√ Cabang Cabang Sosiologi




Versi materi oleh Bondet Wrahatnala


Sosiologi yang berkembang dalam masyarakat mempunyai beberapa cabang yang diubahsuaikan dengan bidang keilmuannya. Berikut ini kita akan membahas beberapa cabang sosiologi.


1. Sosiologi Pendidikan

Sosiologi pendidikan ialah cabang sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Masalah-masalah itu muncul sebagai akhir perubahan zaman, ibarat perubahan masyarakat dari pertanian menuju ke masyarakat industri. Perubahan itu menuntut dibuatnya banyak sekali sarana pendidikan, ibarat gedung sekolah, buku-buku pelajaran, dan akomodasi lainnya. Hal itu mengingat pentingnya pendidikan dalam dunia industri.

Sosiologi pendidikan mencoba mengkaji kekerabatan antara fenomena yang terjadi dalam masyarakat dengan pendidikan. Materi yang dikaji antara lain peranan forum pendidikan dalam proses sosialisasi, peranan pendidikan dalam perubahan masyarakat dan lingkungan pendidikan itu sendiri, serta peranan pendidikan sebagai pranata sosial.


2. Sosiologi Agama

Sosiologi agama mempelajari kekerabatan antara fenomena yang terjadi dalam masyarakat dengan agama. Dalam sosiologi agama dipelajari beberapa materi yang mencakup sikap insan yang bekerjasama dengan iktikad yang dipeluknya, peranan agama sebagai pranata sosial, peranan agama dalam perubahan masyarakat, dan peranan agama sebagai distributor pengendalian sosial.


3. Sosiologi Hukum

Sosiologi aturan mempelajari kaitan antara fenomena yang terjadi dalam masyarakat dengan hukum. Materi yang dipelajari antara lain sikap masyarakat dalam hubungannya dengan aturan yang berlaku, peranan aturan dalam masyarakat, dan lembaga-lembaga yang berkaitan dengan aturan yang ada dalam masyarakat.


4. Sosiologi Keluarga

Sosiologi keluarga membahas kegiatan atau interaksi antara fenomena yang terjadi dalam masyarakat dengan keluarga. Hal yang dipelajari dalam sosiologi keluarga antara lain peranan keluarga dalam masyarakat, peranan keluarga dalam perubahan sosial, dan beberapa bentuk keluarga yang ada dalam masyarakat.


5. Sosiologi Industri

Pada hakikatnya sosiologi industri lebih menekankan pada perkembangan industri seiring dengan perkembangan masyarakat. Hal ini mengingat antara industri dan masyarakat mempunyai kekerabatan yang erat, alasannya ialah adanya industri akan mengakibatkan banyak sekali perubahan sosial dalam masyarakat. Misalnya dengan adanya industri, mata pencaharian hidup masyarakat berubah, dari sektor agraris menjadi sektor industry dengan bekerja sebagai buruh pabrik.

Sosiologi industri mengkaji kekerabatan antara fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat dengan kegiatan industri. Beberapa materi yang dipelajari antara lain peranan industri dalam perubahan sosial, acara yang bekerjasama dengan kegiatan pokok ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi), serta kekerabatan industri dengan banyak sekali struktur yang ada dalam masyarakat.


6. Sosiologi Pembangunan

Cabang sosiologi ini mengkaji masyarakat dan segala contoh aktivitasnya di alam pembangunan. Sosiologi menghendaki pembangunan yang dilaksanakan di masyarakat tidak hanya mengejar aspek materiilnya saja, melainkan juga memerhatikan masyarakat yang ada di sekitarnya. Beberapa materi yang dipelajari dalam sosiologi pembangunan antara lain efek pembangunan dalam perubahan sosial, peranan pembangunan dalam kehidupan masyarakat, dan peranan pembangunan terhadap perekonomian masyarakat.


7. Sosiologi Politik

Sosiologi politik mempelajari perihal fenomena politik dengan mengaitkan variabel sosial dan variabel politik dalam wujud saling keterkaitan antara struktur sosial dan forum politik atau antara masyarakat dan negara. Dengan demikian sosiologi politik bertujuan mengkaji kekerabatan antara fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat dengan kegiatan-kegiatan politik. Ruang lingkup kajian sosiologi politik antara lain sikap politik, forum politik, dan peranan politik dalam masyarakat.


8. Sosiologi Pedesaan

Cabang sosiologi ini mempelajari masyarakat pedesaan dan segala contoh interaksi yang dilakukannya sesuai dengan lingkungan daerah tinggalnya. Materi yang dipelajari dalam sosiologi pedesaan antara lain mata pencaharian hidup, contoh hubungan, contoh pemikiran, serta sikap dan sifat masyarakat pedesaan dalam kehidupan sehari-hari.


9. Sosiologi Perkotaan

Sosiologi perkotaan mempelajari masyarakat perkotaan dan segala contoh interaksi yang dilakukannya sesuai dengan lingkungan daerah tinggalnya. Materi yang dipelajari antara lain mata pencaharian hidup, contoh kekerabatan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, dan contoh pikir dalam menyikapi suatu
permasalahan.


10. Sosiologi Kesehatan

Sosiologi kesehatan bertujuan mengkaji cara penerapan banyak sekali teori sosiologi dalam menganalisis masalah-masalah yang bekerjasama dengan kesehatan. Cabang sosiologi ini berusaha untuk mengkaji sikap sakit, sikap sehat, tugas sehat, dan tugas sakit para anggota masyarakat.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Cabang Cabang Sosiologi"

Posting Komentar