Cara Memilih Turunan Fungsi

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian supaya orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue ialah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue dapat nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel wacana Cara Menentukan Turunan Fungsi, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Ada beberapa hal yang harus temen-teman ketahui sebelum memilih turunan fungsi, diantaranya :
  1. Jika f(x) = c maka turunannya ialah f'(x) = 0
  2. Jika f(x) = xn maka turunannya ialah f'(x) = nxn-1
  3. Jika f(x) = axn maka turunannya ialah f'(x) = anxn-1
Kita masuka ke pola soal.

 

Contoh 1 :

Tentukan turunan dari f(x) = 4 !!!!!

Jawab :
Sebelumnnya kita tulis hal yang diketahui pada soal :
Dik :
f(x) = 4
c = 4

Nah untuk keadaan soal menyerupai ini kita tidak perlu hitung menghitung lagi sebab soal ini sesuai dengan keadaan 1 yaitu Jika f(x) = c maka turunannya ialah f'(x) = 0. Maka berapapun besar x dan c karenanya tetaplah 0. Maka turunan dari f(x) = 4 adalah  f'(x) = 0.

 

Contoh 2 :

Tentukan turunan dari f(x) = x4!!!!

Jawab :
Sebelumnya kita tulis semua hal yang diketahui pada soal, maka :
Dik :
f(x) = x4
n = 4

Karena soal ini sesuai dengan keadaan kalau f(x) = xn maka turunannya ialah f'(x) = nxn-1 , maka turunan dari f(x) = x4 ialah :
f'(x) = 4x4-1
f'(x) = 4x3

Contoh 3 :

Tentukan turunan dari f(x) = 3x4 !!!!

Jawab :
Sebelumnya tulis dulu semua hal yang diketahui pada soal, maka :
Dik :
f(x) = 3x4
a = 3
n = 4

Karena soal ini sesuai dengan keadaan kalau f(x) = axn maka turunannya ialah f'(x) = anxn-1 , maka turunan dari f(x) = 3x4 ialah :
f'(x) = 3(4)x4-1
f'(x) = 12x3

Kesimpulan 

Ktika teman-teman memilih turunan dari suatu fungsi, teman-teman harus melihat bahwa fungsi yang akan diubah menjadi turunan masuk ke dalam keadaan fungsi yang mana. Untuk keadaan fungsinya ada tiga, dan sudah saya jelaskan tadi di atas.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Memilih Turunan Fungsi"

Posting Komentar