√ 6 Langkah Berinternet Di Tengah Keluarga

6 Langkah Ber-Internet di Tengah Keluarga. Jaman kini semua info sudah dipermudah dalam hal cara mengakses dan mendapatkannya dengan teknologi yang namanya internet. Tentu internet mempunyai banyak manfaat dan disamping itu juga ada kerugiannya. Apa saja itu kerugian dan manfaatnya ? tentu anda sanggup menjawabnya sendiri.

Kali ini Admin akan mambahas internet ini terkait dengan keluarga. Yaitu bagaimana cara kita supaya kita sanggup berinternet di dalam keluarga dengan banyak memetik hal kasatmata serta meminimalisis hal negatif. Hal ini akan bermanfaat untuk hari esok. Lalu bagaimana caranya ? Simak kalimat kalimat dan cara berdasarkan internet sehat berikut ini




Pertama, kalau di rumah kita ada anak di bawah umur, gunakan Internet bersama dengan anggota keluarga lain yang lebih dewasa. Tempatkan komputer di ruang keluarga atau di daerah yang gampang diawasi oleh kita. Jika diperlukan, berilah penjadwalan/ pembatasan waktu untuk anak dalam memakai Internet.


Kedua, pelajarilah sarana komunikasi dan kandungan info yang ditawarkan oleh Internet, secara bersama dengan anggota keluarga yang lain. Ajukanlah pertanyaan kepada mereka. Dengan banyak bertanya, kita sanggup menggali sejauh mana mereka memahami Internet, juga perihal cara menggali infor masi yang bermanfaat, sekaligus menjauhi info yang negatif.


Ketiga, berikan pengertian kepada seluruh anggota keluarga untuk tidak menanggapi/menjawab setiap e-mail ataupun private chat dari orang yang tak dikenal, termasuk tidak membuka file kiriman (attachment) dari siapapun dan dalam bentuk apapun.


Keempat, pertegaslah kepada siapapun yang memakai Internet di rumah kita untuk tidak memperlihatkan data pribadi/keluarga, alamat rumah/sekolah, nomor telepon, tanggal lahir, password dan data diri lainnya kepada orang yang tak dikenal, ataupun ketika mengisi info data diri di situs personal, blog ataupun situs lainnya di Internet semisal Friendster. com, MySpace.com ataupun Facebook.com


Kelima, mintalah kepada anak di anak-anak untuk segera meninggalkan situs yang tidak pantas atau yang menciptakan mereka tidak nyaman, baik disengaja ataupun tidak sengaja terbuka. Bujuklah supaya mereka terbiasa bercerita kepada kita perihal segala sesuatu yang mereka temui di Internet.


Keenam, tegaskan kepada anak maupun remaja di rumah kita untuk tidak gegabah merencanakan pertemuan pribadi (face-to-face) engan seseorang yang gres mereka kenal di Internet. Jika memang mereka bersikeras untuk tetap bertemu, maka harus dipastikan ada orang cukup umur yang menemani dan pertemuannya harus berlangsung di daerah umum/publik.



Sumber : “Internet Sehat - www.internetsehat.org”

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ 6 Langkah Berinternet Di Tengah Keluarga"

Posting Komentar