Kelebihan Lensa Kit

1. kelebihan Lensa Kit: Memiliki 4 Panjang Focal Klasik Dalam 1 Lensa

Meski tampangnya culun, sebuah lensa kit mempunyai 4 panjang focal klasik, dengan kata lain sebuah lensa kit bisa menggantikan empat lensa prime/fixed sekaligus. Empat panjang focal klasik tadi adalah: 28mm (wide-angle), 35mm (medium wide), 50mm (normal) dan 85mm (portrait).
Angka focal length di atas yaitu angka untuk kamera full frame, panjang focal ekuivalen untuk kamera APSC yaitu masing-masing: 18mm, 23mm, 35mm dan 56mm.
Dan ketika ini secara umum dikuasai lensa kit untuk kamera APSC yang dijual mempunyai rentang 18–55mm. Pilihan lain yaitu lensa kit dengan rentang dari lebar hingga mendekati medium tele: 18–105mm atau 18–135mm. Demikian juga ketika anda membeli kamera full frame, lensa kit yang paling sering di tawarkan yaitu 24–105mm.
Memang lensa kit tidak akan mengatakan bukaan yang dahsyat, paling besar di angka f/3.5, namun setidaknya anda memperoleh fungsi dasar empat lensa (atau lebih) dalam satu lensa kit.

2. kelebihan Lensa Kit: Kecil Dan Ringan


Lensa kit yang paling sering di jual satu paket dengan kamera APSC yaitu lensa 18–55mm. Lensa ini memang tampak polos, namun perlu diingat bahwa beliau juga sangat enteng dan mungil.
Sebagai contoh, lensa kit Canon 18–55 f/3.5–5.6 IS STM hanya berbobot 200 gram dan panjang maksimal hanya 6 cm.
Sementara lensa sejenis dengan spesifikasi semi pro, Canon 17–55mm f/2.8 IS USM berbobot 650 gram dan panjang maksimal 11 cm. Hampir 2 kali lebih panjang dan 3 kali lebih berat.
Sama juga untuk Nikon. Lensa kit Nikon 18–55mm f/3.5–5.6 mempunyai bobot 195 gram dan panjang maksimal 6cm. Bandingkan dengan Nikon 17–55mm f/2.8G DX yang bobotnya 755 gram dan panjang maksimal 11cm.
Kalau ada berjalan jauh atau akan melaksanakan perjalanan wisata, bobot dan ukuran ini akan sangat disyukuri.

3. kelebihan Lensa Kit: Filter Lebih Murah


Filter lensa masih tetap berguna, meski kita hidup di masa digital. Dan untuk filter berlaku aturan ini: makin besar diameter filter harganya semakin mahal.
Lensa kit dasar menyerupai yang kita sebut di atas mempunyai ukuran fisik yang kecil, otomatis membutuhkan ukuran filter yang lebih kecil pula.
Filter Kenko Pro–1 CPL (circular polarizer) yang berkhasiat untuk memangkas refleksi ketika kita memotret permukaan mengkilap (air, beling dll) yang berukuran 77mm (lensa pro) harganya bisa diatas Rp. 1 Juta. Bandingkan dengan filter yang sama untuk lensa kit (diameter 58mm), harganya tidak hingga Rp. 700 ribu.

4. kelebihan Lensa Kit: Memiliki Minimum Focusing Distance yang bagus


Minimum Focusing Disctance, speerti diulas dalam artikel ini adalah ukuran kemampuan lensa memotret objek yang jaraknya dekat. Kita memang tidak berharap bisa menyamai kemampuan lensa makro, namun lensa kit secara mengejutkan mempunyai MFD lebih anggun dibandingkan dengan lensa yang lebih mahal.
Kedua lensa di atas (18–55mm f/3.5–5.6 baik milik Canon maupun Nikon) mempunyai kemampuan fokus jarak bersahabat yang lebih baik dibandingkan lensa 17–55mm f/2.8 yang jauh lebih mahal.

5. kelebihan Lensa Kit: Hanya Membeli Yang Kita Butuhkan

Ada sebuah ungkapan yang sangat berarti dalam fotografi (dan juga bidang lain): ketika kita gundah harus membeli apa, berarti kita tidak/belum butuh. Saat anda sudah memakai lensa kit dalam jangka waktu yang cukup, anda akan cukup tahu seluk beluk fotografi. Anda juga makin tahu selera langsung dalam fotografi.
Saat anda tahu bahwa selera dan passion anda yaitu foto pemandangan dan anda sudah “tumbuh” melebihi kemampuan lensa kit tadi, belilah lensa khusus pemandangan: 10–22mm atau 12–24mm.

6. kelebihan Lensa Kit: Murah Belum tentu Jelek


Kalau anda berguru ekonomi di sekolah, sedikit banyak tahulah dengan economies of scale. Nah, lensa kit bisa dijual sangat murah alasannya yaitu produsen memproduksi lensa kit dalam jumlah yang sangat banyak sehingga biaya produksi yang bisa ditekan dan hasilnya ongkos pembuatan-nya murah.
Anda juga tahu kenapa lensa Canon 600mm f/4 L bisa dijual dengan harga Rp. 135 Juta? selain membutuhkan material yang lebih banyak dan lebih baik, juga alasannya yaitu lensa ini dibentuk dalam jumlah yang sangat sedikit sehingga ongkos produksinya besar.
Secara optik, lensa kita sudah sangat cukup di pakai untuk berguru fotografi hingga anda merasa mentok dan memeras seluruh potensinya gres lalu melakukan upgrade.

7. kelebihan Lensa Kit: Penghematan Bisa Dipakai Membeli Yang Lain

Semua toko menjual lensa kit dengan harga yang sangat murah ketika kita membelinya bersama kamera.
Sebagai ilustrasi, ketika ini jikalau kita membeli Nikon D3200 + lensa kit 18–55mm, total pembelian keduanya yaitu Rp. 5 Juta. Padahal ketika kita membeli kamera Nikon D3200 (body only) harganya sudah Rp. 4,5 Juta. jadi lens kit “hanya” dihargai Rp.500 ribu. Padahal ketika membeli 18–55 secara terpisah, lensa ini harganya Rp. 1,7 Juta.
Jadi ketika membeli D3200+ Kit 18–55mm , anda bisa berhemat Rp. 1,2 Juta, yang bisa anda simpan atau belanjakan untuk membeli aksesori fotografi lainnya

Sumber http://kurakuralansia.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kelebihan Lensa Kit"

Posting Komentar