Cara Menanam Pengecap Buaya Dalam Pot

Cara penanaman lidah buaya atau Aloe vera L. Webb  tidak sanggup dilakukan dengan stek daun, namun harus dilakukan memakai tumbuhan muda atau dengan cara generatif dari biji buah yang dihasilkan. Populer sebagai tanaman obat yang berguna (klik disini untuk melihat daftar macam-macam tumbuhan obat dan khasiatnya) dengan ciri-ciri daunnya berbentuk agak runcing berbentuk taji, tebal, dan bab tepinya berduri. Tanaman sekulen yang berasal dari Afrika ini telah usang dikembangkan sebagai obat semenjak ratusan tahun silam. Hal ini tak lepas alasannya ialah keragaman manfaat yang terkandung di dalamnya. Dimana tidak hanya berfungsi sebagai tumbuhan hias outdoor untuk mempercantik taman, juga sebagai tanaman hias pembersih udara indoor/dalam ruangan. Selain itu, tumbuhan pengecap buaya ini juga mempunyai bermacam-macam manfaat bagi kecantikan.


  tidak sanggup dilakukan dengan stek daun Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Pot
Daun pengecap buaya mengandung lendir atau gel dan berdaging menyerupai jelly.

Seiring meningkatnya pemahaman masyarakat terkait manfaat tumbuhan pengecap buaya ini, usul pun semakin meningkat. Hal ini yang menciptakan prospek budidaya pengecap budaya semakin menguntungkan. Selain gampang dalam perawatan, usul pasar pun terus meningkat baik usul domestik maupun usul ekspor, tak heran jikalau sekarang banyak petani yang berminat untuk membudidayakan tumbuhan pengecap buaya ini. Ada beberapa jenis tumbuhan pengecap buaya yang dibudidayakan alasannya ialah mempunyai nilai komersial tinggi, yang antara lain ialah Aloe ferox yang berasal dari Afrika, Aloe Barbandensis asal Amerika dan Aloe Sinensis yang berasal dari Cina. Dari ketiga jenis pengecap buaya ini ALoe Barbandensis mempunyai kualitas budidaya terbaik, dengan ukuran yang lebih besar serta mempunyai daya tahan terhadap hama dan penyakit.


Teknik Penanaman Lidah Buaya Dalam Media Pot


  tidak sanggup dilakukan dengan stek daun Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Pot
Menanam pengecap buaya dalam pot dilakukan secara generatif dengan memakai tumbuhan mudanya.

Teknik penanaman pengecap buaya dengan media pot atau polybag hampir sama dengan cara penanaman tumbuhan pot pada umumnya, yang antara lain sanggup dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:


Persiapan Tanam


Pada tahap awal ini ada beberapa hal yang harus anda siapkan, antara lain adalah:



  • Pot atau polybag

    Pemilihan pot merupakan salah satu faktor penentu pertumbuhan tanaman. Untuk menciptakan tumbuhan sanggup tumbuh optimal, pot besar sangatlah membantu, tapi ukuran pot yang terlalu besar juga kurang efisien. Untuk itu pilihlah pot yang berukuran sedang, dengan ukuran diameter yang berkisar 20 cm untuk meminimalisir biaya dan tempat.

  • Media tanam

    Media tanam merupakan daerah tumbuh tanaman, sehingga media tanam harus benar-benar diperhatikan dengan komposisi yang sempurna supaya pertumbuhan tumbuhan tidak terhambat. Untuk media tumbuhan pengecap buaya, media tanam yang harus anda persiapkan antara lain ialah pasir, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.

  • Pembibitan

    Setelah pot dan media tanam siap, selanjutnya ialah pembibitan. Proses pembibitan tumbuhan pengecap buaya ini dilakukan dengan cara vegetatif, yakni dengan mengambil anakan yang menempel pada tumbuhan induk. Untuk mengambilnya, anda harus mengambil anakan tumbuhan pengecap buaya ini hingga bab akarnya. Selanjutnya tanam bibit pengecap buaya pada media tanam yang sudah anda sediakan. Untuk menghindari kegagalan tanam atau pembusukan, kedalaman media tanam harus diperhatikan, jangan hingga terlalu dalam ataupun terlalu dangkal. Untuk itu kedalaman lubang tanam sebaiknya sekitar 10 cm.


Perawatan


Proses perawatan ini dimulai sehabis anda melaksanakan penanaman. Untuk perawatan tumbuhan pengecap buaya ini cukup mudah, yakni dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:



  • Penyiraman

    Setelah anda menanam bibit pengecap buaya, berikan jeda beberapa hari sebelum anda melaksanakan penyiraman alasannya ialah akan berdampak pada resiko pembusukan akar. Setelah beberapa hari, anda sanggup memulai penyiraman secara teratur terutama pada trend panas untuk mempercepat pertumbuhan.

  • Pemupukan

    Pemupukan sanggup dimulai dikala usia tanam sekitar 3-4 bulan dan sehabis masa panen pertama. Tujuan dari pinjaman pupuk ini ialah untuk mencukupi kebutuhan kalium dan unsur-unsur nitrogen guna pembentukan klorofil atau zat hijau daun, membentuk jaringan tumbuhan serta merangsang pertumbuhan dan perkembangan akar tanaman. Pupuk yang sanggup dipakai ialah kombinasi dari pupuk urea, TSP dan KCL dengan perbandingan komposisi 1:1:½. Selain pupuk kimia, anda juga sanggup memperlihatkan pupuk kompos dan pupuk sangkar dari kotoran sapi untuk memperbaiki struktur media tanam.

  • Pembumbunan dan penyobekan

    Pembumbunan atau peninggikan media tanam dilakukan untuk memperkokoh tanaman, langkah ini sanggup dilakukan pada dikala tumbuhan berumur 3 bulan. Sedangkan penyobekan atau pemisahan tumbuhan anakan dari induknya sanggup dilakukan ketika masa tanam berumur 5-6 bulan. Pemisahan tumbuhan ini bertujuan untuk menjaga pertumbuhan tumbuhan indukan.

  • Pengendalian hama dan penyakit

    Kelebihan media tanam pot atau polybag ialah minimnya serangan gulma dan penyakit. Untuk tumbuhan pengecap buaya yang ditanam dalam media pot atau polybag hama yang paling mengganggu ialah ulat, sedangkan penyakit yang sanggup menyerang tumbuhan pengecap buaya ialah fusarium sp yang merupakan pembusukan pangkal batang dan pangkal daun. Untuk sanggup menghindari dua duduk perkara ini anda sanggup menyemprotkan insektisida dan fungsida untuk menghindari serangan ulat dan menghindari penyakit fusarium sp. Dan panen pertama sanggup dilakukan sehabis tumbuhan pengecap buaya berumur 8-12 bulan, dan selanjutnya pemanenan sanggup dilakukan setiap 1 bulan sekali.


Pengembangbiakan


Untuk mengembangbiakkan atau membudidayakan tumbuhan pengecap buaya, caranya sangatlah mudah. Yakni dengan pencangkokan tumbuhan atau penanaman tunas muda. Tunas muda sanggup mulai dipindahkan pada pot gres ketika berukuran 7-12 cm. Untuk memotongnya, lakukan dengan sangat hati-hati, jangan hingga akar dan batang tumbuhan terputus. Diamkan tumbuhan yang telah dipotong beberapa hati di daerah yang kering sebelum anda menanamnya di pot dengan media tanam yang sama.


  tidak sanggup dilakukan dengan stek daun Cara Menanam Lidah Buaya Dalam Pot
Gambar tunas muda atau anakan pengecap buaya yang dipakai dalam pengembangbiakannya.

Tips menanam Lidah Buaya Dalam Pot


Ketika anda menanam pengecap buaya dalam media pot, meskipun diletakkan di daerah yang sejuk, paling tidak keluarkan tumbuhan beberapa kali supaya terkena sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Dan apabila tumbuhan pengecap buaya ini berbungan dan berbuah, anda sanggup memakai bibit tumbuhan untuk memulai proses penanaman secara generatif. Namun proses penanaman ini tentunya membutuhkan waktu yang lebih usang dibandingkan cara pengembangbiakan vegetatif.


Demikianlah beberapa teknik dan tips penanaman pengecap buaya dalam pot yang sanggup anda lakukan di rumah. Pastikan tumbuhan pengecap buaya anda tidak mengandung banyak air, supaya tumbuhan tidak membusuk dan sanggup menghasilkan kualitas terbaiknya. Semoga gosip yang telah kami sampaikan sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda, selamat berkebun di rumah dan semoga berhasil.


Silahkan klik disini jikalau Anda ingin melihat / memesan bibit tumbuhan pengecap buaya dan klik disini untuk melihat aneka perlengkapan berkebun yang tersedia di toko online kami.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Pengecap Buaya Dalam Pot"

Posting Komentar