Rumus Hukum Rantai Turunan Dan Contohnya

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian biar orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue yakni seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue dapat nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel perihal Rumus Aturan Rantai Turunan dan Contohnya, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Misalkan sahabat sahabat menemukan soal f(x) = (2x - 2)2. Tentunya soal ibarat ini tidak terlalu sulit bagi teman-teman untuk memilih turunannya, alasannya teman-teman dapat menguraikannya terlebih dahulu, dan kemudian memilih turunannya. Namun, bagaimana kalau sahabat sahabat bertemu dengan soal f(x) = (2x - 2)12 ??? Apakah teman-teman juga akan menguraikannya terlebih dahulu, dan kemudian memilih turunannya ? Permasalahan ibarat ini akan lebih gampang kalau dikerjakan dengan mengguanakan hukum rantai turunan.

Prinsip memilih turunan dengan memakai hukum rantai turunan yakni mengubah fungsi yang akan diturunkan ke dalam fungsi bentuk dasar, ibarat xn. Kemudian fungsi dalam bentuk dasar itu diturunkan.

 

Rumus Aturan Rantai Turunan

 Keterangan :
dy/dx : turunan y(x)
dy/du : turunan y(u)
du/dv : turunan u(v)
dv/dx : turunan v(x)

Contoh :

Tentukan turunan y = ((1 - x2)6 - 1)3 !!!

Jawab :
Untuk menjawab soal ibarat di atas kita harus memakai rumus hukum rantai, alasannya kalau tidak kita akan menghabiskan waktu yang banyak untuk mengerjakan soal ibarat di atas.

Misalkan :
y = u3
u = v6 - 1
v = 1- x2

Maka :
dy/du : 3u2
du/dv : 6v5
dv/dx : -2x

Kemudian kita masukan ke dalam rumus, maka :
dy/dx = (dy/du) . (du/dv) . (dv/dx)
dy/dx = (3u2) . (6v5) . (-2x)
dy/dx = 3u2 (6v5)(-2x)
dy/dx = 3(v6 - 1)2(6v5)(-2x)
dy/dx = 3((1- x2)6 - 1)2(6(1- x2)5)(-2x)
dy/dx = 3((1- x2)6 - 1)2(6(1- x2)5)(-2x)
dy/dx = (3)(6)(-2x)(1- x2)6 - 1)2(1- x2)5
dy/dx = -36x(1- x2)6 - 1)2(1- x2)5 

Kaprikornus turnan dari y = ((1 - x2)6 - 1)3 yakni -36x(1- x2)6 - 1)2(1- x2)5 

Kesimpulan

Kaprikornus ktika teman-teman menemukan soal memilih turunan fungsi yang pangkatnya besar, maka teman-teman dapat gunakan rumus yang sudah saya jelaskan di atas untuk mempermudah dan mempercepat pengerjaan teman-teman. Dan sangat-sangat saya sarankan memakai rumus ini kalau pangkat dari fungsinya besar.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rumus Hukum Rantai Turunan Dan Contohnya"

Posting Komentar