Cara Menanam Nangka Mini Di Pot – Singkat Dan Mudah


Cara menanam nangka mini di pot, menjadi topik menarik yang akan di bahas. Bagi anda tumbuhan nangka mini mungkin cukup asing, lantaran buah nangka yang biasa dikonsumsi berasal dari tumbuhan tahunan yang pohonnya berukuran besar .





Tidak dipungkiri memang bila buah nangka menjadi salah satu jenis buah yang lezat dan menjadi kesukaan banyak orang untuk di konsumsi. Selain rasanya lezat dan anggun tentunya buah nangka mempunyai berbagai manfaat terutama kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Sehingga tidak heran bila nangka menjadi salah satu jenis buah kesukaan masyarakat kita.





Fenomena nangka mini bersama-sama bukan hal yang baru, bukan juga merupakan jenis tumbuhan baru. Nangka mini merupakan jenis tumbuhan yang dihasilkan dari proses perkembangbiakan buatan.





Hal ini tidak lain ialah untuk menyiasati bagaimana mereka yang mempunyai lahan sempit tetap sanggup mempunyai tumbuhan nangka. Ini juga merupakan solusi yang baik bagi masyarakat yang hidup diperkotaan lantaran mereka tetap akan sanggup mempunyai tumbuhan nangka di halaman atau di pekarangan rumah.





  1. Media Tanam




Tanaman yang di tanam dalam pot tentu akan lebih fleksible untuk diletakkan dimanapun. Selain itu juga, nilai estetika dari nangka mini ini akann semakin menciptakan suasana rumah menjadi lebih asri.





Pada umhmnya menaman tananaman nangka mini baik di pot atau di pekarangan tidaklah jauh berbeda. Namun tentunya bila ingin menanam dalam pot maka akan terdapat perlakuan khusus, oleh lantaran itu maka penting untuk memperhatikan 4 Cara menanam nangka mini di pot berikut ini :





  1. Media Tanam




Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah media tanam yang akan digunakan ibarat juga pada cara menyemai benih jeruk nipis. Sebaiknya gunakan media tanam yang berasal dari tanah dan juga kompos atau pupuk kandang.





Sebab gabungan tanah dan pupuk sangkar merupakan media tanam yang subur dan gembur serta baik bagi pertumbuhan tanaman. Adapun cara menyiapkan media tanam untuk menanam nangka mini dilakukan dengan cara berikut :





  • Pilih tanah yang gembur dan subur kemudian kemudian ayak dan ambil kepingan halusnya saja.
  • Selanjutnya campurkan dengan kompos atau pupuk kandang.
    Komposisi ideal untuk tansh danbbahan organik perbandingannya ialah 1:2.
  • Selanjutnya kemudian biarkan selama 3 hari semoga gabungan tanam dan pupuk sangkar sanggup tetcampur dengan merata.




2. Tips Memilih Plot





Hal yang tidak kalah penting lainnya ialah menentukan pot. Sebagaimana kita tahu perlu ditekankan bahwa meskipun namanya nangka mini namun tetap saja ukuran batang nya relatif besar.





Oleh lantaran itu tentu saja ada hal yang harus diperhatikan dalam menentukan pot yang akan digunakan. Oleh lantaran itu maka berikut tips nya semoga anda tidak salah menentukan pot .





  • Pilih pot dengan material yang berpengaruh dan tak gampang pecah, contohnya saja materi plastik atau hisa juga gunakan ban bekas kendaraan beroda empat sampai bekas drum.
  • Ukuran pot harus besar sehingga bisa menopang batang pohon nangka mini yang nantinya akan semakin tinggi.
  • Selain itu luas permukaan pot juga harus lebar sehingga akan bisa menahan akan tumbuhan yang nantonya akan semakin besar.
  • Pot harus tahan terhadap cuaca yang ekstrim.
  • Wadah pot gampang dipindahkan dan diletakkan di ruang terbuka.









3. Bibit Tanaman





Kualitas buah dan yanaman sangat bergantung kepada kualitas bibit yang dipakai. Oleh lantaran itu, maka pastikan untuk memakai bibit yang tidak hanya berkualitas tetapi juga mempunyai ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit.





Serta juga pastikan bahwa bibit berasal dari tumbuhan yang unggul yang mampy menghasilkan buah secara produktif. Agar anda tidak tertipu maka sebaiknya pilihlah pusat penjualan bibit yang terpercaya dan telah mempunyai reputasi yang baik.





Tidak jarang ada penjual nakak yang mengayakan bahwa tumbuhan yang dijualnya merupakann bibit nangka mini. Padahal bersama-sama bukan, kesempatan ini dilakukann lantaran memang harga bibit nanhka mini relatif lebih mahal.





4. Perawatan Tanaman





Selanjutnya sangat penting untyuk diperhatikan, bahwa tumbuhan yang sudah ditanam sejatinya tetap membutuhkan perawatan. Sebab tanoa dilakukan perawatan maka tumbuhan tidak akan bisa tumbuh dengan baik serta menghasilkan buah yang nantinya akan dipanen.





Karena itulah beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam perawatan tumbuhan nangka mini antara lain :





  • Penyiraman




Tanaman harus disiram secara rutin, lantaran ketika ditanam didalam pot media tanam tidak bisa menyediakan air sendiri. Oleh lantaran itu tentu membutuhkan pemberian kita maka dari itu penyiraman harus rutin dilakukan semoga tumbuhan sanggup memenuhi kebutuhan airnya. Terlebih lagi dikala ekspresi dominan kemarau maka harus ditingkatkan intensitas pemberian air melalui penyiraman.










  • Pemupukan




Media tanam yang berada di dalam pot tidak akan bisa menyediakan unsur hara secara alami. Oleh lantaran itu seiring dengan pertumbuhan tumbuhan maka sangat perlu dilakukan pemupukan untuk memperlihatkan unsur hara pelengkap kedalam media tanam.





Jenis pupuk yang diberikan sanggup beripa pupuk organik ibarat pupuk sangkar dan juga pupuk anorganik ibarat puout urea sebagai sumber nitrogen, pupuk KCL semoga meningkatkan kualitas buah. serta pupuk NPK yang diberikan untuk menyediakan unsur hara lengkap bagi tanaman.





  • Pemangkasan




Untuk menjaga bentuk dan estetika tumbuhan nangka mini maka penting untuk dilakukan pemangkasa. Dimana dengan cara membuang cabang atau batang tumbuhan yang renta dan terjangkit penyakit atau hama. Anda juga sanggup membentuk cabang tumbuhan sesuai dengan selera semoga menambah kesan indah dan estetik.





Tentunya tidak dipungkiri bahwa tumbuhan nangka mini selain buahnya sanggup dikonsumsi juga sanggup menambah nilai estetika di rumah. Sebab akan memperlihatkan nuansa hijai dan sejuk yang pastinya akan semakin menciptakan suasana rumah menjadi lebih segar dan nyaman.





Oleh lantaran itu, maka bagi anda yang ingin menanam tumbuhan ini namun tidak mempunyai lahan atau pekarangan, solusi paling gampang ialah menanamnya didalam pot.





Tentu saja 4 cara menanam nangka mini paling gampang di atas hanyalah sebagai panduan sederhana bagi anda yang ingin mencoba menanam tumbuhan ini di rumah. Bagaimana gampang bukan, anda tentu hisa eksklusif mempraktekannya di rumah. Selamat mencoba dan semoga artikel ini sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Nangka Mini Di Pot – Singkat Dan Mudah"

Posting Komentar