Struktur Dasar Sistem Pakar

Secara umum struktur sebuah sistem pakar terdiri atas tiga komponen utama, yaitu knowledge base, working memory, dan inference engine, dengan ditambah user interface.

Knowledge Base
Knowledge base (basis pengetahuan) yaitu bab dari sebuah sistem pakar yang menyimpan pengetahuan. Knowledge base yang dikandung oleh sebuah sistem pakar berbeda antara satu dengan yang lain tergantung pada bidang kepakaran dari sistem yang dibangun. Misalnya, medical expert system akan mempunyai basis pengetahuan perihal hal-hal yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Knowledge base direpresentasikan dalam banyak sekali macam bentuk, salah satunya yaitu dalam bentuk sistem yang berbasis aturan, ruled-based system. Basis pengetahuan tersusun atas fakta dan kaidah. Fakta yaitu isu perihal objek, peristiwa, atau situasi. Kaidah yaitu cara untuk membangkitkan suatu fakta gres dari fakta yang sudah diketahui.

Database
Working memory atau database menyimpan fakta-fakta yang ditemukan selama proses konsultasi dengan sistem pakar. Selama proses konsultasi, user memasukkan fakta-fakta yang dibutuhkan. Kemudian sistem akan mencari padanan perihal fakta tersebut dengan isu yang ada dalam knowledge base untuk menghasilkan fakta baru. Sistem akan memasukkan fakta gres ini ke dalam working memory. Kaprikornus working memory menyimpan isu perihal fakta-fakta yang dimasukkan oleh user ataupun fakta gres hasil kesimpulan dari sistem.

Inference Engine
Inference engine bertugas mencari padanan antara fakta yang ada di dalam database working memory dengan fakta-fakta perihal domain knowledge tertentu yang ada di dalam knowledge base, selanjutnya inference engine akan mengambil kesimpulan dari suatu duduk kasus yang diajukan kepada sistem.

User Interface
Fasilitas yang dipakai sebagai mediator komunikasi antara pemakai dengan komputer.



Dalam sistem pakar data, informasi, dan pengetahuan mempunyai bagiannya masing-masing serta definisi yang jelas. Berikut difinisi tiga istilah tersebut.
  • Data merupakan hasil pengukuran atau catatan (record) perihal sebuah insiden (misal suhu, waktu, harga). Data sanggup berupa angka, huruf, gambar, suara.
  • Informasi merupakan hasil olahan dari data sedemikian rupa sehingga karakteristik dari data tersebut sanggup diuji, misalnya yaitu rata-rata, varian, distribusi.
  • Pengetahuan merupakan isu yang diletakkan pada suatu lingkungan tertentu, misalnya peta Indonesia, persebaran penduduk, dan lain sebagainya.

Sumber http://lang8088.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Struktur Dasar Sistem Pakar"

Posting Komentar