Ordo Atau Bangsa

     Ordo atau bangsa (Bahasa Latinordo, jamak ordinesbahasa Inggrisorder) yaitu suatu tingkat atau takson antarakelas dan familia. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh ahli botani Jerman Augustus Quirinus Rivinus dalam penjabaran tumbuhannya. Carolus Linnaeus merupakan orang pertama yang secara konsisten menerapkannya dalam penjabaran tigakerajaan besar: mineralhewan, dan tumbuhandan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
>Karnivora
>Herbivora
>Omnivora
>Insectivora

      Karnivora berarti 'pemakan daging' (Latincaro berarti 'daging' dan vorare berarti 'memakan') adalah makhluk hidup yang memperoleh energi dan nutrisi yang diharapkan dari kuliner berupa jaringan hewan, baik sebagai pemangsa maupun pebangkai. Hewan-hewan yang hanya bergantung pada daging binatang untuk nutrisinya disebut karnivor obligat dan hewan-hewan yang juga mengonsumsi kuliner nonhewan disebut karnivor fakultatif. Omnivor juga mengonsumsi kuliner binatang dan nonhewan, dan terlepas dari definisi yang lebih umum, tidak ada batasan rasio antara bahan kuliner dari tumbuhan dan binatang yang sanggup membedakan karnivor fakultatif dari omnivor. Karnivor yang menduduki puncak rantai makanan disebut predator tingkat tinggi.
      contoh: Singa, Serigala, Harimau.
 

      Herbivora dalam zoologi adalah hewan yang hanya makan tumbuhan dan tidak memakan dagingManusia bukanlah herbivor. Akan tetapi, orang yang menentukan untuk tidak memakan daging disebut nabatiwan. Dalam praktiknya, banyak lataboga memakan telur dan adakala memakan protein binatang lainnya. Dalam pengertian singkat, Herbivor yaitu organisme yang memakan tumbuhan atau protein dari tumbuhan (Pemakan Tumbuhan). 
      contoh:Tupai, Sapi, Kerbau, Bison


       Omnivora (dari bahasa Latinomne = semua/semuanya; vorare = melahap) yaitu spesies yang memakan tumbuhan dan hewansebagai sumber makanan pokoknya. Babi adalah pola omnivor yang dikenal secara luas. Burung gagak adalah pola lain dari omnivor yang dilihat orang setiap hari. Manusia juga merupakan makhluk omnivor.
      contoh:Kera, Orang utan, Manusia


      Insektivora (dari bahasa Latinin sectum "serangga" dan vorare "makan") yaitu sebutan untuk organisme yang makanannya adalah serangga dan binatang kecil lainnya. Binatang yang dimaksud bekerjsama bukan binatang besar tetapi serangga menyerupai lalat, semut, laba-laba, sampai anak kodok. Sedangkan tumbuhan yang dimaksud adalah Kantong semar (Nephantes sp.), Venus Fly Trap (Dionaea muscipula), Punggu Api (Drosera burmannii), dan Sarasenia (Saraccenia sp.) yang disebut juga tumbuhan insektivor.
      contoh:Bunglon, Venus fly trap.
.  

Sekian Terima Kasih.
Sumber http://kurakuralansia.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ordo Atau Bangsa"

Posting Komentar