Cara Merawat Pohon Lemon Semoga Cepat Berbuah Lebat Dan Laba Berlipat

Buah lemon sudah sangat dikenal sebagai buah yang mempunyai banyak manfaat Cara Merawat Pohon Lemon Supaya Cepat Berbuah Lebat dan Keuntungan BerlipatBuah lemon sudah sangat dikenal sebagai buah yang mempunyai banyak manfaat. Selain mempunyai kegunaan sebagai penyedap rasa makanan sebagai minuman menyerupai jenis tumbuhan minuman, buah lemon juga baik untuk kesehatan dan membersihkan seiisi rumah. Karena itulah, banyak orang yang membudidayakan pohon lemon sebab buahnya telah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat menyerupai tanaman penghasil uang banyak.


Sebelum mulai menanam lemon, perlu diketahui jenis tumbuhan jeruk yang ada, yaitu jeruk elok dan asam. Jeruk asam menyerupai lemon cenderung lebih gampang untuk dirawat daripada jeruk manis. Setelah itu, untuk menanam lemon, gunakan pupuk yang baik sebagai pendukung kesuburan tanaman.


Menggunakan pupuk alfalfa atau cottonseed disarankan untuk dihindari sebab ada jamur tumbuhan anthracnose yang sering ditemukan pada kandungan tersebut. Pada akhirnya, tumbuhan lemon akan tercemar oleh jamur tersebut.


Supaya berbuah lebat, pohon lemon harus ditanam di ruangan terbuka. Tetapi jangan hingga terkena sinar matahari secara langsung. Dengan cara menyerupai itu, tumbuhan lemon akan mendapat sinar matahari yang cukup tetapi tidak kering.


Ada pula kemungkinan dimana pohon lemon tidak mau berbuah atau lambat dalam berbuah. Maka dari itu, artikel ini akan membahas cara merawat pohon lemon supaya cepat berbuah.


Faktor Pohon Lemon Tidak Mau Berbuah


Apa yang menyebabkan pohon lemon tidak mau berbuah? Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi.



  • Tidak terjadi pernyerbukan pada bunga. Bunga yang tumbuh sebelum masa pembuahan membutuhkan angina atau serangga untuk menjatuhkan serbuk sari ke putik bunga yang memicu pembuahan. Menanam lemon di ruangan tertutup atau rumah beling sebab akan menghambat masuknya angina dan serangga.

  • Tanaman lemon belum cukup umur. Pelajarilah jenis lemon yang dipilih dan sanggup berbuah dalam berapa lama.

  • Kurang perawatan dimana pohon lemon tidak mendapat asupan air dan nutrisi yang cukup serta kurangnya pemangkasan.

  • Pohon lemon kurang mendapat sinar matahari yang cukup sehingga proses fotosintesis tidak berlangsung normal.

  • Suhu yang hambar juga sanggup mematikan kuncup bunga yang muncul.


Maka dalam merawat pohon lemon, jangan hingga hal yang telah disebutkan terjadi.


Tips Agar Pohon Lemon Cepat Berbuah


Setelah mengetahui penyebab pohon untuk tidak berbuah, perlu diketahui juga cara supaya pohon lemon cepat berbuah. Pohon lemon akan berbuah pada usia 1 – 2 tahun. Tetapi ada beberapa cara merawat pohon lemon supaya cepat berbuah menyerupai cara menciptakan pupuk supaya tumbuhan cepat berbuah.


1. Pemangkasan


Tidak semua ranting atau cabang yang tumbuh pada pohon lemon sanggup menghasilkan buah. Dalam pertumbuhannya, pohon lemon sering mengeluarkan cabang atau ranting air yang justru menghabiskan energi tanaman.


Ranting ini biasanya tumbuh di tengah-tengah batang atau batang bawah. Ranting atau dahan ini sebaiknya dipangkas supaya tidak mengganggu pertumbuhan tumbuhan menyerupai cara merawat pohon durian yang sedang berbunga. Selain mempertindah pohon, pemangkasan ini juga menghindari pembuangan energi tumbuhan untuk pembuahan. Pemangkasan ini harus sering dilakukan dan jangan menunggu terlalu usang semenjak keluarnya ranting tersebut.







2. Pemanfaatan Pupuk


Pupuk yang diperlukan untuk membantu pembentukan bunga pada pohon lemon yaitu pupuk dengan kadar fosfor yang tinggi. Umumnya, pupuk fosfor terdapat pada pupuk TSP atau pupuk beragam NPK yang diberikan lewat akar, jangan hingga tanaman mempunyai ciri-ciri kekurangan unsur hara NPK.


Pemupukan dilakukan dengan cara menciptakan lubang melingkar disekitar pohon. Lalu masukan pupuk ke dalam lubang dan ditimbun kembali. Kemudian tanah disiram supaya pupuk larut dan meresap ke tanah.


Selain itu, pupuk juga sanggup diberikan kepada daun. Pupuk daun yang dipakai berupa Gandasil B, Gandapan, Foliar, Growmore, Hiponex, dan banyak sekali merek lainnya yang berkadar fosfor tinggi. Pemberian pupuk dilakukan seminggu sekali. Penyemprotan dilakukan hingga tumbuhan mengeluarkan bunga.


3. Stress Air


Stress air sanggup dilakukan pada tumbuhan lemon yang ditanam dalam pot. Penanaman pohon lemon dalam pot mempunyai laba yakni sanggup mengubah peraturan air untuk merangsang pembuahan dan teknik stress air ini sulit untuk dilakukan di tanah.


Pohon yang akan dilakukan stress air sebaiknya yaitu pohon yang dalam kondisi sehat dan subur. Karena sesudah stress air, tanamannya harus mempunyai nutrisi dan energi untuk membentuk bunga dan buah. Jika tumbuhan tidak sehat dan subur, maka bunga yang keluar akan cepat rontok. 







Tahap untuk melaksanakan stress air yaitu sebagai berikut:



  • Dua ahad sebelum melaksanakan stress air, berilah pupuk pada tumbuhan lemon memakai NPS berkadar fosfor yang tinggi.

  • Dua ahad sesudah dipupuk, letakkan tumbuhan di daerah terbuka yang terkena sinar matahari secara pribadi setiap harinya.

  • Biarkan tumbuhan tanpa disiram air sedikitpun selama lebih kurang 1 – 2 ahad hingga tumbuhan hamper layu dan mengalami stress, tetapi tidak hingga mati.

  • Setelah stress, tumbuhan diberikan air secara terus menerus. Jika cuaca panas maka berikan air sebanyak tiga kali dalam sehari. Lakukan penyiranman normal sesudah 2 minggu.

  • Dalam 2 – 3 ahad sesudah melaksanakan stress air, tumbuhan lemon biasanya akan memunculkan tunas-tunas gres bersamaan dengan kuncup bunga. Setelah bunga muncul, tanah harus dijaga supaya tidak terlalu berair ataupun terlalu kering yang sanggup menyebabkan bunga rontok.


4. Melukai Batang Pohon


Melukai batang pohon sering dilakukan pada pohon manga yang tak kunjung berbuah ketika umurnya sudah melebihi 4 tahun. Cara ini juga sanggup diterapkan pada pohon lemon, tetapi dianjurkan untuk melaksanakan teknik ini sebagai pilihan terakhir.


Cara yang umum dilakukan untuk melukai batang yaitu dengan mengikat bersahabat tumbuhan dengan kawat hingga kulit terluka dan menembus batang kayu. Cara lainnya yaitu dengan mengelupas kulit tumbuhan hingga terlihat kambiumnya. Cara ini akan menyebabkan menghambatnya proses pengiriman karbohidrat dari tumbuhan ke akar sehingga terjadi penimbunan karbohidrat pada batang, ranting, dan daun. Penimbunan ini akan menyebabkan munculnya bunga dan buah.


Tetapi cara ini ada kekurangannya, yaitu adanya kemungkinan luka pada batang akan terinfeksi penyakit menyerupai jamur, bakteri, dan virus CVPD.


Itulah cara merawat pohon lemon supaya cepat berbuah menyerupai cara merawat pohon alpukat supaya cepat berbuah. Dari mengenali faktor terhambatnya pertumbuhan buah hingga ke teknik perangsang supaya buah keluar dengan lebih cepat. Semoga gosip ini bermanfaat bagi anda yang ingin membudidayakan lemon ataupun menanam di rumah sendiri.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Merawat Pohon Lemon Semoga Cepat Berbuah Lebat Dan Laba Berlipat"

Posting Komentar