✔ Imbas Konkret Dan Negatif Blogspot Jadi .Co.Id

Kamis (3/9/2015) blogger Indonesia heboh dengan berubahnya domain blogspot dari .com menjadi .co.id. bloGoooblok pun awalnya kelimpungan, kok dapat terjadi secepat itu. Walau bergotong-royong hal ini tidaklah mengagetkan, alasannya yaitu rencana ini sudah dihebuskan blogspot semenjak 2013 lalu, dan beberapa negara sudah menerapkan hal ini.

Ada banyak pertanyaan dari benak blogger di Indonesia, soal keputusan blogspot merubah domainnya menjadi lebih lokal. bloGoooblok bergotong-royong sudah menyadari akan perubahan ini semenjak adanya pemberitahuan dari kebijakan negara Eropa yang muncul di dasbor blogspot beberapa waktu lalu.

Sejak ada pemberitahuan itu, setiap saya menganalisa trafik yang tiba dari bloGoooblok ada saja hal yang unik. bloGoooblok kadang menjelma .co.uc, .jp, .com.sg dan lain-lain. Begitu pula dengan iklan di Adsense, ada cara orang yang mengklik iklan dari blog yang domainnya lain menyerupai gambar berikut.


Walau blogspot merubah domainnya menjadi .co.id, bergotong-royong efek buruknya tidaklah parah. Hal ini hampir sama dengan mengganti domain menjadi TLD dengan sedikit pengecualian. bloGoooblok berupaya merangkum beberapa efek konkret dan negatif dari perubahan domain ini.

Dampak Negatif Blogspot Berubah Makara .CO.ID

Dalam setiap perubahan, niscaya menjadikan dampak. Salah satu yang selalu menjadi perhatian yaitu efek negatif dari perubahan tersebut. Berikut beberapa hal yang mungkin saja terjadi di blog Anda dikala blogspot merubah domain jadi .CO.ID. Dampak negatif ini sudah diuji coba oleh bloGoooblok sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

  • Yang paling menonjol tentu saja yaitu Pagerank. Hal ini pula yang menimpa bloGoooblok . Sebelumnya pagerank bloGoooblok cukup tinggi yakni diangka 2.700-an untuk rank Indonesia dan 168,631 secara global. Namun semua itu lenyap seketika. 
  • Iklan Google Adsense lenyap. Iklan Adsense akan lenyap jikalau status iklanya masih hosted, namun bagi blogger dengan status non hosted iklanya tidak akan menghilang. 
  • Posisi DA dan PA berubah drastis. Hal ini tentu dapat dipastikan, alasannya yaitu DA dan PA bergantung dari usia domain. Sebelum menjelma .co.id bloGoooblok mengantongi DA diangka 93 sementara PA-nya 32 (belum tinggi-tinggi amat sih), tapi setelah berubah angkatnya berubah drastis. DA-nya 23 dan PA 1. 
Sebelum berubah jadi .co.id

Setelah berubah jadi .co.id


Dampak Positif Blogspot Berubah Makara .CO.ID

Beberapa hal yang ditakutkan beberapa blogger soal perubahan ini, setelah bloGoooblok uji coba tidaklah besar lengan berkuasa layaknya merubah domain gratisan menjadi TLD. Seperti:

  • Adsense tidak lenyap secara permanen. Akun Adsense kita tetap aktif dan menghasilkan. Walau belum ada klarifikasi apakah iklan di .co.id harus didaftarkan kembali atau tidak, namun iklan ini masih dapat kita lihat jikalau membukanya dengan domain .com. Hingga dikala ini iklan bloGoooblok di .co.id masih juga belum muncul (mungkin beberapa hari kedepan gres muncul, semoga).
  • Tidak terjadi deadlink, baik eksternal maupun internal. Semua link yang terpasang dikala dibuka akan di alihkan ke .co.id. 
  • Tidak terjadi duplikat konten alasannya yaitu yang berubah hanya ekstensionnya. Misal yang membuka blog Anda dari Jepang maka domainnya akan menjelma blogspot.jp dengan domain utama tetap .com. Hal ini juga diperjelas oleh Google yang menyampaikan akan berupaya mengurangi efek duplikat konten.
  • Tidak mensugesti SEO. Beberapa postingan bloGoooblok yang menjadi nomor satu dimesin pencari tetap berada diposisi teratas. Percobaan ini tidak hanya dilakukan sekali, sehingga kesimpulannya tidak berdampak buruk. Hal ini dipekuat pula oleh data Google Analytics. Setelah menjelma .co.id, trafik pengunjung bloGoooblok dari mesin pencari tetap tinggi, bahkan masih menjadi sumber trafik terbesar utamanya dari Google. Namun besar lengan berkuasa bagi mesin pencari lainnya. 
  • Salah satu efek konkret perubahan domain ini tentu saja lebih tersegmentasi. Dengan menjadi .co.id maka target utama blog kita akan lebih terarah yakni menyasar pasar Indonesia. Bayangkan, jumlah penduduk Indonesia mencapai 240 juta jiwa, jikalau mencari niscaya akan disuguhi oleh domain .co.id. 

Mungkin saja masih ada efek konkret dan negatif dari perubahan domain ini, namun sejauh yang bloGoooblok alami gres hal-hal diatas.

Belum ada tanggapan niscaya alasan Google melaksanakan perubahan ini, namun alasan paling masuk nalar yang dapat dijadikan patokan yaitu perubahan algoritma Google yang terjadi dikala ini. Google sedang menyebarkan canonical untuk hasil pencarian yang jauh lebih baik. Semoga saja proses ini betul memperlihatkan hasil yang terbaik buat blogger Indonesia.

Bagi Anda yang merasa rindu dengan domain .com, tak perlu berpatah hati alasannya yaitu Anda masih dapat melihatnya dengan menambahkan /ncr di belakang domain Anda. NCR yaitu kependekan dari “No Country Redirect. Contohnya blogoooblok.blogspot.co.id/ncr. Dengan begitu secara otomatis browser Anda akan mengalihkan blog ke .com lagi.

Sekian yang dapat saya sampaikan, supaya bermanfaat. Namun jikalau masih ada tambahan, kami dengan bahagia hati menerima, silahkan memberi tanggapan di kolom komentar.




Sumber http://www.blogooblok.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Imbas Konkret Dan Negatif Blogspot Jadi .Co.Id"

Posting Komentar