✔ Mencar Ilmu Html Dasar (3) : Mengenal Tag, Elemen Dan Atribut

HTML sekali lagi saya katakan bukan bahasa pemprograman, namun  bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman. Karena merupakan bahasa struktur, itu berarti HTML mempunyai pola dan susunan yang baku. Susunan ini disebut sebagai Tag, Elemen dan Atribut.

Secara umum, struktur dasar HTML berbentuk menyerupai ini :

<html>
<head>
<title>Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
        Isi Dokumen
</body>
</html>

Dari struktur yang terdapat diatas, kita sanggup mengenal Tag, Elemen dan Atribut. Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan. Agar lebih gampang memahami, penjabarannya akan kita bagi dalam beberapa bagian.

Mengenal Tag HTML

Tag Adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">" (tanpa tanda kutip) yang merupakan cara untuk memberitahu web browser bagaimana suatu text ditampilkan. Hampir semua tag dalam HTML ditulis secara berpasangan (beberapa berupa tag tunggal), tag pembuka dan tag penutup, dimana objek yang dikenai perintah tag berada di antara tag pembuka dan tag penutup.

Sebagai teladan pada script diatas, <body> yaitu tag dengan nama body.
Karena ditulis secara berpasangan, maka tag <body> pembuka harus mempunyai penutup. Penulisan tag epilog ditambahkan karakter "/" sehabis karakter "<", sebagai teladan <body> ini yaitu tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini yaitu tag epilog isi dokumen HTML.

Mengenal Elemen HTML

Elemen yaitu isi dari tag yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup. Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai teladan untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser dipakai element title.

Merujuk pada teladan script diatas, maka <title> ini yaitu tag pembuka judul dokumen HTML. Kata-kata Judul Dokumen HTML merupakan isi judul dokumen HTML dan </title> yaitu tag epilog judul dokumen HTML. Penulisan lengkapnya menyerupai ini <title>Judul Dokumen HTML</title>

Harus diingat, ketika menulis elemen HTML jangan hingga saling tumpang tindih. Misal :

<p>
    <b>
        ................
    </b>
</p>

Jangan hingga ditulis :

<p>
    <b>
        ................
    </p>
</b>

Lihat barisan elemen <p> yang pertama, pasangan alhasil adalah <b>. Jika pola yang Anda gunakan menyerupai itu, maka yakin dan percaya, script yang Anda buat hingga simpulan zaman tidak akan berfungsi.

Mengenal Atribut HTML

Atribut yaitu informasi pelengkap yang diberikan kepada tag. Informasi ini sanggup berupa isyarat untuk warna dari text, besar aksara dari text, dan lain-lain. Setiap atribut juga mempunyai pasangan nama dan nilai (value), dan ditulis dengan name=”value”. Value diapit tanda kutip, boleh tanda kutip satu (‘) atau dua (“).

Penulisan harus berada diantara tag pembuka dan penutup, Sebagai contoh, untuk menciptakan warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya yaitu <body bgcolor="black" text="yellow">

Latihan 

Agar lebih gampang dipahami, kita akan menciptakan teladan script HTML dasar. Seperti yang saya katakan pada postingan berguru HTML sebelumnya, web browser dalam hal ini diperlukan, begitu pula dengan aplikasi editor. Kali ini saya memakai Google Chrome sebagai browser dan Notepad ++ sebagai aplikasi editor.

  • Pertama-tama buka Notepad ++ Anda dan tuliskan scrip berikut

<html>
<head>
<title>Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
<body bgcolor="black" text="yellow">
    Isi Dokumen (Belajar HTML bersama bloGoooblok )
</body>
</html>

Tampilannya di Notepad ++


  • Setelah itu simpan file dengan format .html
  • Kemudian buka file yang disimpan ke web browser.


  • Maka tampilannya akan menyerupai gambar berikut. Judulnya "Judul Dokumen HTML", isinya " Isi Dokumen (Belajar HTML bersama bloGoooblok )" dan latar belakang goresan pena berwarna hitam, serta tulisannya berbarna kuning.


Gimana, berguru HTML gampang bukan!. Semoga klarifikasi diatas, sanggup lebih gampang dipahami. Kita akan melanjutkan pembahasan pada postingan selanjutnya. Soal Tag, Elemen dan Atribut masih mempunyai banyak varian, kita akan mengenalnya nanti. Belajarnya harus setahap demi setahap.



Sumber http://www.blogooblok.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Mencar Ilmu Html Dasar (3) : Mengenal Tag, Elemen Dan Atribut"

Posting Komentar