer. Setiap detik begitu berharga sebab cairan yang tumpah tersebut akan perlahan menyusup lebih dalam ke komponen-komponen laptop. Jika kau tak segera melepas kabel dan baterai, risiko kerusakan bisa bertambah parah.


Selain kabel laptop dan baterai, kau juga harus mencabut seluruh komponen eksternal menyerupai flash disk, hard disk, SD card, dan lain sebagainya. Selagi mencabut, pastikan setiap komponen tidak ada yang terkena air. Apabila ada yang ikut basah, segera keringkan memakai kain bertekstur lembut.


 sehingga kau pun harus begadang menghabiskan waktu berjam Tips Mengatasi Laptop yang Tersiram Air


Buka Laptop Selebar Mungkin, Letakkan pada Posisi Menghadap Bawah


Setelah memastikan bahwa laptop tak lagi terhubung pada listrik dan setiap komponen eksternal sudah dilepas, siapkan selembar handuk untuk disimpan di atas lantai yang kering. Di atas handuk tersebut, buka laptop kau selebar mungkin. Lalu, letakkan dalam posisi layar dan keyboard menghadap ke bawah sehingga terlihat menyerupai membentuk sebuah tenda. Diamkan laptop dalam posisi menyerupai itu selama beberapa jam. Langkah ini bertujuan untuk membawa cairan yang menyusup ke dalam laptop semoga bisa keluar.


 sehingga kau pun harus begadang menghabiskan waktu berjam Tips Mengatasi Laptop yang Tersiram Air


Bersihkan Segala Cairan yang Terlihat


Masih dalam posisi laptop menghadap ke bawah, bersihkan perangkat tersebut dari segala cairan yang muncul di pecahan permukaan. Untuk melaksanakan hal ini, kau bisa memakai tisu toilet, spAcer. Tisu toilet mempunyai ukuran yang tipis dan kemampuan serap yang cukup tinggi sehingga bisa mengeringkan secara cepat. Kamu juga bisa memakai cotton bud untuk membersihkan banyak sekali area laptop yang agak susah dijangkau menyerupai sela-sela keyboard.


 sehingga kau pun harus begadang menghabiskan waktu berjam Tips Mengatasi Laptop yang Tersiram Air


Jika Airnya Banyak, Lepaskan Keyboard


Bagaimana jikalau laptop kau terkena air dalam jumlah banyak dan kondisinya cukup parah? Jika ini yang terjadi, kau disarankan untuk melepas keyboard dari bodi laptop, spAcer. Lalu, jemur keyboard tersebut dalam posisi terbalik di area kering.


Apabila cairan yang tumpah mengenai laptop berupa kopi, sirup, atau minuman lain yang bersifat lengket, segera bersihkan keyboard dengan cotton bud atau kuas yang telah diberi sedikit air. Kamu juga harus menekan setiap tombol pada keyboard untuk menghindari adanya uap yang tertinggal sebab hal ini bisa mengakibatkan keyboard lengket dan jikalau dibiarkan, akan menciptakan keyboard laptop kau error.


 sehingga kau pun harus begadang menghabiskan waktu berjam Tips Mengatasi Laptop yang Tersiram Air


Baca juga: Promo Acer Day Masih Bisa Kamu Nikmati di Berbagai Online Store


Lepaskan Hardware yang Kamu Bisa


Jika memungkinkan, lepaskan banyak sekali komponen hardware dari laptop kamu, menyerupai RAM dan hard drive, lalu bersihkan satu per satu dari cairan yang mengenainya. Gunakan kain bertekstur lembut untuk membersihkannya dan lakukan secara perlahan. Kamu bisa melihat tutorial cara melepas hardware dari Google atau YouTube. Namun, apabila kau merasa kurang bisa untuk melakukannya sendiri, sebaiknya mintalah sumbangan pada jasa servis laptop.


 sehingga kau pun harus begadang menghabiskan waktu berjam Tips Mengatasi Laptop yang Tersiram Air


Setelah melaksanakan seluruh langkah di atas, sekarang saatnya kau membiarkan laptopmu “beristirahat” setidaknya selama seharian penuh. Letakkan di daerah yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Ingat, spAcer, jangan pernah memakai hairdryer untuk mengeringkan laptop kau sebab bisa merusak komponen internal. Semoga laptopmu bisa segera pulih!


Baca juga: Memahami Tren Laptop Tipis di Industri Gadget



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Mengatasi Laptop Yang Tersiram Air"

Posting Komentar