Cara Budidaya Ikan Gurame Soang Dengan Gampang Untuk Pemula

Ada banyak sekali jenis ikan yang sanggup anda temui di pasar maupun mini market ketika ini Cara Budidaya Ikan Gurame Soang dengan Praktis untuk PemulaAda banyak sekali jenis ikan yang sanggup anda temui di pasar maupun mini market ketika ini, menyerupai yang anda tahu seiring berkembangnya kurun perdagangan semakin banyak pula jenis ikan konsumsi yang diperjualbelikan.


Ada beberapa jenis ikan maritim menyerupai tongkol, tenggiri, tuna, ikan kakap dan salmon yang merupakan jenis- jenis ikan dengan banyak sekali penggemarnya. Hal ini tentunya alasannya ialah jenis- jenis ikan tersebut merupakan jenis ikan berdaging tebal sehingga sangat enak jikalau dimasak.


Selain berdaging tebal, jenis- jenis ikan maritim tersebut mempunyai rasa yang gurih dan sedikit renyah ketika di olah. Kebiasaan orang Indonesia sangat suka mengolah ikan berdaging menjadi aneka kuliner pedas. Rasanya yang enak dan gurih merupakan salah satu daya tariknya tersendiri dan anda juga sanggup melihat jenis tumbuhan yang banyak dibudidayakan penduduk vietnam, namun dibalik rasa yang enak ikan maritim tentunya mempunyai harga yang cukup mahal. Bahkan beberapa orang rela untuk berhemat terlebih dahulu dan menabung demi mendapat daging ikan maritim segar.


Bagi anda pecinta seafood anda tidak perlu khawatir, adapun jenis ikan air tawar yang rasanya tak kalah enak dari jenis ikan laut. Selain rasa yang lezat, ikan air tawar juga mempunyai harga yang terjangkau dan gampang didapatkan sehingga semua orang sanggup menikmatinya. Beberapa jenis ikan air tawar dengan harga terjangkau bercita rasa enak diantaranya yaitu ikan lele, gurame, nila, dan gurame.


Dan dari jenis- jenis ikan air tawar tersebut anda juga sanggup melihat cara budidaya ayam arab pedaging, ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar dengan tingkat konsumen paling banyak. Ikan gurame sendiri merupakan salah satu jenis ikan air tawar budidaya yang ketika ini mulai banyak dibudidayakan petani selain menanam padi. Ikan gurame sendiri mempunyai banyak sekali jenisnya dan salah satu jenis ikan gurame yang ketika ini banyak diperbincangkan orang yaitu ikan gurame soang.


Berbeda dengan jenis ikan gurame pada umumnya, ikan gurame soang mempunyai bentuk kepala yang unik dengan ciri ada 2 benjolan di belahan dahi. Tonjolan pada dahi ini lah yang menciptakan gurame jenis ini disebut dengan gurame soang. Soang sendiri mempunyai arti angsa, tonjolan pada dahi gurame semakin arif balig cukup akal maka semakin menyerupai dengan angsa. Selain itu ukuran gurame soang sendiri lebih besar disbanding dengan gurame pada umumnya. Bagi anda yang tertarik untuk berbisnis di bidang perikanan, sebagai alternatif anda sanggup melaksanakan cara budidaya ikan gurame soang.


Cara Budidaya Ikan Gurame Soang



  1. Persiapan Budidaya Ikan Gurame Soang


Langkah awal yang harus anda lakukan dalam cara budidaya ikan gurame soang yang berbeda dengan cara budidaya ayam bangkok aduan, yaitu menyiapkan banyak sekali alat dan materi serta menentukan lokasi budidaya yang sempurna menyerupai berikut ini :



  • Sebelumnya, pastikan anda mempelajari karakteristik dari ikan gurame soang terlebih dahulu.

  • Pilihlah lokasi yang tidak terlalu panas namun tidak terlalu dingin, anda sanggup menentukan lokasi di lahan kosong ataupun pekarangan rumah.

  • Pastikan lokasi jauh dari lahan industri, dan bersihkan terlebih dahulu dari sampah ataupun batuan.

  • Siapkan peralatan berupa sekop ataupun cangkul dan alat pengangkut.

  • Sebagai media budidaya, sediakan materi berupa sekam, dan telpal.



  1. Membuat Media Budidaya Ikan Gurame Soang


Ada banyak sekali jenis ikan yang sanggup anda temui di pasar maupun mini market ketika ini Cara Budidaya Ikan Gurame Soang dengan Praktis untuk PemulaLangkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan gurame soang yaitu menciptakan media budidaya. Untuk menciptakan media budidaya sangatlah gampang dan simpel alasannya ialah memakai media terpal menyerupai berikut :



  • Buatlah bak pada lokasi dengan ketinggian 90 sampai 100 m, untuk lebarnya sanggup anda sesuaikan dengan kebutuhan namun pada umumnya bak berukuran sekitar 4 x 8 m.

  • Seperti yang anda tahu terpal sendiri umumnya mempunyai ukuran 6 x 10 m, jikalau dipasang akan menyisakan 2m yang sanggup dipakai sebagai dinding.

  • Setelah bak dibuat, taburkan sekam terlebih dahulu dengan ketebalan sekitar 10 cm.

  • Lakukan penyiraman untuk melembabkan dan memadatkan sekam, kemudian pasang terpal di atas sekam.

  • Jangan lupa tambahkan kerikil bata sebagai pengganjal biar terpal tidak gampang lepas.

  • Setelah terpasang, basuh terpal memakai air dan bilas sampai bersih.

  • Selanjutnya biarkan bak terpapar sinar matahari selama 3 hari.









  1. Pengisian Air Pada Media Budidaya Ikan Gurame Soang


Setelah anda menciptakan bak terpal sebagai media budidaya, dalam cara budidaya ikan gurame soang anda juga perlu mengisi dan memperhatikan air. Untuk air yang dipakai pun tidak sanggup sembarang air berbeda dengan membuat pupuk POC dari kaldu ikan, berikut untuk lebih jelasnya :



  • Untuk air gunakanlah air sungai ataupun air sumur, hindari penggunaan air PDAM alasannya ialah sanggup meracuni benih.

  • Pengisian air bak sanggup dilakukan sehabis 3 hari masa pengeringan, air bak diisi dengan ketinggian sekitar 75 cm.

  • Pengisian air bak yang sedikit rendah ini bertujuan biar ikan gurame anda tidak gampang lompat serta menghindari air meluap ketika hujan.

  • Untuk membasmi serta mencegah jamur pada masa pengeringan kolam, taburkan garam sebanyak 2 ons per m.

  • Taburkan juga pupuk urea sebagai katalis plankton, ini bertujuan untuk memberi pakan alami ikan gurame anda.

  • Setelah pengisian air, biarkan selama seminggu biar plankton berkembang biak terlebih dahulu.



  1. Benih Gurame Soang


Ada banyak sekali jenis ikan yang sanggup anda temui di pasar maupun mini market ketika ini Cara Budidaya Ikan Gurame Soang dengan Praktis untuk PemulaHal terpenting yang harus ada jikalau anda melaksanakan cara budidaya ikan gurame soang yaitu benih gurame soang. Benih gurame soang sendiri sanggup didapatkan dengan 2 cara yaitu membeli dan melaksanakan pemijahan, namun akan lebih simpel jikalau anda membelinya menyerupai berikut :



  • Untuk benih ikan gurame soang ukurannya lebih besar daripada ikan gurame biasa.

  • Pilihlah benih yang baik dan layak budidaya dengan ciri, benih tidak terkena penyakit ataupun hama.

  • Selain itu perhatikan benih, pastikan benih tidak cacat dan bergerak lincah.

  • Tebarkan benih pada bak budidaya dengan memasukkan benih bersama wadahnya terlebih dahulu di bak selama 15 menit biar benih sanggup mengikuti keadaan dengan mudah.

  • Setelah itu anda gres sanggup menebar benih pada bak sebanyak 15 ekor per m2.









  1. Pemeliharaan Ikan Gurame Soang


Selain menebar benih, anda juga perlu memperhatikan pertumbuhan benih sampai ikan gurame soang siap panen. Dalam cara budidaya ikan gurame soang berbeda dengan cara budidaya udang pakan ikan, berikut pemeliharaan yang sempurna :



  • Saat benih, ikan gurame soang merupakan jenis ikan karnivora sehingga anda sanggup memberinya kuliner berupa pelet ataupun plankton.

  • Saat ikan sudah mulai besar maka ikan bersifat herbivora maka anda sanggup memberinya makan berupa daun talas, daun papaya, kangkung, jagung, sawi dan daun taicin sebagai materi pakan tambahan.

  • Sedangkan untuk pakanan pokok, berikan pellet secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali yaitu pagi dan sore.

  • Perhatikan kualitas air selalu dan lakukan pencucian kotoran minimal 30 hari sekali.

  • Tambahkan enceng gondok untuk mengurangi sinar matahari jikalau lokasi anda terkena sinar matahari penuh.



  1. Panen Ikan Gurame Soang


Langkah paling menyenangkan dalam cara budidaya ikan gurame soang yaitu panen, ini sanggup anda lakukan lebih cepat daripada ketika anda membudidayakan ikan gurame biasa. Adapun cara panen yang gampang sebagai berikut :



  • Jika pada umumnya gurame sanggup dipanen dalam waktu setahun, gurame soang sudah sanggup dipanen ketika memasuki umur 8 sampai 9 bulan.

  • Tentunya ini sangat menguntungkan bagi anda, dan jangan lupa untuk menyiapkan peralatan panen.

  • Panen ikan gurame memakai jaring ataupun seser dan masukkan ke dalam ember.


Itulah banyak sekali langkah sederhana dalam cara budidaya ikan gurame soang, lakukan langkah di atas untuk mendapat hasil panen yang sukses. Semoga gosip di atas sanggup bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Gurame Soang Dengan Gampang Untuk Pemula"

Posting Komentar